Rapat Penyempurnaan Kurikulum FEB Unitomo 2023/2024: Menyongsong Keunggulan Pendidikan di Era Digital




Sarangan, 3 hingga 4 Agustus 2023 - Gema penyempurnaan kurikulum mengisi ruang-ruang rapat Hotel Nirwana II, Telaga Sarangan, Jawa Timur. Dalam dua hari tersebut menjadi momen penting bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dr. Soetomo, Surabaya dalam mengkaji dan menyesuaikan kurikulum tahun ajaran 2023/2024. Acara tersebut juga menjadi wadah untuk mensosialisasikan visi dan misi dimana visi dan misi tersebut mendukung komitmen peningkatan mutu demi FEB yang unggul di era digital.


Acara dihadiri sejumlah tamu penting diantaranya bapak ketua Yayasan Pendidikan Cendekia Utama (YPCU), ‪Dr. Bachrul Amiq, S.H., M.H, Dekan FEB Unitomo Prof. Dr. Hj. Sukesi MM, Wakil Dekan I Dr. Bambang Raditya Purnomo, SE., MM, Prof. Dr. Drs. H. Eddy Yunus, ST, MM selaku Ketua Pembina YPCU. Prof. Dr. Drs.Ec. Slamet Riyadi, SE., MP., MM, Dr. Meithiana Indrasari, ST., MM.


Dalam suasana penuh antusiasme, rapat penyempurnaan kurikulum tersebut turut dihadiri oleh para Ketua Program Studi (Kaprodi) FEB Unitomo. Para kepala program studi ini mempresentasikan hasil-hasil perubahan kurikulum yang direncanakan dalam rangka menyesuaikan pendidikan dengan kebutuhan zaman. Drs. Sutarmin, MM, Kaprodi Manajemen, menyampaikan tentang penambahan mata kuliah yang mengadopsi tren digital seperti digital marketing, literasi, dan ergonomi. Penambahan ini diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan keterampilan yang relevan dalam dunia yang semakin terhubung dengan teknologi.


Dari Prodi Akuntansi, dibawakan oleh Alberta Esti Handayani, SE., MM, juga turut menyuarakan penyesuaian kurikulum. Beberapa mata kuliah yang dianggap kurang relevan dengan bidang akuntansi telah dihapus untuk memberikan ruang bagi mata kuliah yang lebih sesuai dengan perkembangan industri. "Kami melakukan sweep mata kuliah dan mulai menata sebaran mata kuliah praktikum, sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan pendidikan dalam 3,5 tahun," ujar Ibu Alberta Esti.


Demikian juga Kaprodi Ekonomi Pembangunan, Jajuk Suprijati SE, MM, menjelaskan penyesuaian mata kuliah demi menyesuaikan kebutuhan dunia kerja. "Kami juga merancang agar mata kuliah dan skripsi dapat diselesaikan dalam semester 7, sehingga mahasiswa dapat lulus dalam 3,5 tahun," jelasnya.


Dr. Sandra Oktaviana Pinaraswati, SE., MM dari Kaprodi Magister Manajemen menambahkan, "Kami tetap menjaga esensi program kami, namun menambahkan mata kuliah literasi digital dan riset penelitian untuk memastikan lulusan kami memiliki pemahaman mendalam dalam dunia bisnis modern."


Sosialisasi Visi dan Misi FEB juga menjadi salah satu titik terang dalam acara ini. Komitmen peningkatan mutu menuju FEB unggul menjadi fokus diskusi, dengan rencana tinjauan manajemen sebagai salah satu langkah konkrit untuk mencapai tujuan tersebut. Prof. Dr. Hj. Sukesi MM, Dekan FEB Unitomo, menggarisbawahi pentingnya kesesuaian kurikulum dengan visi dan misi FEB yang menjangkau ASEAN dan dunia internasional.

Dalam acara ini juga, Dekan menekankan bahwa perubahan-perubahan yang diusulkan akan diperbincangkan lebih lanjut dengan stakeholder dan alumni. Langkah ini penting untuk memastikan bahwa kurikulum yang dihasilkan tidak hanya memenuhi kebutuhan mahasiswa, tetapi juga mempertimbangkan pandangan dari pihak-pihak yang terlibat dalam ekosistem pendidikan FEB Unitomo.

Rentetan acara ini tidak hanya berfokus pada ranah akademis semata. Selain rapat penyempurnaan kurikulum, FEB Unitomo juga menggelar berbagai kegiatan pendukung, seperti Family Gathering dan senam pagi. Family Gathering berupa Ourbound antar Struktural, Dosen hingga Tata Usaha. Outbound yang dipimpin oleh Drs.Miftahol Horri. M.Si sangatlah meriah. Setiap kelompok saling berkompetisi dalam kekompakan untuk memenangkan berbagai doorprize. Doorprize diantarany ada Peralatan dapur dan hadiah lainnya.

 

Pada acara Senam Pagi para peserta nampak semangat dalam mengikuti instuktur senam Dr. Sri Utami Ady, SE., MM. Tak hanya itu acara berlanjut dengan diadakannya lomba senam dengan juri Dr. Liostin RR Ully Tampubolon, MM, Prof. Dr. Hj. Sukesi, MM dan Dr. Sri Utami Ady, SE., MM. Lomba berhadiah Handphone, Kemeja Branded, Sepatu dan sejumlah uang.


Kemudian acara berlanjut dengan memberikan gambaran visi misi FEB Unitomo kepada jajaran dosen. Pemaparan visi dan misi ini sangatlah penting karena terkait dengan kurikulum. Visi dan misi FEB unitomo akan menjangkau ASEAN dan Internasional oleh karena itu perlu penyesuaian dalam kurikulum. Adapun kami telah menjalin kerjasama dengan Universitas Da Paz, Dili, Timor Leste., Universiti Teknologi PETRONAS, Malaysia. Oleh karena itu kita perlu penyesuaian program mata kuliah agar dapat menjangkau internasional.

Dengan semangat kolaboratif dalam rapat penyempurnaan kurikulum dan rangkaian kegiatan pendukungnya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr Soetomo telah mengambil langkah yang kuat dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan era digital. Harapan akan sebuah kurikulum yang lebih relevan dan unggul seiring dengan visi dan misi FEB telah tergambar dengan jelas. Dengan langkah-langkah ini, FEB Unitomo siap untuk mengantarkan mahasiswanya meraih sukses dalam dunia bisnis yang semakin kompleks.


Foto Dokumentasi











Share this Post