FEB Unitomo Menggelar OSFAK 2023



SurabayaSabtu, 2 September 2023.  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr. Soetomo (FEB Unitomo) menggelar acara Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSFAK), pada  Sabtu (2/9) pagi.

Tema yang diusung cukup menginspirasi yaitu  ABINAWA 2023 "MEWUJUDKAN GENERASI UNGGUL, BERKARAKTER, DAN BERJIWA ENTREPRENEUR." Acara ini merupakan langkah awal bagi sekitar 114 mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 untuk memasuki dunia pendidikan tinggi.


Dekan FEB Unitomo, Prof. Dr. Hj. Sukesi, MM, beserta jajaran struktural dan dosen, menyambut  hangat para mahasiswa baru dalam acara yang penuh semangat ini. Dalam sambutannya Prof. Sukesi,  memperkenalkan budaya kampus hingga pengenalan prodi hingga masing-masing prodi. Tidak kentinggalan juga dia menyampaikan mengenai program kurikulum yang dirancang agar para mahasiswa dapat lulus dalam waktu  3,5 tahun.

"Saya selaku dekan mewakili struktural dan dosen FEB Unitomo mengucapkan selamat datang di kampus Unitomo.  Dalam FEB Unitomo kita mengenal budaya 5S yakni Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun," katanya. 

Ditambahkan, hal ini dilakukan agar menguatkan karakter yang ada dalam diri kita dan menjadikan semua, baik itu struktural, dosen hingga mahasiswa memiliki kepribadian yang baik, selalu ramah dan dapat saling menghormati satu sama lain. 

"Kemudian ada lagi yang saya ingin sampaikan mengenai program kurikulum di Unitomo ini, nanti bagi mahasiswa baru ini untuk kurikulumnya telah dirancang sehingga mahasiswa dapat lulus 3.5 tahun," ujarnya. 

Acara OSFAK juga menghadirkan narasumber inspirasional dan mahasiswa yang sukses. Narasumber Nun Jamianto, SE., MM, yang memaparkan tentang pertumbuhan pribadi dan akademik yang bisa dicapai oleh mahasiswa selama menjalani pendidikan di FEB Unitomo. 


"Saya ingin mahasiswa baru ini mempunyai mindset mahasiswa yang bertumbuh. Di mana nanti adik-adik ini dapat memahami bahwa semua yang ada di dalam dirinya, situasi saat ini bisa berubah di masa mendatang. Hal ini juga nantinya akan berkaitan dalam mencari kerja atau sudah bekerja. Karena pada umumnya baik perkuliahan dan dunia kerja itu terus membutuhkan keterampilan baru dan terupdate sehingga mahasiswa harus dibekali dengan soft skill sehingga dapat bersaing," ujarnya.

Sementara itu, Muhaimin Nur Rizqi, SE., seorang entrepreneur sukses dan juga alumnus FEB Unitomo, memberikan wawasan tentang dunia entrepreneurship. Dalam paparannya, ia membagikan kiat-kiat sukses dalam berwirausaha dan mengajak mahasiswa untuk menjalani perjalanan kewirausahaan.


"Enterprneurship itu merupakan suatu proses penerapan inovasi serta kreativitas dalam menciptakan sesuatu yang berbeda juga memiliki nilai serta kemampuan dalam menghadapi tantangan. Hal ini sejalan dengan tema OSFAK FEB Unitomo kali ini. Enterprneurship ini penting karena terdapat beberapa manfaat yakni kamu dapat menentukan arah bisnis kamu hingga meraih keuntungan yang optimal. Dalam era saat ini Enterprneurship ini sangat dibutuhkan dimasyarakat karena dengan peranan ini dapat mendongkrak perekonomian negara." ucapnya

Acara juga menampilkan prestasi mahasiswa salah satunya Anjangsari Khaida Asaro, mahasiswa Prodi Manajemen yang mengikuti Summer Course 2023 di Universiti Tun Hussein Onn Malaysia. Menurutnya program Summer Course ini membawa banyak manfaat yakni menambah wawasan baru dan terupdate mengenai bidang manajemen, ekonomi dan bisnis selain itu mendapatkan akses jurnal yang sangat terbaru adalah poin plus.


Selama acara OSFAK, juga dilakukan pembinaan dan perwalian mahasiswa baru. Ini adalah langkah penting dalam membantu mahasiswa mengenal lebih dekat kampus dan memilih mata kuliah dengan bijak melalui panduan dari dosen dan senior. Pembinaan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa baru menyesuaikan diri dengan lingkungan perkuliahan yang baru.


Dengan semangat dan antusiasme yang tinggi, OSFAK 2023 di FEB Unitomo menjadi langkah awal yang inspiratif bagi para mahasiswa baru dalam mewujudkan generasi unggul, berkarakter, dan berjiwa entrepreneur. FEB Unitomo berkomitmen untuk terus memberikan pendidikan berkualitas dan mendukung mahasiswa dalam mencapai potensi terbaik mereka. (set)

Foto Dokumentasi


Share this Post