Rapat Evaluasi Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023 dan Persiapan Kurikulum Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024: FEB Unitomo Tuntaskan Perkuliahan Genap, Siap Hadapi Semester Gasal




Surabaya, 24 Agustus 2023 - Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Universitas Dr Soetomo Surabaya (FEB Unitomo) menggelar rapat evaluasi Perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023  dan Persiapan Kurikulum untuk Semester Gasal  Tahun Akademik 2023/2024 sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan. Acara ini dihadiri oleh semua dosen FEB Unitomo dan pimpinan FEB Unitomo, termasuk Dekan, Prof. Dr. Hj. Sukesi, MM, Wakil Dekan I, Dr. Bambang Raditya Purnomo, SE., MM, Wakil Dekan II, Jajuk Suprijati, SE., MM, serta Kepala Program Studi seperti Drs. Sutarmin, MM (Kaprodi Manajemen), Veronika Nugraheni Sri Lestari, SE., MM (Kaprodi Ekonomi Pembangunan), Alberta Esti Handayani, SE., MM (Kaprodi Akuntansi), Dr. Sandra Okta Pinaraswati, SE., MM (Kaprodi Magister Manajemen).



Pertemuan dimulai dengan sambutan dari Dekan FEB, Prof. Dr. Hj. Sukesi, MM, yang menjelaskan bahwa pertemuan ini adalah langkah penting dalam melanjutkan pembinaan akademik. Tujuannya adalah mengevaluasi perkuliahan semester genap tahun akademik 2022/2023 serta menyiapkan kurikulum untuk semester gasal 2023/2024.

Prof. Dr. Hj. Sukesi, MM, juga menyampaikan informasi mengenai jumlah mahasiswa baru yang telah terdaftar yakni sebanyak 117 mahasiswa dengan rincian Ekonomi Pembangunan  6 Orang, Manajemen  66 Orang, Akuntansi 31 Orang dan MM 16 Orang. Perlu diketahui bersama rincian jumlah mahasiswa ini belumlah final. Adapun tambahan lagi dengan program RPL dan mahasiswa Asing. Menurut informasi yang didapat untuk mahasiswa asing yang sudah dlam proses yakni  Timor Leste untuk Program S1 Ekonomi Pembangunan  sebanyak 4 orang,  S2 Magister Manajemen sebanyak 12 orang dan S3 Manajemen ada 2 Orang. Kemudian masih ada data yang belum masuk yakni mahasiswa KIP dan Mahassiwa program beasiswa  Hafidz Qur’an, beassiwa bagi Kaum  Duafa,hingga  Program Beasiswa Civitas Akademik.

Kemudian juga menyampaikan tanggal-tanggal penting seperti wisuda semester genap tahun akademik 2022/2023. Selain itu, beliau membahas kerjasama internasional yang sedang berjalan, termasuk partisipasi mahasiswa dalam forum internasional dengan Universitas Da Paz, DIli, Timor Leste, dan International Conference on Business Management (ICBM) yang akan diselenggarakan pada tanggal 4 hingga 5 Oktober.


Dalam sesi evaluasi, kinerja dosen dan penggunaan E-learning mendapat apresiasi. Terkait ujian skripsi ada beberapa hal yang disampaikan mengenai penyampaian kinerja Dosen. Secara keseluruhan kirnerja Dosen sudah bagus. Kemudian juga sebagian besar penggunaan E learning sudah di berlakukan oleh sebagaian besar Dosen FEB Unitomo.

Kurikulum dan persiapan perkuliahan yang telah dibuat akan diterapkan pada mahasiswa baru. Program penelitian dan pengabdian juga akan diakui sebagai mata kuliah, terutama KKNMB (KKN Magang Bersertifikat), hasil kerjasama dengan Pemkot Surabaya.

Dr. Bambang Raditya Purnomo, SE., MM, menambahkan bahwa sebagian besar dosen FEB Unitomo telah mengadopsi E-learning. Drs.  Miftahol Horri, M.Si juga memberikan masukan mengenai mekanisme magang KKNBM yang  disesuaikan dengan mata kuliah yang diajarkan dalam perkuliahan.


Ada juga masukan lain oleh Dr. Ir JFX Susanto Soekiman, MM dan Dr. Sri Utami Ady, SE. MM, seperti perincian kurikulum dalam 7 semester dan mekanisme KKNBM di semester enam. Usulan untuk lebih sering mengutip jurnal yang ditulis oleh dosen pembimbing juga disampaikan.


Semoga pertemuan evaluasi ini memberikan manfaat dan mendukung pengembangan program studi di FEB Unitomo, serta memungkinkan adaptasi terhadap perubahan yang akan datang.

Foto Dokumentasi 





Share this Post