Kurikulum Prodi Magister Manajemen

Standar 5. Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik

5.1  Kurikulum

  • Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.
  • Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan  keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan detesis  mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.
  • Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

 

5.1.1  Kompetensi

Uraikan secara ringkas kompetensi lulusan (kompetensi utama, kompetensi pendukung, kompetensi lainnya).

Berdasarkan visi, misi, sasaran, dan tujuan Program Studi Magister Manajemen dilakukan beberapa penajaman secara substantif terhadap materi-materi pengajaran terutama untuk memberi penekanan pada orientasi yang bersifat akademik dan profesional, sesuai dengan kompetensi yang diharapkan oleh kurikulum. Pengembangan dan penjabaran kurikulum Program Studi Magister Manajemen diarahkan sesuai dengan visi, misi, tujuan, dan  sasaran Program Studi. Pelaksanaan kurikulum dilakukan melalui sistem SKS (Satuan Kredit Semester) yang telah ditentukan sesuai dengan kategori kompetensi yang telah ditetapkan. Informasi yang diperoleh dari stakeholders menjelaskan bahwa stakeholders membutuhkan lulusan Program Studi Magister Manajemen sebagaimana telah dirumuskan sebagai tujuan dan sasaran Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis    Universitas Dr. Soetomo.

Untuk merealisasikan tujuan dan sasaran Program Studi Magister Manajemen maka kurikulum Program Studi Magister Manajemen menuntut kadar kematangan intelektual mahasiswa. Kematangan intelektual merupakan sikap perilaku mahasiswa yang mencerminkan kematangan psikologis, keilmuan, kejujuran, dan kepribadian. Kurikulum pada hakekatnya merupakan komponen utama untuk mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi. Oleh karenanya stuktur dan isi kurikulum Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis    Universitas Dr. Soetomo disusun secara komprehensif, mendalam, dan koheren guna mewujudkan kompetensi lulusan yang diharapkan.

 

Kompetensi Utama

Magister Manajemen Universitas Dr.Soetomo menetapkan kompetensi utama lulusan, yaitu lulusan yang memiliki kemampuan :

1). Mampu menganalisis masalah manajemen pemasaran dan manajemen sumberdaya manusia yang komplek dan dinamis dalam suatu peusahaan/instansi pemerintah/lembaga nirlaba secara efektif dan efisien untuk menghasilkan nilai tambah.

2). Mampu mencari alternatif pemecahan masalah manajemen pemasaran dan manajemen sumberdaya manusia yang komplek dan dinamis dalam suatu peusahaan/instansi pemerintah/lembaga nirlaba secara efektif dan efisien untuk menghasilkan nilai tambah.

3). Mampu berpikir kritis, sistimatis, dan komprehensif terhadap berbagai gejala yang timbul dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam bidang manajemen pemasaran dan manajemen sumberdaya manusia

4). Mampu mengembangkan keilmuan memalui riset dengan pendekatan inter atau multidisipliner maupun lintas disiplin untuk menghasilkan karya ilmiah yang diakui secara nasional maupun internasional jurnal ilmiah yang terakreditasi.

 

Kompetensi pendukung

Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo menetapkan Kompetensi pendukung lulusan  yang bersifat khusus dan gayut dengan kompetensi utama, sehingga lulusan diharapkan :

  1. Lulusan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja organisasi dan manajemen dalam rangka mendukung terwujudnya responsivitas, responsibilitas, akuntabilitas, efektivitas dan efisiensi organisasi.
  2. Lulusan memiliki kemampuan untuk menerapkan teknik analisis dan evaluasi kebijakan untuk meningkatkan kinerja organisasi yang inovatif dan strategis khususnya dalam bidang manajemen pemasaran dan manajemen sumberdaya manusia
  3. Lulusan mampu mendesain organisasi yang adaptif dalam merespons perubahan-perubahan internal dan eksternal organisasi, maupun perubahan tuntutan klien.
  4. Lulusan mampu mendesain pengembangan bidang pemasaran untuk mendukung pengembangan produk perusahaan
  5. Lulusan mampu mendesain pengembangan sumberdaya manusia untuk mendukung pengembangan organisasi.
  6. Lulusan memiliki kemampuan komunikasi, persuasi, negosiasi dan pemanfaatan teknologi informasi. 
  7. Lulusan memiliki leadership skill. yang adaptif terhadap perubahan.

 

Kompetensi Lainnya

Magister Manajemen Universitas Dr.Soetomo menetapkan kompetensi lainnya yaitu lulusan yang memiliki kemampuan :

  1. Kemampuan mengembangkan softskill.
  2. Kesempatan mendapatkan pengalaman langsung dari manajer atau pengusaha dari perusahaan yang sudah mapan lewat company visit.
  3. Kemampuan bekerja bersama dalam tim.
  4. Memahami relevansi, filosofi, teori serta konsep dan mampu melaksanakan praktek manajemen dengan menerapkan etika profesi manajemen

*Catatan: Pengertian tentang kompetensi utama, pendukung, dan lainnya dapat dilihat pada Kepmendiknas No. 045/U/2002.

 

5.1.2  Struktur Kurikulum

Beban studi program magister bagi peserta sekurang-kurangnya 36 SKS dan sebanyak-banyaknya 50 SKS yang dijadwalkan untuk 4 (empat) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 4 (empat) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) semester termasuk penyusunan tesis, setelah program sarjana, atau yang sederajat (Kepmendiknas No. 232/U/2000).

 

5.1.2.1 Jelaskan struktur kurikulum (perkuliahan, tugas-tugas khusus, penelitian tesis, penulisan hasil penelitian tesis) serta keterkaitan di antaranya, serta lengkapi tabel di bawah ini.

Struktur Kurikulum Program Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo

Struktur kurikulum Program Magister Manajemen  dirancang untuk mewujudkan visi program studi yang telah ditetapkan. Struktur kurikulum mencakup di dalamnya substansi materi pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran sebagai satu kesatuan model pembelajaran, tugas terstruktur dan tugas mandiri, serta penulisan tesis. Struktur kurikulum ini dirancang sesuai dengan sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi, sehingga kualitas lulusan dapat dipertanggungjawabkan. Kurikulum dirancang dan ditetapkan oleh Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo untuk menerjemahkan visi dan misi program studi. Kurikulum merupakan turunan dari visi dan misi yang diemban oleh program studi.

Kurikulum Program Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo dibagi atas tiga bagian utama yaitu penyajian teori (mata kuliah inti, mata kuliah penunjang dan mata kuliah pilihan), penugasan terstruktur dan mandiri, serta penulisan tesis. Penyajian materi pembelajaran diberikan selama tiga semester penuh. Penulisan tesis dilakukan selama satu semester. Dengan demikian kurikulum ini dirancang untuk dapat diselesaikan selama empat semester.

Keterkaitan antar masing-masing unsur  ditunjukkan melalui memberi  tugas terstruktur dan mandiri pada setiap mata kuliah. Tugas-tugas tersebut merupakan salah satu komponen penilaian bagi kelulusan mahasiswa dalam satu mata kuliah. Materi mata kuliah dan tugas-tugas tersebut juga menjadi pendukung bagi mahasiswa dalam penyusunan tesis, karena di dalam materi kuliah dan tugas-tugas tersebut mengandung di dalamnya berbagai kajian teoritik dan praktik manajemen . Dengan demikian, antar unsur dalam struktur kurikulum memiliki keterkaitan yang amat kuat guna menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Jenis Mata Kuliah

SKS

Keterangan

(1)

(2)

(3)

 

Mata Kuliah Inti

  1. Statistik Manajerial
  2. Ekonomi Manajerial
  3. Manajemen Sumberdaya Manusia
  4. Manajemen Pemasaran
  5. Manajemen Keuangan
  6. Manajemen Produksi/Operasi
  7. Teori Organisasi & Knowledge Management
  8. Sistem Informasi Manajemen
  9. Metode Penelitian Bisnis
  10. Manajemen Strategi
  11. Seminar Usulan Penelitian
  12. Tesis

 

 

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

1

6

 

 

12 Mata Kuliah dan Tesis

(Jumlah 37 SKS)

Mata Kuliah Pilihan

  1. Pemasaran Internasional
  2. Pemasaran Strategik
  3. Riset Pemasaran
  4. Perencanaan & Pengembangan SDM
  5. Evaluasi Kinerja SDM
  6. Budaya Organisasi & Hubungan Industrial
  7. Etika Bisnis & Good Governance

 

 

3

3

3

3

3

3

3

 

 

7 Mata Kuliah dipilih 3 mata  kuliah (Jumlah 21 SKS dipilih 9 SKS)

Total  Tersedia 58 SKS ;  Minimum kelulusan : 46 SKS

58

 

 
Tuliskan struktur kurikulum berdasarkan urutan mata kuliah (MK) semester demi semester, dengan mengikuti format tabel berikut:

Smt

Kode MK

Nama Mata Kuliah(1)

Bobot SKS

 SKS MK dalam Kurikulum

Kelengkapan(3)

Unit/ Jur/ Fak Penyelenggara

Inti(2)

Insti-tusional

Deskripsi

Silabus

RPP

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

(10)

I

MM9201

Statistik Manajerial

3

 

Prodi MM

 

MM9202

Ekonomi Manajerial

3

 

Prodi MM

 

MM9203

Manajemen Sumberdaya Manusia

3

 

Prodi MM

 

MM9204

Manajemen Pemasaran

3

 

Prodi MM

 

MM9205

Manajemen Keuangan

3

 

Prodi MM

II

MM9206

Manajemen Produksi/Operasi

3

 

Prodi MM

 

MM9207

Teori Organisasi & Knowledge Management

3

 

Prodi MM

 

MM9208

Sistem Informasi Manajemen

3

 

Prodi MM

 

MM9209

Metode Penelitian Bisnis

2

 

Prodi MM

III

MM9210

Manajemen Strategi

1

 

Prodi MM

 

MP9211

Pemasaran Internasional

3

 

Prodi MM

 

MP9212

Pemasaran Strategik

3

 

Prodi MM

 

MP9213

Riset Pemasaran

3

 

Prodi MM

 

MS9211

Perencanaan & Pengembangan SDM

3

 

Prodi MM

 

MS9212

Evaluasi Kinerja SDM

3

 

Prodi MM

 

MS9213

Budaya Organisasi & Hubungan Industrial

3

 

Prodi MM

 

MM9213

Etika Bisnis & Good Governance

3

 

Prodi MM

 

MM9214

Seminar Usulan Penelitian

1

 

Prodi MM

IV

MM9215

Tesis

6

 

Prodi MM

Total SKS

58

30

28

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(1) Tuliskan mata kuliah pilihan sebagai mata kuliah pilihan I, mata kuliah pilihan II, dst. (nama-nama mata kuliah pilihan yang dilaksanakan dicantumkan dalam tabel 5.1.3.)

(2)  Menurut rujukan peer group / Kepmendiknas 045/U/2002 (ps. 3 ayat 2e)

(3)  Beri tanda √ pada mata kuliah yang dilengkapi dengan deskripsi , silabus, dan atau RPP .  Sediakan dokumen pada saat asesmen lapangan.

 

  1. Tuliskan mata kuliah pilihan yang dilaksanakan dalam tiga tahun terakhir, pada tabel berikut: Mata Kuliah Pilihan Manajemen Pemasaran

Semester

Kode MK

Nama MK (pilihan)

Bobot SKS

Unit/ Jur/ Fak Pengelola

(1)

(2)

(3)

(4)

(6)

III

MP9211

Pemasaran Internasional

3

Program Studi

 

MP9212

Pemasaran Strategik

3

Program Studi

 

MP9213

Riset Pemasaran ***

3

Program Studi

 

MM9213

  Etika Bisnis & Good Governance**

3

Program Studi

Total SKS

12

 

 

Mata Kuliah Pilihan Manajemen  Sumberdaya Manusia

Semester

Kode MK

Nama MK (pilihan)

Bobot SKS

Unit/ Jur/ Fak Pengelola

(1)

(2)

(3)

(4)

(6)

III

MS9211

Perencanaan & Pengembangan SDM

3

Program Studi

 

MS9212

Evaluasi Kinerja SDM

3

Program Studi

 

MS9213

Budaya Organisasi & Hubungan Industrial ***

3

Program Studi

 

MM9213

Etika Bisnis & Good Governance***

3

Program Studi

Total SKS

12

 

 
  1. Peninjauan Kurikulum dalam Lima Tahun Terakhir

   Jelaskan mekanisme peninjauan kurikulum dan pihak-pihak yang dilibatkan dalam   

   proses peninjauan tersebut. 

Mekanisme Peninjauan Kurikulum Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo

Peninjauan kurikulum di Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo dilakukan secara rutin dan terprogram. Program studi secara periodik melakukan peninjauan kurikulum guna melakukan evaluasi dan perubahan sesuai dengan perkembangan ilmu manajemen. Peninjauan kurikulum dilakukan melalui rapat kurikulum yang melibatkan Pejabat Struktural Fakultas dan Ketua Program Studi, seluruh dosen yang ada di program studi, mahasiswa, alumni, pakar, dan pengguna, yang dilaksanakan pada awal tahun ajaran. Forum ini juga dijadikan sarana evaluasi ataupun sharing terhadap kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung selama satu tahun akademik. Selain itu dilakukan juga pembahasan mengenai strategi pengembangan program studi.

