Seluruh Civitas Akademik FEB Hadiri Dies Natalis ke 42 Universitas Dr. Soetomo



Surabaya, 7 Agustus 2023. Seluruh Civitas Akademik FEB Unitomo mengikuti kegiatan Rapat Kerja Senat Dies Natalis Universitas Dr. Soetomo. Acara ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Pendidikan Cendekia Utama (YPCU) Dr. Bachrul Amiq, SH., MH., beserta jajarannya, Rektor Universitas Dr. Soetomo Prof. Dr. Siti Marwiyah, SH., MH., beserta jajarannya.


Rektor Universitas Dr. Soetomo membuka acara Dies Natalis dengan menyampaikan ungkapan syukur atas usia Universitas yang telah beranjak ke 42 tahun. Dalam pidatonya, beliau mengungkapkan bahwa usia yang matang membawa kebaikan dan semoga menuju kehidupan yang lebih baik.

Ibu Rektor juga menyampaikan beberapa kinerja Universitas Dr. Soetomo dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam bidang akademik, Universitas Unitomo telah menggunakan model pembelajaran hybrid, dengan e-learning yang sudah terkoneksi dengan kementerian. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB Unitomo) menjadi fakultas yang paling banyak menggunakan e-learning. Selain itu, kurikulum FEB Unitomo telah disesuaikan dengan era digital saat ini.

Mulai tahun 2023, Unitomo mendapatkan izin dari Kemendikbud untuk melaksanakan RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau). Program ini hanya ada di 25 perguruan tinggi di Indonesia. Program RPL diberlakukan kepada mahasiswa yang drop out, dengan melampirkan portofolio sebagai syarat. Selain itu, RPL juga dapat diberlakukan kepada lulusan SMA yang bekerja. Dalam FEB Unitomo, terdapat beberapa program RPL seperti RPL Manajemen, RPL Ekonomi Pembangunan, RPL Akuntansi, dan RPL Magister Manajemen.

Acara Dies Natalis juga membahas mengenai kualitas lulusan di program sarjana, di mana 476 mahasiswa bekerja dengan rincian 49.1% bekerja di sektor swasta, 20% menjadi ASN, dan 30,7% bekerja di BUMN dan sektor lainnya.

Selain itu, Unitomo menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Malaysia sehingga mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan akademik ke dunia internasional. FEB juga menjalin kerjasama dengan Universiti Teknologi PETRONAS, Malaysia, Universiti Tun Hussein Onn, Malaysia, dan Universidad Da Paz, Dili, Timor Leste. Salah satu program yang telah dilaksanakan adalah INTERNASIONAL CONFERENCE DAN SUMMER COURSE DI UNIVERSITI TUN HUSSEIN ONN MALAYSIA 2023, di mana FEB mengirim Anjangsari Khaida Asaro dan Afifah Nur Laili.


Acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai sejarah pergantian nama yang awalnya Sekolah Tinggi Imu Administrasi (STIAN Universitas Dr soetomo) Menjadi Universitas Dr Soetomo oleh Dr. Bachrul Amiq, SH., MH., .

"Sekolah tinggi ilmu administrasi (STIAN Universitas Dr Soetomo) adalah awal dari yang kemudian berubahnya STIAN Universitas Dr Soetomo menjadi Universitas Dr Soetomo itu ketika turunnya SK pada tanggal 30 Juli 1981. Saudara sekalian, para pendiri unitomo mendoakan yang terbaik buat seluruh Civitas akademika Unitomo" Ujar Dr. Bachrul Amiq.

Selama acara Dies Natalis, juga diberikan penghargaan Satya Karya Cendekia 30 tahun kepada beberapa Dosen FEB, di antaranya Prof. Dr. Hj Sukesi, MM, Dr. Ir. Suyanto, MM, Drs. Sutarmin, MM, dan Drs. Djoko Sudiro M.Si.


Diharapkan dengan digelarnya Dies Natalis ini, Universitas Dr. Soetomo semakin maju dan sukses dalam hal akademik.

Dokumentasi Foto:


Share this Post