Mekanisme peninjauan kurikulum di Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo dilakukan melalui beberapa tahapan yakni :

  1. Peninjauan RPP /silabus yang dilakukan rutin pada setiap awal tahun akademik bersamaan dengan rapat rutin program studi. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi silabus sehingga topik perkuliahan sesuai dengan isu-isu ilmu manajemen  terbaru. Rapat program studi dihadiri oleh seluruh dosen yang ada di program studi. Peninjauan untuk pengembangan silabus dilakukan secara mandiri oleh dosen pengampu bersama tim bidang ilmu.
  2. Peninjauan substansi kurikulum dengan tujuan meninjau kesesuaian struktur kurikulum dengan perkembangan keilmuan dan praktik penyelenggaraan manajemen. Pelaksanaan peninjauan kurikulum ini dilakukan lima tahun sekali sesuai dengan tuntutan perkembangan program studi dan kebutuhan praktis. Penyelenggaraan evaluasi substansi kurikulum ini antara lain dilakukan melalui hasil studi pelacakan yakni dengan cara menyebar kuisioner kepada mahasiswa, alumni dan pengguna. Data persepsi ini kemudian diolah dan disajikan dalam forum yang dihadiri oleh semua dosen dan pengelola program studi. Peninjauan kurikulum ditetapkan melalui keputusan bersama yang hasilnya dilaporkan kepada Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis    Universitas Dr. Soetomo selaku penanggungjawab program studi.

Dasar peninjauan kurikulum adalah evaluasi atas relevansi berbagai materi yang ditawarkan dengan perkembangan keilmuan dan kebutuhan penunjang, terutama di lingkungan ilmu manajemen . Pembahasan tentang mata kuliah yang pernah diajarkan pada tahun ajaran berlangsung dievaluasi secara komprehensif untuk pengembangan pada tahun ajaran mendatang. Untuk keperluan tersebut, ketua program studi senantiasa mengambil inisiatif untuk melakukan rapat akademik yang mempertemukan semua dosen, sehingga sharing informasi dapat dilakukan. Hasil pertemuan tersebut kemudian dirumuskan kebijakan-kebijakan taktis yang berhubungan dengan penyempurnaan kurikulum serta arah pengembangan program studi.

Landasan lain yang digunakan untuk melakukan peninjauan dan perbaikan kurikulum adalah umpan balik yang diperoleh dari para lulusan maupun para pengguna. Untuk kepentingan ini, program studi senantiasa menjalin hubungan dengan para alumni maupun para pengguna untuk mendapatkan input dalam upaya pengembangan program studi. Kritikan dan masukan akan menjadi bahan pertimbangan penting oleh program studi dalam menyusun rencana ke depan. Upaya-upaya ini dilakukan dalam bingkai kegiatan studi pelacakan yang dilakukan secara periodik oleh program studi.

Agenda perubahan kurikulum menyangkut perubahan beberapa mata kuliah inti dan pilihan. Mata kuliah yang dianggap sudah tidak sesuai diganti dengan mata kuliah baru yang lebih representatif terhadap tuntutan perubahan. Selain itu, teknik penyampaian ataupun metode pembelajaran di kelas ditingkatkan kualitasnya, sehingga penyajian materi kuliah menjadi lebih menarik. Metode pembelajaran juga semakin difokuskan pada diskusi kelas untuk menstimulus keaktifan daya analitis mahasiswa dan penulisan paper digunakan untuk menganalisis persoalan-persoalan ekonomi yang aktual. Metode pembelajaran yang diterapkan di Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo menggunakan sistem SCL (Student Centre Learning) di mana fokus pembelajaran ada pada mahasiswa.

Perubahan Kurikulum Disesuaikan Dengan :

1.  Perkembangan ilmu pengetahuan

2.  Perkembangan teknologi

3.  Tuntutan masyarakat dan pengguna.

 

Pihak-Pihak yang Terlibat Dalam Mekanisme Peninjauan Kurikulum Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo

  1. Dosen, 2. Pengelola (Dekan, Kaprodi) , 3. Mahasiswa, 4. Alumni, dan 5. Pengguna

Tuliskan hasil peninjauan kurikulum mengikuti format tabel berikut.

No.

No. MK

Nama MK

MK

Baru/

Lama/Hapus

Perubahan pada

Alasan Peninjauan

Atas Usulan/ Masukan  dari

Berlaku Mulai Sem./Th.

Silabus/RPP

Buku Ajar

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

1

MM9213

Etika Bisnis & Good Governance

Baru

 

 

Memberikan pemahaman terkait dengan praktek bisnis yang sehat dan bersih, yang saat ini menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat.

Menambahmata kuliah baru atas usul Mahasiswa,Pengguna, Alumni, Pimpinan Fakultas dan Dosen

Semester Ganjil 2015/2016

2

MP9211

Pemasaran Internasional

lama

Memberikan pemahaman mahasiswa tenang Strategi Pemasaran dalam era Digital, yang saat ini berkembang seiring berkembangnya IT.

Mahasiswa,Pengguna, Alumni, Pimpinan Fakultas dan Dosen

Semester Ganjil 2015/2016

3

MM9204

Manajemen Pemasaran

lama

Memasukan konsep pemasaran holistik

Mahasiswa,Pengguna, Alumni, Pimpinan Fakultas dan Dosen

Semester Ganjil 2015/2016

4

MM9210

Manajemen Strategi

lama

update

Dosen dan Alumni

Semester Ganjil 2015/2016

5

MS9211

Perencanaan dan Pengembangan SDM

lama

update

Dosen dan Alumni, Pengguna

Semester Ganjil 2015/2016

5.2 Persyaratan Mengikuti Pendidikan Magister, Proses Pelaksanaan dan Persyaratan Kelulusannya.

 

  1. Jelaskan persyaratan mukim (residency requirement), pelaksanaan dan kendala yang dihadapi.

Persyaratan mukim (residency requirement), pelaksanaan dan kendala yang dihadapi Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo

Dalam mengikuti proses pembelajaran mahasiswa wajib untuk berada di kampus selama tiga semester guna mengikuti proses perkuliahan,  kecuali untuk kepentingan penelitian lapangan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga konsistensi berpikir mahasiswa, terkondisikan dengan suasana belajar yang kondusif dan materi perkuliahan dapat diberikan secara komprehensif kepada seluruh mahasiswa.  Pelaksanaan dari persyaratan ini dalam praktiknya tidak mengalami kendala terbukti dari jadwal perkuliahan yang selalu dihadiri mahasiswa. Sebagai catatan bahwa  jumlah kehadiran mahasiswa dalam setiap perkuliahan adalah salah satu syarat untuk mengikuti ujian. Mahasiswa wajib hadir minimal 75 % dari perkuliahan yang berlangsung, di mana perkuliahan yang ada di program studi ini berlangsung 14 pertemuan dalam satu semester. Apabila ada perkuliahan yang kosong maka diadakan kuliah pengganti di mana jadwal kuliah pengganti dikompromikan antara dosen pengampu dan mahasiswa.

Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo membuat kebijakan persyaratan mukim maksimal 60 km dari letak kampus Universitas Dr. Soetomo.  Hal ini ekuivalen dengan jarak kota-kota di sekitar Surabaya (Sidoarjo. Gresik, Mojokerto, Lamongan dll) di mana banyak mahasiswa juga bermukim. Mengingat kondisi transportasi darat dalam wilayah Jawa Timur sangat lancar, sehingga sangat memungkinkan mahasiswa untuk menempuh jarak tersebut dalam waktu  yang relatif singkat. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada kendala yang dihadapi dan sudah berlangsung selama bertahun-tahun. 

Dalam pelaksanaannya persyaratan mukim tiga semester tersebut tidak menghambat mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Aktivitas mahasiswa dalam kegiatan akademik maupun kegiatan non akademik dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, artinya tidak terdapat kendala dalam pelaksanaan persyaratan mukim ini.

 

  1. Jelaskan persyaratan penguasaan bahasa Inggris. Untuk penguasaan bahasa Inggris digunakan standar TOEFL .

Persyaratan penguasaan bahasa Inggris pada Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo

Semua mata kuliah memiliki referensi dalam bahasa inggris. Hal ini secara tidak langsung akan memacu mahasiswa untuk dapat belajar dan memahami bahasa inggris secara umum.  Selain itu, calon mahasiswa juga mengikuti tes Bahasa Inggris pada waktu penerimaan mahasiswa baru. Standar TEAFL  telah digunakan sebagai syarat kelulusan, yaitu dengan skor minimal 475. Guna memperoleh nilai TEAFL  yang kredibel dan terstandarisasi maka mahasiswa wajib mengikuti ujian TEAFL  di Laboratorium Bahasa Fakultas Sastra Universitas Dr. Soetomo. Program studi tidak dapat menerima sertifikat TEAFL  yang berasal dari lembaga kursus atau bukan dari institusi yang dapat dipercaya.

 

  1. Jelaskan persyaratan perkuliahan dan ujian mata kuliah yang isinya berupa perkembangan ilmu mutakhir dalam bidangnya.  Berikan pula penjelasan tentang pelaksanaan dan kendala yang dihadapi.

Persyaratan perkuliahan dan ujian mata kuliah yang isinya berupa perkembangan ilmu mutakhir dalam bidangnya pada Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo

 

Persyaratan Kuliah

Setiap mata kuliah dilaksanakan dalam 16 kali pertemuan, yang meliputi 14 kali memberi  materi (12 kali penyajian materi dan 2 kali diskusi kelas terstruktur), 1 kali ujian tengah semester dan 1 kali ujian akhir semester. Isu-isu aktual selalu menjadi bahan diskusi kelas, bahkan sering dijadikan butir pertanyaan baik dalam ujian tengah semester maupun ujian akhir semester. Berhubungan dengan perkembangan teknologi dan kemutahiran ilmu, maka dalam memberi  matakuliah sistem informasi selalu mengutamakan contoh-contoh aplikasi sistem yang terbaru. Penyajian matakuliah juga telah menggunakan teknologi media pembelajaran seperti slide powerpoint, video, dan fasilitas internet. Terkadang tenaga pendidik juga memberikan  ujian via e-mail dan e-learning.

Kemutakhiran materi dalam penyelenggaraan proses pembelajaran dilakukan dengan mewajibkan mahasiswa membaca artikel jurnal internasional dan buku-buku terbaru dalam bidang ilmu manajemen . Upaya memperoleh materi mutakhir ini dipermudah dengan berlangganan e-journal dan e-book yang sangat mudah diakses oleh mahasiswa.

Perkuliahan berlangsung di Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo  berlangsung selama 16 kali pertemuan kelas pada tiap semester. Mahasiswa harus mengikuti perkuliahan yang berlangsung di program studi minimal 75 %.  Apabila syarat minimal ini tidak terpenuhi, maka mahasiswa tidak diperkenankan mengikuti ujian. Pada saat di kelas, dosen memberikan  materi kuliah untuk selanjutnya membuka peluang untuk forum diskusi bersama diantara peserta kuliah. Mengingat sistem pembelajaran yang dianut adalah SCL (Student Centre learning) yang menjadikan mahasiswa sebagai komponen yang aktif selain itu, dosen masih memberi tugas berupa penulisan paper yang dapat dikonsultasikan setiap saat dengan dosen pengampu mata kuliah tersebut  dalam proses pembelajaran.

 

Ujian mata kuliah

Ujian yang berlangsung di program studi ini dapat berupa ujian tertulis, take home exam, maupun penyusunan paper sesuai matakuliah masing-masing.

NILAI BOBOT MATA KULIAH

Nilai Huruf

Bobot

Range

A

4,00

86 sd 100

A-

3,75

80 sd < 86

B+

3,50

76 sd < 80

B

3,00

70 sd < 76

B-

2,75

66 sd < 70

C+

2,50

60 sd < 66

C

2,00

56 sd < 60

D

1,00

36 sd < 56

E

0,00

 sd < 36

 

  1. Jelaskan cara penyajian dan penilaian rencana penelitian tesis.

 

Cara penyajian rencana penelitian tesis Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo

Penulisan tesis pada Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo  mempunyai bobot 6 SKS. Mahasiswa yang telah menyelesaikan kuliah sebanyak 24 SKS berhak memulai penulisan usulan tesis. Setelah proses pengajuan judul dan memperoleh dosen pembimbing berdasarkan keputusan pihak pengelola program studi,  maka proses inisiasi dapat dilakukan dengan cara mengajukan draf tesis kepada pembimbing yang telah diputuskan tersebut.

Setiap mahasiswa Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo  dibimbing oleh dua orang dosen pembimbing tesis, yaitu dosen pembimbing utama (pembimbing I) dan dosen pembimbing pendamping (pembimbing II). Usul penelitian tesis yang telah disusun oleh mahasiswa dikonsultasikan secara intensif kepada dosen pembimbing tesis, di mana konsultasi ini dikontrol melalui sebuah kartu kontrol konsultasi tesis yang ditandatangani setiap dosen pembimbing setelah mahasiswa tersebut melakukan bimbingan.

Kartu kontrol konsultasi tesis ini juga merupakan media komunikasi antara dosen pembimbing pendamping (pembimbing II)  dan dosen pembimbing utama (pembimbing I) dalam melakukan bimbingan, sehingga tidak terdapat kontradiksi dan tumpang tindih masalah pembimbingan. Pengelola mengambil kebijakan ini dengan maksud agara mahasiswa dapat melakukan bimbingan secara efektif dan efisien sehingga dapat mengoptimalkan waktu studi dan menyelesaikan studi tepat waktu.

 

Penilaian rencana penelitian tesis Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo

Usul penelitian tesis yang telah lengkap dan sempurna, wajib diseminarkan dalam seminar usul penelitian tesis. Seminar usul penelitian tesis dapat dilakukan setelah mahasiswa mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing (pembimbing utama dan pembimbing pendamping). Seminar usul penelitian tesis dimaksudkan untuk menentukan kelayakan usul penelitian secara substantif dan metodologis sebagai acuan dalam melakukan penelitian tesis.

Penilaian seminar usul penelitian tesis berdasar pada penguasaan mahasiswa terhadap ketepatan teori sebagai sarana memahami masalah penelitian,  ketepatan metodologi penelitian, sistematika penulisan, dan konsistensi berfikir mahasiswa. Penilaian seminar usul penelitian juga melihat seberapa jauh masalah penelitian yang diambil mencerminkan dan mewakili topik penelitian yang ditetapkan, serta melihat konsistensi teori utama (grand theory) dengan topik penelitian.

Seminar usul penelitian tesis bersifat terbuka yang dihadiri oleh tim penguji seminar usul penelitian tesis yang terdiri dari dosen pembimbing utama, dosen pembimbing pendamping, dosen penguji, serta mahasiswa sebagai peserta seminar.  Seminar usul penelitian berlangsung dalam empat tahapan, yaitu mulai dari penyajian/presentasi usul penelitian dari mahasiswa, pertanyaan dan/atau kritikan dan/atau saran dan/atau masukan dari peserta (mahasiswa) seminar dan dari dosen penguji seminar, kemudian mahasiswa penyaji dibantu dengan dosen pembimbing akan berusaha menjawab  pertanyaan dan/atau menanggapi kritikan dan/atau menerima saran/masukan tersebut. Tahap selanjutnya adalah proses rapat terbatas antara dosen pembimbing dan dosen penguji untuk memutuskan hasil dan penilaian dari seminar usul penelitian tesis tersebut.  Setelah dosen pembimbing dan penguji mendapatkan keputusan mengenai seminar usul penelitian tersebut, maka selanjutnya diumumkan kepada forum seminar tersebut.  Hasil penilaian seminar usul penelitian tersis dapat berupa :

a.  Layak untuk dilanjutkan penelitian tanpa perbaikan usul penelitian

b. Layak untuk dilanjutkan penelitian setelah perbaikan usul penelitian yang disetujui oleh dosen pembimbing.

Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo  dapat melakukan penelitian dan melanjutkan penulisan tesis setelah usul penelitian disetujui oleh dosen pembimbing dan lulus dari seminar usul penelitian tesis. Mahasiswa wajib menyelesaikan penulisan tesis dalam jangka waktu sesuai dengan ketentuan masa studi yang berlaku. Penulisan tesis mengacu pada pedoman penulisan tesis yang diterbitkan oleh Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo  .

 

  1. Jelaskan peraturan tentang kewajiban penyajian hasil penelitian tesis dalam seminar (internasional, nasional, wilayah, lokal PT) serta pelaksanaan dan kendala yang dihadapi.

Hasil penelitian tesis mahasiswa pada Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo disajikan pada beberapa media:

  1. Seminar Hasil Penelitian.

      Pada kegiatan seminar ini mahasiswa menyajikan hasil penelitan yang telah dilakukan dan temuan penting dari hasil penelitiannya. Seminar disajikan dihadapan dosen pembimbing, dosen penguji tesis, dan mahasiswa. Kegiatan ini dilakukan dengan maksud agar tesis yang disiapkan untuk ujian akhir telah melalui proses diskusi, guna memperoleh masukan dan koreksi dari peserta seminar. Setelah seminar hasil penelitian dilakukan, mahasiswa diberi kesempatan untuk memperbaiki hasil penelitian berdasarkan masukan dari peserta seminar dan hasil perbaikan harus memperoleh persetujuan dosen pembimbing.

 

  1. Pembuatan Artikel Ilmiah untuk Jurnal.

      Mahasiswa juga diwajibkan untuk membuat artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitiannya. Artikel ilmiah inipun dikoreksi oleh dosen pembimbing dan disiapkan untuk diterbitkan pada jurnal ilmiah.  Penerbitan artikel ilmiah pada jurnal ilmiah dimaksudkan agar hasil penelitian mahasiswa terpublikasi luas dan dapat diakses semua pihak. Walaupun untuk saat ini masih cukup diunggah pada repository webb unitomo. Di samping itu, hal ini dimaksudkan agar publikasi hasil riset mahasiswa dapat menginspirasi dan memotivasi mahasiswa dalam melakukan penelitian tesis dengan mengetahui berbagai tema atau topik penelitian yang pernah dilakukan oleh mahasiswa yang lebih dulu dalam penyusunan tesis.

 

  1. Publikasi Tesis melalui Perpustakaan dan Webb. Hasil penelitian tesis yang dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo wajib dipublikasikan di perpustakaan dan webb Universitas Dr. Soetomo, sehingga dapat diakses oleh mahasiswa lain.

 

Kendala yang dihadapi :

Sebagai wadah publikasi hasil penelitian  tesis Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo hingga saat   belum memiliki e-jurnal ilmiah sendiri, namun sudah di upload dalam repository webb unitomo dan dapat di   akses secara luas oleh mahasiswa.

                 

  1. Jelaskan sistem penjaminan mutu tesis, pelaksanaan serta kendala yang dihadapi.

Penjaminan mutu tesis dilakukan dengan berbagai cara dan tahapan penilaian. Penjaminan mutu dilakukan guna mengetahui dan menjamin bahwa tesis yang dibuat mahasiswa memiliki:

  1. Ke-baruan Tema Penelitian.
  2. Ke-baruan Pendekatan Teoritis dan Metodologi.
  3. Dukungan pustaka terbaru berupa jurnal ilmiah.
  4. Keabsahan sebagai karya ilmiah yang terbebas dari tindak plagiasi.

Untuk menjamin mutu tesis, maka pihak pengelola program studi memberikan  draf usulan penelitian mahasiswa kepada Tim Penjamin Mutu untuk melakukan pengecekan ada atau tidaknya unsur plagiatisme dalam usul penelitian tersebut.  Penjaminan mutu tesis ini di mulai pada waktu usulan penelitian dengan maksud agar dapat lebih dini mengetahui mutu tesis mahasiswa.

Selain itu, Program Studi Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo juga memberikan  sanksi yang sangat keras kepada mahasiswa yang melanggar aturan penyusunan tesis. Pelanggaran tersebut dapat berupa manipulasi data, penyerahan tesis yang ditulis sebagian atau seluruhnya oleh orang lain, melakukan plagiat, dan menyuap dosen/tenaga kependidikan untuk memperoleh nilai tesis yang diinginkan. Pelanggaran terhadap etika penyusunan tesis ini mendapatkan sanksi pembatalan tesis dan/atau pencabutan status kemahasiswaan. Mahasiswa juga wajib menandatangani surat pernyataan keaslian tesis yang dibuat di atas meterai dan apabila terbukti plagiat maka gelarnya dapat dibatalkan.

 

Keberadaan tim penjaminan mutu tesis mahasiswa Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo

Program Studi Magister Manajemen memiliki Tim Penjaminan Mutu yang antara lain berperan sebagai pihak yang mengecek, mengontrol dan mengawasi terlaksananya etika penyusunan tesis. Tim ini berperan pada awal penyusunan tesis untuk menjamin bahwa tesis tersebut belum pernah ada sebelumnya dan pada saat akhir penyusunan tesis untuk melihat bahwa isi, data dan hasil dari suatu tesis tidak mengandung unsur plagiat dan manipulasi data.

 

Pelaksanaan kerja dari tim penjamin mutu tesis mahasiswa Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo

 

Pelaksanaan kerja dari tim penjaminan mutu dalam penyusunan tesis ini bekerjasama dengan pihak pengelola program studi. Hasil dari pelaksanaan kerja tim penjaminan mutu untuk menjamin mutu tesis dilaporkan kepada pengelola proram studi. Begitu juga jika terjadi pelanggaran etika penyusunan tesis, maka tim penjaminan mutu hanya bersifat sebagai pegawas dan pemeriksa saja, kebijakan sepenuhnya berada di bawah pengelola program studi dan pimpinan Program Magister Manajemen  Dr. Soetomo.

 

 

Kendala dalam penjaminan mutu tesis mahasiswa Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo

 

Kendala yang mungkin dihadapi dalam penjaminan mutu tesis ini adalah jika informasi yang didapatkan tidak lengkap. Baik dalam hal data mengenai tesis yang pernah ada sebelumnya, baik dari sumber internal Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis   Universitas Dr. Soetomo sendiri, maupun tesis dari institusi/universitas/ sekolah tinggi lainnya. Hal ini terjadi karena up-date data tesis yang tidak tepat waktu (terlambat) dari sumber informasi dan data yang diinginkan. Untuk mengatasi kendala tersebut, maka pihak pengelola program studi dan tim penjaminan mutu, berupaya untuk mendapatkan informasi selangkapnya dan melakukan up date data tesis secara terus menerus.

Untuk menjaga mutu tesis dilakukan proses sebagai berikut:

1. Usulan penelitian Tesis yang sudah disetujui oleh dosen pembimbing  harus dilaporkan ke Program Studi  untuk dicatat dan di teliti ulang  jangan sampai ada judul  yang sama. Apabila hal ini terjadi maka Ketua Program studi  menghubungi Dosen Pembimbing  mahasiswa yang   bersangkutan  untuk mendiskusikan hal  ini dan menyatakan perubahan dari judul yang diambil oleh mahasiswa , dan mahasiswa harus memperbaiki

2. Sesuai prosedur mahasiswa wajib menandatangani pernyataan bahwa karya tulisnya  adalah orsinil dan tidak mengandung unsur plagiatisme. Pengendalian tesis juga  melewati pendekatan  proses bimbingan   sehingga kemungkinan tesis  yang tidak orsinil  dan terindikasi  plagiatisme dapat dicegah  proses penulisan akan selalu  mengikuti standar  aturan penulisan  tesis yang telah dikeluarkan  oleh Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo

3. Seminar Proposal  yang dilakukan untuk menjaga kebenaran dan mutu tesis dilakukan setelah proposal selesai  dan sebelum  penulisan tesis dilakukan

4. Penulisan Tesis dibimbing oleh satu dosen  pembimbing  dan topik-topik  tesis   didiskusikan  bersama antar dosen pembimbing  dan mahasiswa

5. Setelah ujian proposal dilakukan  maka penelitian dan penulisan  tesis dapat diajukan

6. Akhir dari kegiatan  penyusunan tesis adalah ujian tesis . Pada saat ujian tesis mahasiswa  diuji 3 (tiga) orang dosen penguji , dan salah satu dari dosen  penguji tersebut adalah dosen pembimbingnya

 

 

  1. Jelaskan peraturan tentang keanggotaan tim penguji dalam ujian akhir studi magister, pelaksanaan serta kendala yang dihadapi.

 

Peraturan tentang keanggotaan tim penguji dalam ujian akhir studi Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo

Dosen penguji tesis ditetapkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis    sebagai pengelola Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo. Ujian tesis mahasiswa Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo dihadiri oleh dosen tim penguji dan dosen pembimbing, dengan pesyaratan keanggotaan tim penguji adalah sebagai berikut :

  1. Ketua tim penguji adalah dosen bergelar minimal doktor dan mempunyai jabatan akademik minimal lektor
  2. Sekretaris tim penguji adalah dosen bergelar minimal doktor
  3. Anggota tim penguji  adalah dosen bergelar minimal doktor dan emmpunyai jabatan akademik minimal asisten ahli. Dosen pembimbing secara langsung menjadi anggota tim penguji.

 

Pelaksanaaan kerja keanggotaan tim penguji dalam ujian akhir studi Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo

Ujian tesis bersifat terbuka yang dihadiri oleh tim penguji dan dosen pembimbing.  Ujian berlangsung dalam empat tahapan, yaitu mulai dari penyajian/presentasi tesis dari mahasiswa, pertanyaan dan/atau kritikan dan/atau saran dan/atau masukan dari peserta dosen penguji, kemudian mahasiswa penyaji akan berusaha menjawab  pertanyaan dan/atau menanggapi  kritikan  dan / atau  menerima  saran / masukan  tersebut.  Tahap selanjutnya adalah proses rapat terbatas antara tim penguji untuk memutuskan hasil dan penilaian dari ujian tesis tersebut.  Setelah dosen tim penguji mendapatkan keputusan mengenai ujian tesis tersebut, maka selanjutnya diumumkan kepada mahasiswa yang bersangkutan  hasil ujian tesis  tersebut.

Tim penguji bertindak sebagai pihak yang menguji standar penguasaan materi dan metodologi mahasiswa dalam penyusunan tesis. Tim penguji juga bertindak sebagai pihak yang menilai konsistensi materi, metodologi, sistematika penulisan dan bahasa dalam penyusunan tesisnya.

 

Kendala yang dihadapi dalam keanggotaan tim penguji dalam ujian akhir studi Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo

Secara umum Kendala yang dihadapi dalam keanggotaan tim penguji  dalam ujian akhir adalah tidak ada. Mengingat bahwa semua dosen penguji sudah bergelar doktor dan berpengalaman dalam membimbing dan menguji thesis.

 

5.3    Pelaksanaan Proses pembelajaran

Sistem pembelajaran dibangun berdasarkan perencanaan yang relevan dengan tujuan, ranah belajar dan hierarkinya.

Pembelajaran dilaksanakan menggunakan berbagai strategi dan teknik yang menantang, mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis bereksplorasi, berkreasi dan bereksperimen dengan memanfaatkan aneka sumber.

Pelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa), penyusunan materi perkuliahan, serta penilaian hasil belajar.

 

5.3.1   Mekanisme Monitoring Perkuliahan

Jelaskan mekanisme untuk memonitor perkuliahan, antara lain kehadiran dosen dan mahasiswa, serta materi perkuliahan.

 

Mekanisme pelaksanaan monitoring perkuliahan pada Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo:

Daftar hadir dosen disediakan di program studi yang setiap minggunya di monitor oleh tenaga kependidikan dan dilaporkan kepada ketua program. Dosen yang akan melakukan perkuliahan mengisi daftar hadir di bagian tata usaha sekaligus mengambil daftar hadir mengajar yang berisikan instrumen perkuliahan berupa lembar kegiatan perkuliahan dan daftar hadir mahasiswa. Kemudian instrumen perkuliahan tersebut  wajib diisi oleh dosen usai memberi kuliah beserta daftar hadir mahasiswa untuk dikembalikan lagi ke bagian tata usaha. Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka memonitor sajian materi perkuliahan, metode kuliah, tugas perkuliahan, seperti kegiatan presentasi dan diskusi makalah, review buku atau hasil penelitian lapangan  kemudian dosen memonitor jumlah mahasiswa yang hadir. Dosen pengampu matakuliah memiliki kewajiban 14 kali pertemuan kemudian ditambah satu pertemuan untuk Ujian Tengah Semester (UTS) dan satu pertemuan untuk Ujian Akhir Semester (UAS). Sebagai bukti penguat, dosen wajib membubuhkan tanda tangan dalam lembar instrumen tersebut.

Monitoring kehadiran mahasiswa dilakukan melalui penyediaan daftar hadir kuliah yang ditandatangani mahasiswa pada setiap kegiatan perkuliahan. Mahasiswa memiliki kewajiban minimal 75% kehadiran disetiap perkuliahan matakuliah tertentu, sebagai persyaratan mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS). Setiap akan dimulai suatu perkuliahan, dosen mengambil lembar instrument monitoring dan daftar hadir dari bagian pendidikan dan mengembalikannya setelah selesai perkuliahan. Pada setiap akhir semester dilakukan perhitungan dan evaluasi kehadiran dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan.

Monitoring materi perkuliahan dilakukan dengan mencocokan rencana perkuliahan (silabus matakuliah) yang dijabarkan dalam bentuk RPP dan RPS, serta dilengkapi juga oleh buku ajar atau hand out yang dievaluasi dan direvisi setiap tahun.

Presensi dosen mahasiswa adalah informasi dan dokumen tentang kehadiran dan ketidakhadiran mahasiswa dalam perkuliahan. Presensi merupakan alat monitoring proses belajar mengajar dosen dan mahasiswa sekaligus dapat digunakan sebagai bahan evaluasi penilaian dosen dalam metode penyampaian materi kuliah, diskusi kelas maupun presentasi makalah yang terkait dengan isu-isu aktual tentang pendidikan maupun tema-tema lain sesuai dengan mata kuliah yang diberikan dosen pengampu.

Mekanime monitoring perkuliahan juga memiliki dimensi etika akademik yang harus senantiasa diikuti dan dipatuhi oleh semua mahasiswa dan dosen. Etika akademik ini merujuk pada nilai-nilai kejujuran, wawasan pendidikan dan kerja keras. Selama mengikuti pembelajaran, dosen dan mahasiswa wajib menjunjung tinggi etika akademik. Proses pembelajaran meliputi perkuliahan, penyusunan tugas perkuliahan dan penyusunan tesis. Setiap pelanggaran etika akademik akan mendapatkan sanksi.

Pelanggaraan etika akademik dalam perkuliahan meliputi manipulasi data presensi dan tindakan lain yang menggangu kelancaran perkuliahan. Pelanggaran terhadap etika ini akan mendapat sanksi pengurangan nilai dan/atau pembatalan keikutsertaan dalam mata kuliah.

Pelanggaran etika akademik dalam penugasan kuliah meliputi penyerahan tugas yang ditulis sebagian atau seluruhnya oleh orang lain, menyerahkan paper atau tugas kuliah lain yang sama untuk dua atau lebih mata kuliah yang berbeda, melakukan tindakan plagiat. Pelanggaran terhadap etika ini akan mendapat sanksi pengurangan dan/atau pembatalan nilai oleh dosen pengampu.

Pelanggaran etika akademik dalam ujian mata kuliah adalah melakukan kecurangan dalam ujian baik secara individu maupun kelompok, berusaha mendapatkan soal ujian dengan cara mencuri soal atau menyuap pihak lain untuk memberikan  soal ujian sebelum hari berlangsungnya ujian, menyuap dosen dan/atau tenaga kependidikan untuk memperoleh nilai mata kuliah yang diinginkan. Pelanggaran terhadap etika ini akan mendapatkan sanksi skorsing selama satu semester dan/atau pencabutan status kemahasiswaan.

 

Monitoring perkuliahan dilakukan secara kontinyu antara lain:

1. Program setiap awal minggu melakukan koordinasi dengan dosen yang telah terjadwal untuk memastikan kehadiran dosen. Apabila dosen yang bersangkutan berhalangan dapat ditukar dengan jadwal dosen yang lain (mata kuliah tetap sesuai matakuliah yang diampu masing-masing dosen).

2. Setiap ada perkuliahan mahasiswa diingatkan kembali dengan melalui Short Massage Service (SMS) sesuai jadwal kuliah oleh administrasi akademik.

3. Pada jadwal yang telah disepakati kehadiran dosen dipantau ulang agar tidak terjadi jam kosong. Dosen yang berhalangan hadir maka dilakukan penjadwalan ulang.

4. Mahasiswa mengisi daftar hadir atau dosen melakukan presensi atas kehadiran mahasiswa.

5. Pada akhir semester dilakukan rekapitulasi kehadiran mahasiswa.

 

Monitoring dan evaluasi terhadap kehadiran mahasiswa

Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo mendorong prinsip akuntabilitas sebagai bagian dari proses monitoring dan evaluasi kegiatan akademik. Kebijakan tentang monitoring dan evaluasi terutang dalam buku panduan monitoring dan evalusi yang dikeluarkan oleh Gugus Penjaminan Mutu Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pada setiap kegiatan perkuliahan/praktikum/ujian dilampirkan berita acara pelaksanaan yang ditandatangani oleh dosen maupun mahasiswa. Presensi (daftar hadir) disediakan bagi dosen dan mahasiswa untuk mengetahui tingkat kehadiran dosen dan mahasiswa. Mahasiswa dapat mengikuti ujian bila menghadiri perkuliahan minimal 75% dari total kegiatan, hal ini dapat dipantau dari presensi yang dilampirkan tiap perkuliahan. Presensi dosen dan berita acara memungkinkan monitoring materi perkuliahan telah diberikan sebagaimana yang direncanakan.

Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan minimal 75% dari keseluruhan kegiatan perkuliahan yang diambil pada setiap mata kuliah, dan jika  tidak memenuhi ketentuan tersebut mahasiswa tidak diijinkan mengikuti ujian. Selain wajib hadir minimal 75% mahasiswa juga diwajibkan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen pengampu. Penilaian hasil belajar dilakukan oleh dosen yang mencakup nilai akumulasi nilai ujian, keaktifan di kelas, tugas-tugas, kedisiplinan dan kejujuran akademik. Penentuan bobot setiap komponen diserahkan kepada dosen pengampu mata kuliah yang bersangkutan.

 

Monitoring dan evaluasi terhadap kehadiran dosen

Selain itu disiapkan pula kuesioner penilaian kinerja dosen yang diisi oleh mahasiswa sebagai bahan evaluasi tiap staf pengajar. Dari kuesioner tersebut dapat dilakukan evaluasi kinerja (pengukuran indeks kepuasan/IK) terhadap dosen yang bersangkutan  dalam pelaksanaan kuliah. Kebijakan tentang monitoring dan evaluasi terutang dalam buku panduan monitoring dan evalusi yang dikeluarkan oleh Gugus Penjaminan Mutu Fakultas Ekonomi dan Bisnis   

Kehadiran dosen dalam proses perkuliahan di Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo dapat dikatakan baik dan berlangsung sesuai dengan apa yang telah direncanakan oleh program studi. Artinya, para dosen memenuhi persyaratan kehadiran pertemuan kelas, maksimal 14 kali pertemuan. Hal ini mengidentifikasi adanya komitmen yang tinggi dari para dosen di Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo dan kedisiplinan yang termanifestasi dalam kehadiran dosen. Apabila ada perkuliahan yang kosong, maka diganti pada waktu lain dimana jadwal perkuliahan penggantian merupakan kompromi antara dosen dengan mahasiswa. Presensi dosen yang diberikan pada saat di kelas merupakan bukti empirik kehadiran dosen dalam penyajian materi kuliah. Melalui mekanisme ini, pengelola dapat melakukan monitoring maupun controlling terhadap dosen yang ada di program studi, dan dapat sebagai bahan evaluasi proses pembelajaran yang berlangsung.

 

Monitoring dan evaluasi terhadap materi kuliah

Evaluasi materi kuliah dilakukan dalam suatu rapat dan diikuti paling sedikit oleh tim pengajar/dosen mata ajaran yang bersangkutan. Pelaksanaan rapat dilaksanakan sedikitnya dua kali dalam satu semester yaitu pada awal dan akhir semester. Pertimbangan untuk mengubah materi mata ajaran didasarkan pada perkembangan teknologi, tuntutan pasar serta kondisi keilmuan dan kompetensi yang ingin dicapai.

Setiap dosen berkewajiban mencatat kegiatan perkuliahan pada daftar hadir dosen yang juga memuat materi perkuliahan yang disampaikan. Materi perkuliahan diberikan sesuai silabus yang ada untuk menjaga konsistensi materi perkuliahan yang diberikan mahasiswa. Para dosen yang ada di Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo menyusun silabus/RPS dan RPP untuk setiap matakuliah yang diampu. Hal ini dilakukan agar dapat menyajikan materi kuliah secara sistematis dan komprehensif sehingga transfer ilmu dapat berjalan secara optimal. Di dalam silabus dan RPP  termuat mengenai materi pembelajaran pada setiap sesi tatap muka kelas, daftar bacaan ataupun referensi yang digunakan, standar kelulusan, teknik pengajaran, dan media pengajaran yang digunakan serta tujuan umum dan tujuan khusus yang ingin dicapai dengan penyampaian materi perkuliahan tersebut. RPP  ini menjadi pegangan dosen dan mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung. Materi perkuliahan disusun oleh kelompok dosen sesuai bidang ilmu dengan memperhatikan masukan dari dosen lain atau dari pengguna lulusan. Pada proses belajar mengajar baik perkuliahan, praktikum dan seminar terdapat Berita Acara Pengajaran. Berita acara ini harus diisi oleh dosen tentang materi apa yang telah disampaikan pada perkuliahan tersebut. Monitoring materi perkuliahan dilakukan dengan a) evaluasi RPS oleh kelompok Dosen dan Tim Ahli; b) melalui pencocokan catatan materi yang disampaikan setiap akhir perkuliahan di berita acara perkuliahan dengan RPP  yang dilaporakan dosen pengajar kepada kaprodi, c) Monitoring materi perkuliahan juga dilakukan oleh mahasiswa setiap perkuliahan dan setiap akhir semester. Dan pada akhir semester kemudian dilakukan evaluasi oleh jurusan tentang kesesuain materi yang telah diajarkan, soal yang diberikan dengan RPS  sebagai pedoman pengajaran serta jumlah tatap muka yang telah dilakukan.

Setiap akhir kuliah/semester mahasiswa melakukan evaluasi terhadap dosen dengan mengisi angket yang meliputi :

1..Kesesuaian materi dengan RPP , RPS, keterkaitannya dengan aspek  kekinian 2..Teknik penyajian materi dan penggunaan multi media

3..Suasana perkuliahan yang kondusif untuk meningkatkan pemahaman dengan diskusi dan tanya jawab

 

 

5.3.2   Lampirkan contoh soal ujian dalam 1 tahun terakhir untuk 5 mata kuliah keahlian berikut silabusnya.

 

Soal Ujian sebanyak 5 matakuliah beserta silabinya telah kami lampirkan dalam lampiran  borang ini antara lain Matakuliah :

  1. Manajemen Pemasaran
  2. Manajemen Sumberdaya Manusia
  3. Evaluasi Kinerja Sumberdaya Manusia
  4. Perencanaan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia
  5. Pemasaran Internasional

 

5.4   Penelitian Tesis

 

5.4.1 Jelaskan sistem pembimbingan penelitian tesis pada program studi ini, mencakup informasi tentang: ketersediaan panduan, kebijakan pembimbingan, mekanisme penunjukan pembimbing  dan mahasiswa bimbingan, serta proses pembimbingannya. 

 

Ketersediaan panduan sistem pembimbingan penelitian dan penulisan tesis Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo

Panduan pelaksanaan tesis tersedia dalam bentuk buku pedoman penulisan tesis yang diberikan kepada semua mahasiswa.  Selain itu, tiap staf pengajar juga diberikan buku panduan yang sama. Selain panduan pelaksanaan tesis, mahasiswa juga dibekali dengan buku progress perkembangan tesis serta tingkat kehadiran dan konsultasi dalam pengerjaan tesis. Setiap konsultasi, dosen diminta untuk mengisi buku perkembangan tesis  guna memperoleh informasi tentang tindak lanjut perbaikan tesis, maupun informasi lain terkait dengan proses pembimbingan tesis..

 

Sosialisasi sistem pembimbingan penelitian dan penulisan tesis Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo

 

Buku panduan penyusunan tesis yang telah dibagikan dan dimiliki mahasiswa, pada saat akhir semester disosialisasikan kepada mahasiswa. Sosialisasi proses pembimbingan tesis yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa yang memprogramkan tesis. Sosialisasi ini dimaksudkan agar mahasiswa mengetahui tata cara penyusunan tesis, mekanisme penyusunan, metode penyusunan, dan segala hal yang berhubungan dengan penyusunan tesis, termasuk etika penyusunan tesis, yang tertuang dalam buku panduan penyusunan tesis.

 

Pelaksanaan sistem pembimbingan penelitian dan penulisan tesis Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo

 

Mahasiswa melakukan konsultasi rutin dengan dosen pembimbing dan mengisi kartu kontrol konsultasi tesis. Mahasiswa menyerahkan draf awal tesis kepada dosen pembimbing dan kemudian dievaluasi oleh pembimbing. Hasil evaluasi kemudian diserahkan kembali kepada mahasiswa untuk melakukan revisi hingga mendapat persetujuan dari pembimbing utama untuk selanjutnya melanjutkan bimbingan ke dosen pendamping.

Mahasiswa menyerahkan draf hasil revisi dari pembimbing utama kepada dosen pendamping. Dosen pembimbing pendamping melakukan evaluasi dan melakukan peninjauan kembali. Kemudian apabila terdapat kekeliruan, kesalahan atau koreksi yang harus diperbaiki, maka draf tersebut direvisi ulang oleh mahasiswa demikian seterusnya hingga draf tersebut layak untuk di seminarkan dalam seminar usul penelitian atau diujikan dalam ujian tesis.

Apabila mahasiswa Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo menghadapi masalah dengan dosen pembimbing tesis, seperti ketidaksamaan ekspektasi atau adanya perbedaan perspektif (termasuk pendekatan dan teori) dalam penyusunan tesis, maka mahasiswa yang bersangktuan dapat berkonsultasi dengan ketua program studi. Apabila mahasiswa mendapat masalah non-akademis, mahasiswa yang bersangkutan seyogyanya memberi  itahukan masalahnya kepada pengelola program studi. Permasalahan akademik dan non-akademik yang tidak dapat diselesaikan oleh pengelola program studi, maka pemasalahan tersebut dapat diselesaikan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis    Universitas Dr. Soetomo.

 

Buku pedoman  mencakup informasi sebagai berikut :

a. Beban Kredit

     Beban kredit Tesis Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis   & Bisnis Universitas Dr. Soetomo  mempunyai  beban  kredit sebanyak 6 sks, beban ini dianggap cukup mengingat sebelum mahasiswa memprogram matakuliah tesis terlebih dahulu harus menempuh dan dinayatakan lulus untuk matakuliah seminar proposal penelitian.

 

b. Periode Penulisan

    Penulisan tesis sudah dapat dimulai pada pertengahan  semester III. Masa penulisan tesis diharapkan dapat berakhir paling lambat  pada akhir semester IV.Penulisan tesis yang tidak dapat diselesaikan pada waktu yang telah ditentukan, maka penulis yang bersangkutan dapat mengajukan perpanjangan  waktu kepada Ketua Program Studi. Perpanjangan waktu diberikan  selama 1 semester dengan membayar  biaya registrasi  setiap semester  sampai berakhirnya masa studi sesuai ketentuan (Batas Masa Studi)

 

c. Pembimbing Tesis

   Penulisan tesis  dibimbing seorang Dosen Pembimbing yang dipilih dan diajukan oleh mahasiswa kepada Ketua program studi. Dengan mempertimbangkan beban bimbingan dan keahlian dosen dalam materi bimbingan Ketua Program Studi memberikan persetujuan. Penggantian dosen  pembimbing  hanya diperbolehkan  dengan alasan tertentu setelah mendapat persetujuan tertulis dari dosen pembimbing dan dilaporkan kepada Ketua Program Studi.

   Setiap kali bimbingan tesis mahasiswa wajib menunjukkan kartu bimbingan  yang berisi berita acara bimbingan dan ditandatangani  dosen pembimbing.Tesis yang dinyatakan selesai bimbingan dan layak untuk mengikuti sidang ujian tesis setelah mendapat persetujuan dari dosen.

 

Hal-hal lain tentang pembimbingan tesis antara lain :

1. Panduan penulisan tesis mengikuti aturan yang telah ditetapkan program dalam bentuk buku Pedoman Penulisan Tesis dan dapat diunduh melalui web program studi (www.unitomo.ac.id).

2.  Sosialisasi   pedoman   penulisan   tesis   dilakukan pada awal semester 3 melalui kegiatan khusus yang dilaksanakan berupa penjelasan penulisan tesis dan dihadiri oleh semua mahasiswa semester 3. Di samping itu sosialisasi juga dilakukan oleh Dosen Pembimbing pada saat mahasiswa melakukan konsultasi/ bimbingan tesis.

3. Sistem pembimbingan tesis dilakukan langsung dengan dosen pembimbing dibuktikan dengan menggunakan Buku Bimbingan Tesis, baik secara tatap muka langsung atau by e-mail.

 

 

d. Prosedur Penulisan Tesis

   1. Program studi menawarkan dosen pembimbing  beserta bidang yang diminati oleh masing-masing mahasiswa.

   2. Ketua Program   memberikan  surat pengantar kepada Dosen Pembimbing

   3. Mahasiswa menghubungi dosen yang diminati untuk minta kesediaanya  sebagai pembimbing  dengan membawa surat pengantar  dari Ketua Program Studi.

   4. Penentuan dosen pembimbing  dilakukan  oleh Ketua Program

   5. Penyusunan proposal tesis dibimbing oleh Dosen Pembimbing

   6. Proposal tesis yang telah disetujui  oleh  Dosen Pembimbing diseminarkan dihadapan  Dosen Pembimbing  dan dua orang Dosen Penguji. Dosen Pembimbing wajib hadir  pada saat seminar proposal  tesis. Apabila  Dosen Pembimbing berhalangan hadir , maka seminar proposal  tidak dapat dilaksanakan atau ditunda.

   7. Proposal tesis yang sudah disetujui  oleh forum seminar  dapat segera melakukan penelitian dan dilanjutkan  dengan penulisan  tesis dengan dibimbing Dosen  Pembimbing  Proposal  tesis yang direvisi/diusulkan  untuk penyempurnaan  proposal,  maka mahasiswa wajib konsultasi  dengan para Dosen Penguji dan Dosen Pembimbing.

   8. Mahasiswa/i dapat meminta surat pengantar  penelitian  kepada  Tata Usaha  apabila diperlukan.

   9. Setelah menyelesaikan penyusunan tesis dan telah disetujui  oleh Dosen Pembimng , tesis harus diuji.

10. Tesis yang telah disetujui oleh Dosen Pembimbing  diujikan dihadapan  dosen  pembimbing wajib hadir  pada saat ujian tesis. Apabila dosen  pembimbning  berhalangan hadir , maka ujian tesis tidak dapat dilaksanakan.

11.  Apabila tesis dinyatakan lulus dengan revisi, maka wajib disempurnakan dengan bimbingan Dosen Pembimbing  maupun dengan para penguji. Perbaikan dan penyempurnaan  tesis yang telah  diselesaikan, harus mendapat persetujuan  Tim Penguji.

12.  Mahasiswa meminta tanda tangan  tesis kepada Dosen Pembimbing  dan penguji, serta Ketua Program  pada tesis yang telah digandakan (satu eksemplar untuk Perpustakaan; satu eksemplar untuk pribadi)

13. Setiap tesis yang sudah diselesaikan  dan ditandatangani, wajib diserahkan kepada program studi  dengan menyertakan  compact disk yang berisi semua tesis yang telah disetujui tim Penguji.

14.  Apabila tugas akhir atau tesis di kemudian hari diketahui terbukti  bahwa bukan merupakan hasil karya asli penulis, merupakan duplikasi, ataupun plagiasi lain, maka menerima sanksi akademis dan/atau sanksi manajemen  yang berlaku . Sanksi akademis berupa pebatalan tugas akhir atau tesis yang bersangkutan.

 

 

5.4.2  Tuliskan nama dosen pembimbing penelitian tesis dan jumlah mahasiswa yang dibimbingnya pada TS dengan mengikuti format tabel berikut:

 

No

Nama Dosen Pembimbing Tesis

Pendidikan Tertinggi

Jabatan Akademik Dosen

Banyaknya Mahasiswa yang Dibimbing dan Status Pembimbing

Ketua

Anggota

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

1

Prof. Dr. Eddy Yunus, MM

S3

Guru Besar

7

-

2

Dr. J.F.X. Susanto Sukiman, MM

S3

Lektor Kepala

7

4

3

Dr. Slamet Riyadi, MP, MM

S3

Lektor Kepala

7

4

4

Dr. Sukesi, MM

S3

Lektor Kepala

7

3

5

Dr. Aminullah Assagaf, MM

S3

Lektor Kepala

7

3

6

Dr. Suyanto, MM

S3

Lektor Kepala

7

4

7

Dr. Sri Utami Ady, MM

S3

Lektor

5

5

8

Dr. Sri Handini, MM

S3

Lektor

6

4

9

Dr. Meithiana Indrasari, MM

S3

Asisten Ahli

5

5

10

Dr. Agus Maulana, MSM

S3

Asisten Ahli

Asisten Ahli

6

4

11

Dr. Soepardjo Tengtarto, MM

S3

 

Asisten Ahli

4

6

12

Drs. Sarwani, MM

S2

Lektor

0

0

Total

68

42

 

 

5.4.3  Rata-rata lama penyelesaian tugas akhir/tesis pada tiga tahun terakhir :  4-5 bulan. (Menurut kurikulum tugas akhir direncanakan 1 semester).

          

5.5 Sistem Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pembelajaran

 

Untuk setiap aspek pada subbutir 5.5.1 s.d. 5.5.4, uraikan (1) keberadaan standard operating procedure (SOP), (2) keberadaan dan keefektifan lembaga/komisi pelaksana, dan (3) mekanisme monev.

 

5.5.1  Proses  penyusunan usul penelitian dan pelaksanaan penelitian tesis

 

Keberadaan standard operating procedure (SOP) penyusunan usul penelitian dan pelaksanaan penelitian tesis.

Untuk memenuhi standar kualitas dan kualitas usul penelitian dan pelaksanaan penelitian, Program Studi Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo telah menyediakan standard operating procedure (SOP) penyusunan usul penelitian dan pelaksanaan penelitian tesis. Dalam SOP tersebut dijelaskan tahapan, mekanisme, dan proses penyusunan usul penelitian dan pelaksanaan penelitian tesis, yang dapat memandu dosen pembimbing dan mahasiswa dalam penulisan, konsultasi, dan pelaksanaan penelitian. SOP  penyusunan usul penelitian dan pelaksanaan penelitian ini mengatur antara lain:

  1. Pengajuan judul atau topik usul penelitian.
  2. Penetapan judul atau topik penelitian.
  3. Penetapan dosen pembimbing.
  4. Mekanisme konsultasi dosen dan mahasiswa dalam penyusunan tesis.
  5. Persetujuan usul penelitian.
  6. Seminar usul penelitian.
  7. Perbaikan usul penelitian pascaseminar usul penelitian.
  8. Persetujuan usul penelitian.
  9. Pelaksanaan waktu penelitian.
  10. Kewajiban menyerahkan izin penelitian dan dokumen hasil penelitian.

 

Berbagai SOP ini dimaksudkan agar penulisan tesis, mulai dari awal sampai dengan akhir, dapat termonitor dan dievaluasi guna mengasilkan tesis yang bermutu. Oleh karenanya, setiap mahasiswa dan dosen dalam proses pembimbingan penyusunan usul penelitian dan penulisan tesis wajib mematuhi dan melaksanakan SOP tersebut. Program Studi Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo memiliki tim monitoring dan evaluasi yang dibentuk oleh Ketua Program dan beranggotakan tiga orang dosen.

 

Keberadaan dan keefektifan lembaga/komisi pelaksana penyusunan usul penelitian dan pelaksanaan penelitian tesis.

Program Studi Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo memiliki Tim Monitoring dan Evaluasi yang disebut Komisi Program Studi yang dibentuk oleh Rektor Universitas Dr. Soetomo dengan Surat Keputusan Nomor OU. 496/A.2.04/VII/2014. Tugas Komisi Program Studi antara lain mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan proses penyusunan usul penelitian dan penulisan tesis, dengan dipandu  SOP yang telah tersedia. Ketersediaan SOP ini sangat mempermudah Komisi Program Studi dalam melaksanakan tugas-tugasnya secara efektif. Melalui mekanisme ini pada akhirnya dapat dihasilkan tesis yang berkualitas, baik dalam hal input, proses, maupun output tesis.

Mekanisme monitoring dan evaluasi penyusunan usul penelitian dan pelaksanaan penelitian tesis

  1. Mahasiswa memprogramkan tesis dalam KRS-nya.
  2. Mahasiswa mengambil formulir usulan judul tesis di bagian akademik Fakultas.
  3. Mahasiswa melengkapi persyaratan pengusulan judul berupa : bukti pelunasan pembayaran SPP dan biaya bimbingan.
  4. Mahasiswa mengembalikan formulir usulan judul beserta syarat dokumen kelengkapannya
  5. Setiap mahasiswa yang akan melakukan pengajuan judul atau topik penelitian disyaratkan telah lulus dalam semua mata kuliah inti yang dibuktikan dengan Kartu Hasil Studi.
  6. Bagian akademik menyusun secara kolektif usulan judul penyusunan tesis mahasiswa
  7. Bagian akademik mengadakan dokumentasi arsip penyusunan judul
  8. Bagian akademik menyusun laporan pengajuan judul mahasiswa
  9. Bagian akademik menyerahkan laporan pengajuan judul tersebut ke Ketua Prodi .
  10. Setiap judul yang dimasukkan wajib melalui evaluasi dari tim penjamin mutu (Komisi Program Studi) untuk menjamin mutu tesis.
  11. Tim penjamin mutu melakukan pengecekan dan evaluasi judul atau topik bila kemungkinan terjadi duplikasi atau telah ada sebelumnya, guna menghindari plagiasi.
  12. Tim penjaminan mutu menyerahkan kepada pengelola perogram studi hasil audit penetapan judul dan nama dosen pembimbing tesis
  13. Apabila judul atau topik penelitian disetujui untuk dilanjutkan dalam penyusunan usul penelitian, maka mahasiswa langsung mengajukan judul tersebut kepada Ketua Program Studi
  14. Apabila judul atau topik usul penelitian ditolak oleh tim penjamin mutu, maka mahasiswa wajib mengajukan topik baru sampai dengan disetujui oleh tim.
  15. Setiap mahasiswa dibimbing oleh dua orang dosen pembimbing yaitu pembimbing utama dan pembimbing pendamping
  16. Bagian akademik Magister Manajemen  membuat surat keputusan dan surat penugasan pembimbingan tesis
  17. Mahasiswa mengambil surat keputusan dan surat penugasan pembimbingan tesis
  18. Mahasiswa menyerahkan surat keputusan dan surat penugasan pembimbingan tesis kepada dosen pembimbing yang bersangkutan
  19. Mahasiswa menyerahkan draf usul penelitian tesis kepada pembimbing utama
  20. Setiap konsultasi dan bimbingan draf usul penelitian wajib menyertakan kartu kontrol bimbingan tesis dan wajib ditandatangani oleh dosen pembimbing
  21. Mahasiswa melakukan revisi sesuai dengan hasil konsultasi dengan pembimbing utama
  22. Pembimbing utama menyetujui untuk melanjutkan ke pembimbing pendamping.
  23. Pembimbing Pendamping melakukan koreksi draft usul penelitian.
  24. Mahasiswa melakukan perbaikan atas catatan koreksi dari pembimbing pendamping.
  25. Persetujuan Pembimbing Pendamping atas usul penelitian mahasiswa dan dikembalikan kepada Pembimbing Utama.
  26. Pembimbing utama mengusulkan untuk seminar usul penelitian.
  27. Usul penelitian tesis yang telah disetujui oleh tim pembimbing selanjutnya diseminarkan dalam seminar usul penelitian tesis.
  28. Mahasiswa mengambil formulir permohonan seminar usul penelitian di bagian akademik Magister Manajemen
  29. Mahasiswa melengkapi dokumen persyaratan seminar usul penelitian berupa fotocopi kartu konsultasi (yang didalamnya terdapat catatan pembimbing untuk persetujuan seminar proposal) dan fotocopi usul penelitian tesis.
  30. Mahasiswa menyerahkan formulir permohonan seminar usul penelitian beserta dokumen syarat kelengkapannya ke bagian akademik Magister Manajemen
  31. Bagian akademik S2 mengadakan dokumentasi arsip penyusunan permohonan seminar usul penelitian  tesis
  32. Setiap seminar usul penelitian diikuti oleh minimal sepuluh orang peserta seminar, dua orang pembimbing (pembimbing utama dan pembimbing pendamping) dan dua orang dosen penguji.
  33. Rekomendasi hasil seminar merupakan masukan untuk perbaikan usul penelitian, yang harus ditindaklanjuti mahasiswa.
  34. Persetujuan perbaikan hasil seminar ditandatangani oleh tim penguji.
  35. Mahasiswa diperkenankan melakukan penelitian setelah hasil seminar usul penelitian disetujui oleh tim penguji.
  36. Mahasiswa melengkapi dokumen persyaratan pelaksanaan penelitian berupa fotocopi kartu konsultasi (yang didalamnya terdapat catatan pembimbing untuk persetujuan penelitian)
  37. Mahasiswa menyerahkan formulir permohonan permohonan pelaksanaan penelitian beserta dokumen syarat kelengkapannya ke bagian akademik Magister Manajemen
  38. Mahasiswa melakukan proses penelitian dengan mengurus perizinan.
  39. Lama penelitian (pengambilan dan pengumpulan data)  yang dilakukan mahasiswa minimal selama satu bulan (30 hari)
  40. Setiap penelitian wajib dibuktikan dengan surat tanda telah melakukan penelitian dari tempat penelitian.

 

 

5.5.2  Proses penulisan tesis

 

 

Keberadaan standard operating procedure (SOP) proses penulisan tesis.

Penulisan tesis merupakan kewajiban bagi mahasiswa program magister (S2) dalam rangka menyelesaikan studinya. Untuk proses penulisan tesis, Program Studi Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo mengembangkan standard operating procedure (SOP) sebagai upaya untuk memandu dosen dan mahasiswa dalam proses penulisan tesis. Ketersediaan SOP ini pada hakekatnya untuk mempermudah pengawasan dan evaluasi proses penyusunan tesis bagi dosen dan mahasiswa. Secara ringkas SOP penulisan tesis antara lain memuat hal-hal sebagai berikut.

  1. Setiap mahasiswa yang akan melakukan penulisan  tesis disyaratkan telah melakukan penelitian yang dibuktikan dengan surat keterangan telah melakukan penelitian dari tempat penelitian
  2. Tesis disusun dalam bahasa Indonesia
  3. Setiap mahasiswa yang melakukan penulisan tesis memperoleh bimbingan dan konsultasi kepada dua orang dosen pembimbing yaitu pembimbing utama dan pembimbing pendamping
  4. Mahasiswa dapat berkonsultasi mengenai substansi penelitian, metodologi, maupun sistematika penulisan tesis kepada dosen pembimbing.
  5. Penulisan tesis wajib didukung oleh pustaka terbaru yang bersumber dari jurnal ilmiah nasional dan internasional, maupun pustaka yang relevan.
  6. Tata cara dalam penyusunan tesis mengikuti dan sesuai dengan pedoman penulisan tesis yang dikeluarkan oleh Program Studi Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo Setiap konsultasi dan bimbingan penulisan tesis wajib menyertakan kartu kontrol bimbingan tesis dan wajib ditandatangani oleh dosen pembimbing.
  7. Pihak pengelola program studi setiap semester membuat laporan mengenai kegiatan penulisan tesis mahasiswa kepada Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis    Universitas Dr. Soetomo yang akan di cocokkan dengan data yang ada di bagian akademik

 

Keberadaan dan keefektifan lembaga/komisi pelaksana Penulisan Tesis

Agar proses penulisan tesis dapat berjalan lancar dan sesuai SOP, maka dibentuk Komisi Program Studi sebagai unit yang melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan SOP. Komisi Program Studi ini diketuai oleh prof. Moersidin Muklas dan beranggotakan beberapa dosen. Tugas Komisi Program Studi ini adalah mengevaluasi apakah pelaksanaan proses penulisan tesis telah sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan, serta membuat rekomendasi kepada Ketua Program Studi apabila diketemukan penyimpangan dalam pelaksanaan proses penulisan tesis. Sampai saat ini keberadaan Komisi Program Studi sangat efektif dalam mempercepat dan meningkatkan kualitas penulisan tesis.

 

Mekasnisme monitoring dan evaluasi proses penulisan tesis Program Studi Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo

  1. Mahasiswa menyusun laporan hasil penelitian tesis
  2. Mahasiswa menyerahkan draf laporan hasil penelitian tesis kepada pembimbing utama
  3. Mahasiswa melakukan revisi sesuai dengan hasil konsultasi dengan pembimbing utama
  4. Mahasiswa menyerahkan draf revisi hasil penelitian tesis kepada pembimbing utama.
  5. Pembimbing pendamping menyetujui untuk melanjutkan konsultasi ke pembimbing pendamping.
  6. Mahasiswa menyerahkan draf hasil penelitian tesis kepada pembimbing pendamping.
  7. Mahasiswa melakukan revisi sesuai dengan hasil konsultasi dengan pembimbing utama
  8. Mahasiswa menyerahkan draf revisi hasil penelitian tesis kepada pembimbing pendamping.
  9. Dosen pembimbing pendamping memberikan  persetujuan atas penulisan hasil penelitian dan diteruskan kepada dosen pembimbing utama.
  10. Pembimbing utama menyetujui untuk melanjutkan ke ujian tesis

 

 

 

 

 

 

 

 

5.5.3  Kelayakan dosen dalam proses pembimbingan.

 

Keberadaan standard operating procedure (SOP) kelayakan dosen dalam proses pembimbingan.

Guna mewujudkan proses pembimbingan dan hasil tesis yang berkualitas, maka kelayakan dosen pembimbing tesis sangat menentukan. Oleh karenanya Program Studi Magister Manajemen telah membuat dan menetapkan standard operating procedure (SOP) kelayakan dosen pembimbing tesis. SOP tersebut antara lain mengatur hal-hal berikut.

  1. Pembimbing utama adalah dosen berpendidikan S3 dengan kompetensi keilmuan dan keahlian sesuai dengan topik tesis.
  2. Pembimbing pendamping adalah dosen berpendidikan minimal S2 dengan pangkat akademik lektor kepala dengan kompetensi keilmuan dan keahlian sesuai dengan topik tesis.
  3. Beban masing-masing dosen pembimbing dalam satu semester maksimum empat mahasiswa.
  4. Setiap dosen pembimbing wajib menolak permintaan pembimbingan tesis apabila dalam semester berjalan masih membimbing  empat mahasiswa.
  5. Setiap dosen wajib menyediakan waktu untuk konsultasi penulisan tesis sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
  6. Setiap dosen pembimbing wajib memahami dan melaksanakan pembimbingan sesuai dengan buku pedoman penulisan tesis.
  7. Dosen pembimbing dilarang meminta imbalan dalam bentuk apapun kepada mahasiswa.

 

Keberadaan dan keefektifan lembaga/komisi pelaksana monitoring dan evaluasi kelayakan dosen dalam proses pembimbingan.

Pelaksanaan SOP kelayakan dosen selalu dimonitor dan dievaluasi oleh Komisi Program Studi. Upaya monitoring oleh Komisi program Studi dilakukan melalui pencocokan mekanisme pembimbingan dengan SOP yang telah ditetapkan, serta melihat kuesioner isian mahasiswa yang telah lulus yang berisi tentang proses dan mekanisme pembimbingan sesuai SOP.

Di samping itu, Komisi juga memonitor dan mengevaluasi jumlah mahasiswa yang dibimbing oleh dosen guna mengetahui jumlah mahasiswa setiap semester yang dibimbing oleh seorang dosen, yang nantinya digunakan sebagai panduan dalam penetapan dosen pembimbing berikutnya.

 

Mekanisme monitoring dan evaluasi kelayakan dosen dalam proses pembimbingan.

  1. Setiap dosen yang ditunjuk sebagai pembimbing, baik pembimbing utama maupun pembimbing pendamping wajib melakukan bimbingan penulisan tesis sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan
  2. Pembimbingan tesis merupakan kewajiban bagi dosen yang ditunjuk sebagai pembimbing
  3. Setiap penugasan pembimbingan tesis ditetapkan oleh pengelola program studi
  4. Penentuan dosen pembimbing didasarkan pada kesesuaian topik tesis mahasiswa dengan kompetensi atau keahlian yang dimiliki dosen
  5. Penentuan dosen pembimbing juga didasarkan pada jumlah mahasiswa bimbingan seorang dosen.
  6. Dosen pembimbimbing adalah dosen yang secara fungsional telah mempunyai jabatan akademik minimal lektor atau bergelar Doktor.
  7. Pihak pengelola program studi setiap semester membuat laporan mengenai kegiatan pembimbingan tesis setiap dosen kepada Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis    yang akan di cocokkan dengan data yang ada di bagian akademik

 

5.5.4  Ujian akhir studi magister.

 

Keberadaan standard operating procedure (SOP) ujian akhir studi magister.

Guna menjamin kelancaran pelaksanaan ujian akhir/tesis dan standarisasi kegiatan, Program  Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo mengembangkan SOP ujian akhir. SOP ini mengatur  tahapan, prosedur, dan mekanisme ujian akhir. SOP tersebut antara lain berisi ketentuan sebagai berikut.

  1. Setiap mahasiswa yang akan melakukan ujian tesis disyaratkan telah lulus semua mata kuliah dengan IPK minimal 3,0.
  2. Setiap mahasiswa telah menyelesaikan kewajiban administrasi dan keuangan yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Wakil Dekan bidang keuangan.
  3. Setiap mahasiswa telah membuat artikel untuk jurnal ilmiah yang telah disetujui oleh Komisi Program Studi.
  4. Tesis telah disetujui oleh komisi pembimbing.
  5. Tim penguji ditetapkan oleh pengelola program prodi berdasar pada pangkat akademik, gelar akademik,  dan bidang keahlian dan kompetensi dosen.
  6. Pembimbing utama dan pembimbing pendamping secara langsung termasuk dalam tim penguji
  7. Setiap ujian tesis wajib dihadiri oleh keseluruhan tim penguji yang berjumlah empat orang
  8. Ujian tesis dilaksanakan maksimal tujuh hari setelah mahasiswa melengkapai semua persyaratan ujian tesis.
  9. Pihak pengelola program studi setiap semester membuat laporan mengenai kegiatan ujian tesis kepada Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis    guna pencocokan dengan data yang ada di bagian akademik .

 

Keberadaan dan keefektifan lembaga/komisi pelaksana monitoring dan evaluasi ujian akhir:

Guna menjamin kepatuhan pelaksanaan SOP ujian akhir, maka dibentuk Komisi Program Studi untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan SOP ujian akhir. Komisi Program Studi ini diketuai oleh Ketua Program Studi dan beranggotakan dosen berpendidikan S3. Monitoring pelaksanaan ujian akhir/tesis dilaksanakan pada setiap saat pelaksanan ujian akhir dengan mencermati berbagai persyaratan ujian dan kepatuhan pengelola dalam menjalankan SOP ujian akhir. Melalui mekanisme ini maka pelaksanaan ujian akhir /tesis yang diselenggarakan oleh Program Studi Magister Manajemen sampai saat ini sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan, sehingga kualitas dan mutu ujian dapat terjaga dengan baik sesuai standar akademik yang telah ditetapkan.

 

Mekanisme monitoring dan evaluasi ujian akhir:

Mekanisme monitoring dan evaluasi ujian akhir/tesis dilaksanakan sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan, yaitu dengan mencermati ketentuan sebagai berikut.

  1. Mahasiswa mengambil formulir permohonan ujian tesis di bagian akademik Magister Manajemen
  2. Mahasiswa melengkapi dokumen persyaratan ujian tesis berupa fotocopi kartu konsultasi (yang didalamnya terdapat catatan pembimbing untuk persetujuan ujian tesis), transkrip nilai sementara dan fotocopi tesis sebanyak lima rangkap.
  3. Mahasiswa menyerahkan formulir permohonan ujian tesis beserta dokumen syarat kelengkapannya ke bagian akademik
  4. Bagian akademik Magister Manajemen  mengadakan dokumentasi arsip penyusunan permohonan ujian tesis
  5. Bagian akademik menyerahkan permohonan ujian tesis tersebut ke bagian program studi
  6. Pengelola program studi menetapkan nama tim penguji ujian tesis
  7. Pengelola prodi menyerahkan ke bagian akademik Magister Manajemen  daftar nama dosen tim penguji untuk ujian tesis mahasiswa yang bersangkutan
  8. Bagian akademik  Magister Manajemen  menghubungi dosen yang menjadi tim penguji untuk mempertemukan dan menentukan waktu jadwal ujian tesis.
  9. Bagian akademik Magister Manajemen  membuat surat penugasan dan undangan ujian tesis
  10. Mahasiswa mengambil surat penugasan dan undangan ujian tesis dan fotocopi draf tesis
  11. Mahasiswa menyerahkan surat penugasan dan undangan ujian tesis beserta satu rangkap draf usul penelitian kepada setiap dosen tim penguji
  12. Bagian akademik  Magister Manajemen  menyiapkan kelengkapan ujian tesis berupa daftar hadir tim penguji, form penilaian, form catatan perbaikan, form surat pernyataan keaslian tesis, form surat pernyataan waktu revisi tesis, form surat pernyataan sumbangan buku perpustakaan, form hasil penilai dan keputusan ujian tesis.
  13. Pelaksanaan ujian tesis dalam tahap presentasi, tahap tanya jawab, tahap kritik, saran dan masukan, tahap penilaian, tahap keputusan hasil ujian tesis.
  14. Bagian akademik mengumpulkan, mengklasifikasikan dan mendokumentasi semua arsip ujian tesis.
  15. Bagian akademik menyerahkan fotocopi hasil keputusan penilaian,  lembaran catatan perbaikan, form surat pernyataan keaslian tesis, form surat pernyataan waktu revisi tesis dan form surat pernyataan sumbangan buku perpustakaan kepada mahasiswa yang bersangkutan.
  16. Mahasiswa melakukan revisi sesuai dengan hasil keputusan ujian tesis
  17. Mahasiswa menyerahkan kepada tim penguji ujian tesis hasil revisi tesis
  18. Tim penguji menyetujui dan mengesahkan tulisan sebagai suatu tesis
  19. Mahasiswa menjilid tesis
  20. Mahasiswa menyerahkan tesis (dalam bentuk hasil cetak dan CD) dan sumbangan buku ke perpustakaan
  21. Bagian perpustakaan menyerahkan surat keterangan telah menyerahkan tesis dan sumbangan buku kepada mahasiswa
  22. Mahasiswa menyerahkan surat keterangan telah menyerahkan tesis dan sumbangan buku perpustakaan ke bagian akademik Magister Manajemen

 

Komisi Program Studi pada hakekatnya melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan SOP di atas. Tim Monev mampu menemukan  Penyimpangan yang bisa terjadi antara lain: Pelaksanaan ujian lebih menyerupai perbaikan tesis atau Kehadiran komisi penguji tidak lengkap.

 

 

5.6  Upaya Peningkatan Suasana Akademik

Berikan gambaran yang jelas mengenai upaya dan kegiatan untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif di lingkungan PS, khususnya mengenai hal-hal berikut:

 

  1. Uraikan kebijakan tentang suasana akademik (otonomi keilmuan, kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, kemitraan dosen-mahasiswa). Siapkan dokumen terkait.

 

Kebijakan tentang suasana akademik Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo

Kebijakan tentang suasana akademik telah tertuang dalam peraturan akademik Universitas Dr. Soetomo. Peraturan akademik Universitas Dr. Soetomo didalamnya telah menjelasakan tentang (1) otonomi keilmuan, (2) kebebasan akademik, (3) dan kebebasan mimbar akademik. Kegiatan akademik diatur sedemikian rupa sehingga kompetensi lulusan sesuai yang diharapkan dapat tercapai. Aktivitas yang meliputi kelas konvensional dan interaksi langsung dengan pengguna dan masyarakat dibuat dengan sistematis dan komprehensif meliputi semua materi ajar yang dikelola oleh Program Studi Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo. Kegiatan akademik dilangsungkan penuh dalam satu tahun ajaran dan dicantum dalam kalender akademik sehingga semuanya berlangsung secara terjadwal. Bidang keilmuan yang diampu masing-masing dapat direvisi, ditambah maupun dikurangi muatannya setelah mendapat persetujuan melalui berbagai rapat konsultasi dan pertimbangan. Mahasiswa disarankan untuk mampu menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dan dibebaskan untuk menggunakan seluruh fasilitas kampus untuk menunjang peningkatan keilmuan.

 

  1. Otonomi keilmuan

      Dosen memiliki kebebasan untuk mengembangkan ilmu, teknologi dan/atau pengetahuan sesuai norma dan kaedah keilmuan dalam rangka menunjang kebijakan akademik dan menciptakan suasana akademik yang menjunjung tinggi otonomi keilmuan pada Program Studi Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo. Selain itu melalui otonomi keilmuan, dosen memiliki hak otonom untuk menentukan kelulusan dan penilaian kepada mahasiswa sebagai hasil proses pembelajaran. 

      Program Studi Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo melaksanakan pengelolaan otonomi pendidikan tinggi yang akuntabel, berdasar azas keadilan dan keterbukaan, memanfaatkan kecerdasan dan kebijakan kolektif seluruh sivitas akademikanya, dengan sasaran terwujudnya budaya dan sistem mutu secara menyeluruh.

       Progran pendidikan, kegiatan penelitian dan kegiatan pengabdian  masyarakat diselenggarakan dengan menjunjung tinggi kebebasan akademik, kebebasan  mimbar akademik berdasarkan nilai – nilai  kebangsaan dan ketaqwaan.

 

  1. Kebebasan Akademik

       Kebebasan akademik merupakan kebebasan yang dimiliki anggota civitas akademika yang terkait dengan pendidikan. Kebebasan akademik  adalah hak seorang dosen  untuk mengajar dan hak seorang mahasiswa untuk belajar  tanpa adanya pembatasan . Kebebasan akademik bagi seorang mahasiswa  untuk belajar adalah hak untuk memperoleh pengajaran yang benar,  hak untuk membangun  pandangan sendiri atas dasar studi yang dilakukan, hak untuk mendengarkan dan menyatakan pendapat , hak untuk  menyebarkan hal-hal yang rasional.

       Kebebasan akademik bagi dosen Program Sudi Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo meliputi hak untuk mengembangkan metode pengajaran, hak untuk pemutakhiran materi pengajaran dan hak untuk penerapan kasus-kasus dan isus-isu baru dalam proses pembelajaran serta hak yang terkait dengan  kegiatan pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan secara bertanggung jawab dan mandiri.

      Sementara kebebasan akademik bagi mahasiswa Program Program Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo meliputi hak untuk memperoleh pengajaran yang benar, hak untuk membangun pandangan sendiri atas dasar studi yang dilakukan, hak untuk mendengarkan dan menyatakan pendapat, serta hak untuk menyebarkan hal-hal yang rasional sebagai buah dari telaah yang dilakukannya dalam proses pembelajaran dalam kelas.

 

  1. Kebebasan mimbar akademik

      Kebebasan mimbar akademik pada Program Studi Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo meliputi kebebasan yang dimiliki dosen untuk menyampaikan pikiran dan pendapat melalui forum akademik sesuai dengan norma dan kaidah keilmuan, seperti berpartisipasi dalam seminar, ceramah, simposium, diskusi panel, dan ujian dalam rangka pelaksanaan pendidikan akademik yang profesional.

      Kebebasan akademik adalah  kebebasan yang dimiliki dosen untuk menyampaikan pikiran  dan pendapatnya  melalui forum  akademik di perguruan tinggi  sesuai dengan  norma dan kaidah keilmuan. Kebebasan akademik dilaksanakan dalam pertemuan ilmiah dalam bentuk seminar, ceramah, dan loka karya dalam rangka pelaksanaan pendidikan akademik. Pelaksaan kebebasan akademik dan kebebasan mimbar akademik  diarahkan untuk menetapkan  terwujudnya pengembangan ilmu pengetahuan dalam rangka pengembangan ilmu manajemen  secara nasional.

       Para dosen selalu didorong untuk mengembangkan suasana akademik yang positif melalui berbagai workshop tentang kurikulum dan isu-isu terkait, misalnya tentang pendidikan inklusif, pembelajaran aktif, inovasi pembelajaran, diklat teater, penulisan naskah dan workshop penulisan buku ajar. Para dosen dan mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti yang diadakan program studi, fakultas, maupun universitas. Para dosen juga didorong untuk melakukan penelitian dan mempublikasikan penelitiannya, baik melalui jurnal ilmiah. Diskusi ilmiah  bulanan tentang pembelajaran di tingkat fakultas juga diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi ilmiah antardosen. Di samping itu, para dosen juga didorong untuk berpartisipasi dalam seminar dan pertemuan ilmiah tingkat nasional maupun internasional, meskipun masih sangat terbatas karena keterbatasan dana penunjang.

 

  1. Kemitraan dosen-mahasiswa

      Dalam upaya meningkatkan suasana akademik, Program Studi Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo telah mengembangkan hubungan kemitraan dosen dengan mahasiswa. Mahasiswa selain melakukan kegiatan interaksi akademik dan non-akademik, mereka juga aktif dalam kegiatan-kegiatan seminar dan diskusi yang melibatkan dosen dan mahasiswa. Selain itu banyak juga mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat, dalam konteks penyusunan tesis. Kegiatan-kegiatan seperti ini sangat banyak membantu kemitraan dosen-mahasiswa dalam mengembangkan dan meningkatkan wawasan dan kemampuan ilmiah.

 

Pengembangan suasana akademik berorientasi pada kemandirian mahasiswa untuk mengembangkan keilmuan, meningkatkan kreativitas dan inovasi di bawah bimbingan dan pengawasan dosen. Target dari pengembangan suasana akademik yang kondusif yaitu terciptanya hubungan harmonis dan bernuansa keilmuan.

Kegiatan dan sarana yang dikembangkan meliputi :

1. Memaksimalkan dan memanfaatkan ruangan dosen.

2. Memaksimalkan dan memanfaatkan ruangan diskusi

3. Membiasakan mahasiswa untuk menggunakan sarana Laboratorium

 

Riset dan pengembangan keilmuan

1. Merangsang dosen dan mahasiswa dalam kajian penelitian.

2. Melibatkan dosen dan mahasiswa dalam setiap kajian dan diskusi keilmuan.

3. Melibatkan dosen dan mahasiswa dalam pelatihan penelitian dan karya ilmiah.

 

 

 

 

 

  1. Jelaskan ketersediaan dan kelengkapan jenis prasarana (laboratorium, ruang kerja mahasiswa, ruang seminar, perpustakaan, common room, prasarana olah raga dan seni, ibadah dll.), sarana (koleksi jurnal ilmiah dan buku, akses internet, fasilitas komputer,  fasilitas lab., sarana olah raga dan seni dll.) dan dana yang memungkinkan terciptanya interaksi akademik antara sivitas akademika

 

 

Prasarana:

Sebagai bagian dari sebuah perguruan tinggi, Program Studi Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo dalam pelaksanaan interaksi antara sivitas akademika  didukung oleh prasarana yang sangat lengkap. Prasarana tersebut adalah gedung kuliah yang nyaman yang dilengkapi dengan sarana AC dan jaringan internet yang memadai

Ruang terbuka Mahasiswa tersedia di Program Studi Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo yang berfungsi sebagai tempat mahasiswa untuk melakukan aktivitas akademik di luar kuliah. Misalnya kegiatan akses internet yang dilengkapi Wifi dan penelusuran jurnal ilmiah.

Ruang seminar dengan kapasitas 100 orang dapat digunakan mahasiswa untuk menyelenggarakan seminar dan lokakarya. Di samping itu ruang seminar ini juga digunakan oleh para mahasiswa di luar jam kuliah untuk mendiskusikan tugas-tugas kelompok yang diberikan oleh dosen. Ruang seminar ini dilengkapi dengan LCD projector dan fasilitas lainnya seperti komputer dan air conditioner

 

Perpustakaan

Gedung Perpustakaan yang sangat representatif dan nyaman tersedia bagi mahasiswa. Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen dapat menggunakan dua perpustakaan. Pertama, perpustakaan yang berlokasi di kompleks gedung F lantai I dengan koleksi pustaka untuk berbagai disiplin ilmu. Perpustakaan ini dapat diakses oleh seluruh mahasiswa Universitas Dr. Soetomo  dari berbagai fakultas dan jenjang pendidikan. Kedua, perpustakaan Magister Manajemen   yang berlokasi di kompleks kampus gedung H lantai IV, termasuk mahasiswa Program Studi Magister Manajemen. Koleksi perpustakaan ini sebagian adalah buku dan jurnal ilmiah dalam bidang Manajemen . Di perpustakaan ini juga disediakan komputer yang terkoneksi internet sebagai fasilitas bagi mahasiswa untuk mencari referensi dan sumber pembelajaran lainnya melalui internet.

 

Prasarana Ibadah:

Program Studi Magister Manajemen  memiliki mushola yang dapat digunakan oleh dosen, mahasiswa, maupun tenaga kependidikan untuk melaksanakan ibadah. Dengan luas 30 meter persegi, mushola tersebut dapat menampung cukup banyak mahasiswa dan dosen secara bersamaan. Di samping itu, terdapat masjid kampus Universitas Dr. Soetomo  yang berjarak 50 meter dari gedung Program Studi Magister Manajemen dengan luas kurang lebih 500 meter persegi yang dapat menampung 700 jamaah .

 

 

Prasarana Kesehatan:

Program Studi Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo didukung dengan prasarana kesehatan berupa Poliklinik UNITOMO, yang berjarak 25 meter dari gedung Program Studi Magister Manajemen. Poliklinik tersebut dilengkapi ddengan dokter-dokter pengalaman dan memiliki fasilitas yang memadai untuk digunakan oleh mahasiswa.

 

 

Sarana:

 

Koleksi jurnal ilmiah dan buku:

 

Program Studi Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo memiliki perpustakaan yang berisi buku dan jurnal ilmiah internasional yang bersumber dari electronic book dan electronic journal..  Disamping itu, perpustakaan dilengkapi buku/teks book, majalah ilmiah/jurnal ilmiah, majalah popular, tesis, serta CD room. Terdapat .500 judul buku-buku teks bahasa Indonesia dan Inggris yang merupakan buku wajib dari Program Studi. Seluruh transaksi penelusuran, peminjaman dan pengembalian telah memanfaatkan teknologi informasi.

Upaya meningkatkan jumlah koleksi buku dan jurnal secara rutin dilaksanakan pengadaan buku secara berkala dengan membeli, dan dari informasi dari perpustakaan lain, Lembaga-Lembaga Penelitian, dan lain sebagainya. Disediakan dana rutin untuk pengadaan dan pemeliharaan bahan pustaka setiap tahunnya.

 

Akses internet:

Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo menyediakan akses internet bagi dosen dan mahasiswa dengan cara menyediakan hotspot area  dengan teknologi Wi-Fi. Setiap dosen dan mahasiswa mempunyai login akses untuk masuk ke jaringan internet. Akses internet tersedia selama 24 jam non stop.  

 

 

Fasilitas komputer:

Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo mempunyai fasilitas komputer baik untuk keperluan administrasi maupun perkuliahan. Pada setiap ruang kelas, disediakan satu unit komputer/Laptop untuk memfasilitasi proses belajar mengajar. Komputer/Laptop ini dapat digunakan untuk akses berbagai referensi kuliah dan sumber pembelajarannya lainnya yang tersedia di internet.

 

 

Fasilitas laboratorium:

Program Studi Magister Manajemen memiliki Laboratorium komputer yang terpusat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Selain itu, lingkungan kantor yang asri dan penataan lahan parkiran turut memberi kontribusi dalam menciptakan suasana yang nyaman dan aman. Kondisi ini akan memberikan  nilai kompetitif Program Studi Magister Manajemen  Universitas Dr. Soetomo tersendiri bila dibanding dengan kondisi gedung pendidikan perguruan tinggi lain  dalam hal lokasi, kelengkapan koleksi perpustakaan, dan sistem informasi. Selain itu, minat institusi lain/civitas akademika menggunakan sarana dan prasarana untuk kegiatan ilmiah dan kerjasama pendidikan dengan perguruan tinggi/instansi lain terus meningkat.

 

 

Ketersediaan dan jenis prasarana yang memungkinkan terciptanya interaksi akademik antara sivitas akademika.

Forum dialog akademik Program Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo dengan mahasiswa juga merupakan sarana interaksi akademik untuk mendengar aspirasi langsung dari mahasiswa dan diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis   .beserta Program Studi  sebagai salah satu sarana evaluasi. Selain itu, sebagian besar mahasiswa juga dilibatkan dalam kegiatan bakti sosial, training,  forum diskusi ilmiah, seminar serta pelatihan dan sebagainya, yang melibatkan dosen sebagai pembimbing, pendamping maupun pemateri kegiatan.

Kelompok mahasiswa merupakan sarana interaksi antar mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi ataupun ide-ide baik pada pertemuan atau rapat yang secara rutin ataupun tidak diagendakan dalam program kerja mereka. Melalui wadah ini, mahasiswa juga menjalin kerjasama dan hubungan yang baik bukan hanya antar teman seangkatan tetapi juga dengan mahasiswa angkatan lainnya terkait dengan pelaksanaan kegiatan Program Kerja. Selain itu, adanya kuliah bersama memungkinkan  mahasiswa  berinteraksi   satu   sama  lain.   Mahasiswa  yang tergabung dalam satu topik penelitian untuk tugas akhir juga diharuskan untuk mampu berkoordinasi dengan baik intra maupun antar kelompok dalam upaya penyelesaian penelitian tepat waktu.

 

Ketersediaan dan jenis dana yang memungkinkan terciptanya interaksi akademik antara sivitas akademika.

Dana untuk pengembangan yang memungkinkan terciptanya interaksi akademik antar sivitas akademika diperoleh dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis   , Universitas dan Yayasan Pendidikan Cendekia Utama, sehingga interaksi yang terjalin dalam kegiatan akademik dapat berjalan dengan lancar baik itu antara mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan maupun alumni sebagai bagian dari civitas academica.

Selain didukung dana yang memadai, saat ini Rektor Universitas Dr. Soetomo telah memberikan  kebijakan bahwa  untuk kegiatan seminar disediakan dana insentif untuk skala internasional sebesar Rp. 10.000.000, kegiatan skala nasional sebesar Rp. 5.000.000 dan tingkat lokal sebesar Rp. 2.500.000 untuk setiap kegiatan

 

 

 

  1. Jelaskan interaksi akademik berupa program dan kegiatan di dalam dan di luar proses pembelajaran, yang dilaksanakan baik di dalam maupun di luar kelas,  untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif (misalnya seminar, simposium, lokakarya, bedah buku, penelitian bersama, pengenalan kehidupan kampus, dan temu dosen-mahasiswa-alumni).

 

Untuk menciptakan interaksi suasana akademik yang kondusif, telah dilaksanakan berbagai program dan kegiatan di dalam dan di luar proses pembelajaran. Kegiatan tersebut meliputi seminar, simposium, dan lokakarya tingkat nasional maupun internasional, diskusi panel, kuliah tamu dari lembaga/institusi dalam dan luar negeri, bedah buku, penelitian bersama,  temu dosen-mahasiswa-alumni, dan sebagainya.

Program Studi menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti menyelenggarakan seminar setahun dua kali, seminar dan diskusi juga dilaksanakan secara rutin, bedah buku, diskusi publik, serta pelatihan/training. Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk menjadi pemakalah/pemateri dalam kegiatan diskusi publik atau seminar. Pelaksanaan rangkaian kegiatan tersebut untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif.  Adapun pembicara atau instruktur kegiatan tersebut, berasal dari dosen program studi, fakultas, universitas, juga mahasiswa dan alumni. Kemudian pembicara atau instruktur juga berasal dari para ahli, pakar, praktisi dan akademisi/ilmuan yang berasal dari luar baik tingkat lokal, dan nasional. Mahasiswa sering pula diikutkan dalam kegiatan penelitian yang dilakukan oleh dosen.

Untuk mendukung suasana akademik Ketua Program melalui Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, maka ada  kewajiban bagi setiap angkatan untuk mengadakan kegiatan ilmiah. Disamping Ketua Program Studi juga mewajibkan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ilmiah yang dapat berupa seminar, diskusi, bedah buku, dan sebagainya baik yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis    maupun Universitas Dr. Soetomo. Kegiatan yang terpantau oleh program studi Magister Manajemen antara lain :

1. Seminar nasional Upaya meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2014 tanggal 23 Desmemberi  2014 di RM Soemantri UNITOMO.

 3. Seminar “Tantangan dan peluang perlindungan hak cipta di Indonesia menghadapi ASEAN economic Comunity tanggal 19 Maret 2015 di Unitomo

Program Studi juga memfasilitasi program orientasi mahasiswa baru di tingkat program studi dalam bentuk Malam Keakraban. Dalam kegiatan ini mahasiswa baru diberikan berbagai materi baik tentang ketentuan-ketentuan yang berlaku bagi mahasiswa, pengenalan pimpinan program studi, berbagai kegiatan akademik, proses belajar mengajar yang berlangsung, serta fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh Program Studi. Materi-materi yang diberikan dalam orientasi tersebut diberikan oleh pimpinan  program studi. Pada saat Malam keakraban juga sekaligus diadakan acara temu Alumni Program Studi Magister Manajemen, sehingga mahasiswa baru juga bisa mendapat tambahan wawasan dan pengalaman dari para alumni.

Kelompok mahasiswa merupakan sarana interaksi antar mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi ataupun ide-ide baik pada pertemuan atau rapat yang secara rutin ataupun tidak diagendakan dalam program kerja mereka. Melalui wadah ini, mahasiswa juga menjalin kerjasama dan hubungan yang baik bukan hanya antar teman seangkatan tetapi juga dengan mahasiswa angkatan lainnya terkait dengan pelaksanaan kegiatan Program Kerja. Selain itu, adanya kuliah bersama memungkinkan  mahasiswa  berinteraksi   satu   sama  lain.   Mahasiswa  yang tergabung dalam satu topik penelitian untuk tugas akhir juga diharuskan untuk mampu berkoordinasi dengan baik intra maupun antar kelompok dalam upaya penyelesaian penelitian tepat waktu.

 

 

 

  1. Jelaskan upaya PS untuk mengembangkan perilaku kecendekiawanan dalam hal kepedulian terhadap lingkungan dan kemampuan untuk memberikan  tanggapan dan solusinya.

 

Upaya PS untuk mengembangkan perilaku kecendekiawanan dalam hal kepedulian terhadap lingkungan dan kemampuan untuk memberikan  tanggapan dan solusinya.

Perilaku kecendekiawanan yang terejawantahkan dalam atmosfer akademik di Program Studi Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo berorientasi pada perubahan pola pikir serta tindakan yang dapat berdaya guna maupun berhasil guna paling tidak untuk diri sendiri dan lebih lagi bagi masyarakat.

Untuk meningkatkan perilaku kecendekiawanan bagi mahasiswa, Program Studi Magister Manajemen Universitas Dr. Soetomo menyelenggarakan berbagai kegiatan yang terkait dengan pendidikan, pelestarian lingkungan, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan masalah ekonomi, politik, sosial budaya dan lingkungan lainnya, baik melalui diskusi maupun kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Sebagai contoh, setiap hari raya keagamaan, mahasiswa dan dosen juga menyalurkan zakat dan kurban kepada masyarakat sekitar kampus yang dipandang membutuhkan. Berbagai kegiatan di atas dipandang efektif dalam upaya mengembangkan perilaku kecendekiawanan mahasiswa, karena kegiatan tersebut langsung menyentuh persoalan dan masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Di samping itu Dosen juga terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat, baik yang bersifat insidental maupun yang terprogram. Khususnya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menyangkut upaya pmemberi dayaan masyarakat. Perilaku kencendekiawanan merupakan perilaku civitas akademika yang selalu memiliki sikap hidup yang terus menerus untuk meningkatkankan kemampuan  berfikir. Untuk mengembangkan  perilaku kecendekiawanan berbagai upaya sudah dilakukan  oleh Program Studi antara lain :

 

1. Kegiatan penanggulangan kemiskinan.

    Sebagai bagian dari civitas akademika Universitas Dr. Soetomo yang mempunyai slogan sebagai kampus  kebangsaan dan kerakyatan, maka program studi Magister Manajemen juga mempunyai kewajiban yang besar terhadap kemajuan masyarakat disekitarnya. Program studi Magister Manajemen mempunyai program bagaimana ikut menanggulangi kemiskinan yang saat ini mulai mendera masyarakat. Sebagai bukti nyata penanggulangan kemiskinan masyarakat, program studi beserta sivitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis    terjun langsung ke daerah sebagai Tim Pengarah dalam kegiatan KKN-Pembelajaran pemberdayaan Masyarakat di Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan tahun 2016.

 

2.. Pelestarian lingkungan.

     Pelestarian lingkungan tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, pengusaha dan masyarakat saja, tetapi juga tidak terkecuali masyarakat kampus. Program studi Magister Manajemen yang di wakili oleh beberapa dosen dalam penanaman mangrove di daerah surabaya timur bekerjasama dengan pemerintah kota Surabaya.

 

3. Kegiatan penanggulangan masalah  ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan lainnya.

     Kegiatan penanggulangan masalah yang ada dimasyarakat bukanlah semudah membalik telapak tangan. Namun demikian sivitas akademika program studi Magister Manajemen dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis    Universitas Dr. Soetomo bertekat untuk menjadi program studi yang dapat abermanfaat bagi masyarakat luas. Berbagai kegiatan sosial telah seringkali dilaksanakan demi membatu dan meringankan beban masyarakat baik disekitar kampus maupun diluar Surabaya. Kegiatan yang terpantau oleh program studi Magister Manajemen Antara lain :

1. Ikut berpartisipasi dalam Penanggulangan Bencana  untuk korban bencaana gunung Kelud tahun bulan Pebruari tahun 2014 di Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang dengan mengumpulkan dana dan sumbangan lainnya melalui tim Universitas Dr. Soetomo

2. Memberikan  bantuan pada anak yatim di beberapa panti asuhan terutama pada saat acara dies natalis Universitas DR. Soetomo

3. Memberikan  bantuan daging kurban sumbagan dari Civitas Akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis    Unversitas Dr. Soetomo kepada masyarakat disekitar kampus Universitas Dr. Soetomo setiap tahun pada saat Hari Raya Idhul Adha.

 

Kalender Akademik Program Studi Magister Manajemen