Kurikulum Prodi Ekonomi Pembangunan
5.1 Kurikulum
Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.
Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.
Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.
5.1.1 Kompetensi
Kepmen Diknas No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi dalam pasal 1dijelaskan bahwa kompetensi adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggung jawab, yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pekerjaan tertentu.
Pada pasal 2 merinci kompetensi hasil didik yang terdiri atas: a) kompetensi utama, b) kompetensi pendukung, dan c) kompetensi lain yang bersifat khusus dan gayut dengan kompetensi utama. Kompetensi terdiri atas beberapa elemen sebagai berikut: landasan kepribadian, penguasaan ilmu dan ketrampilan, kemampuan berkarya, sikap dan perilaku berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan ketrampilan yang dikuasai, pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian berkarya.
5.1.1.1 Uraikan secara ringkas kompetensi utama lulusan
Lulusan Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Dr Soetomo diharapkan memiliki kompetensi utama sebagai berikut:
Kompetensi utama lulusan program studi Ekonomi Pembangunan adalah pemahaman, kepekaan dan mempunyai daya tanggap terhadap perubahan dan masalah ekonomi untuk dapat mengambil keputusan dan langkah-langkah yang tepat.
Pada level menengah dalam kompetensi utama lulusan prodi ekonomi pembangunan mempunyai ketrampilan intelektual dan praktika, yaitu :
Sikap dan perilaku etis diharapkan lulusan ekonomi pembangunan menjunjung tinggi norma moral, norma hukum, norma sopan santun, dan etika profesi serta mengembangkan kejujuran, kedisiplinan, keingintahuan, daya kritis, kepercayaan diri, kemandirian, kematangan emosi, kooperatif, dapat dipercaya, dan empati
|
5.1.1.2 Uraikan secara ringkas kompetensi pendukung lulusan
Kompetensi pendukung yang diharapkan dari lulusan Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Dr. Soetomo antara lain:
|
5.1.1.3 Uraikan secara ringkas kompetensi lainnya/pilihan lulusan
kompetensi utama dan pendukung lulusan Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Dr. Soetomo juga harus didukung dengan kompetensi lainnya yang meliputi:
|
Catatan: Pengertian tentang kompetensi utama, pendukung, dan lainnya dapat dilihat pada Kepmendiknas No. 045/U/2002.
5.1.2 Struktur Kurikulum
5.1.2.1 Jumlah sks PS (minimum untuk kelulusan) : 148 sks dari total 178 yang tersusun sebagai berikut:
No. |
Jenis Mata Kuliah |
SKS |
Keterangan |
|
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
|
1 |
MATA KULIAH WAJIB
|
142 |
Terbagi dalam : |
|
2 |
MATA KULIAH PILIHAN |
6 |
Tersedia mata kuliah pilihan sebanyak 36 SKS, terdiri dari |
|
TOTAL |
148 |
|
5.1.2.2 Tuliskan struktur kurikulum berdasarkan urutan mata kuliah (MK) semester demi semester, dengan mengikuti format tabel berikut:
Smt |
Kode MK |
Nama Mata Kuliah * |
Bobot sks |
sks MK dlm Kurikulum |
Bobot Tugas *** |
Kelengkapan **** |
Unit/Jur/Fak |
||||
Inti ** |
Institusional |
Deskripsi |
Silabus |
SAP |
|||||||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
(9) |
(10) |
(11) |
|
I |
MPK001 |
Pendidikan Agama |
3 |
|
√ |
|
√ |
√ |
√ |
Universitas |
|
MPK 002 |
Bahasa Indonesia |
3 |
|
√ |
|
√ |
√ |
√ |
Universitas |
||
MPK 003 |
Pendidikan Pancasila |
3 |
|
√ |
|
√ |
√ |
√ |
Universitas |
||
PE3109 |
Pengantar Bisnis |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
MPK007 |
Pendidikan Anti Korupsi |
1 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE3107 |
Pengantar Akuntansi I |
2 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE2101 |
Matematika Ekonomi & Bisnis |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE3101 |
Pengantar Ekonomi Mikro |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
Total SKS |
21 |
|
|||||||||
II |
PE2213 |
Pengantar Aplikasi Komputer & Internet |
2 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
PE3208 |
Pengantar Akuntansi II |
2 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4216 |
Hukum Bisnis |
2 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE3302 |
Pengantar Ekonomi Makro |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE3203 |
Teori Ekonomi Mikro I |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE3210 |
Pengantar Manajemen |
2 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
MPK 005 |
Kewirausahaan dan Koperasi |
2 |
|
√ |
|
√ |
√ |
√ |
Universitas |
||
PE1208 |
Bahasa Inggris Ekonomi |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
Tolal SKS |
19 |
|
|||||||||
III |
MPK004 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
3 |
|
√ |
|
√ |
√ |
√ |
Universitas |
|
PE4301 |
Pengantar Ekonomi Pembangunan |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE2314 |
Statistik I |
2 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE3305 |
Teori Ekonomi Makro I |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4313 |
Ekonomi Internasional |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE5305 |
Sosiologi Politik |
2 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
MPK006 |
Manajemen Bencana & Lingkungan |
1 |
|
√ |
|
√ |
√ |
√ |
Universitas |
||
PE4314 |
Ekonomi Pengangkutan |
2 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
Total SKS |
19 |
|
|||||||||
IV |
PE2415 |
Statistik II |
2 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
PE4417 |
Ekonomi Perkotaan |
2 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE2402 |
Matematika Ekonomi Lanjutan |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE3404 |
Teori Ekonomi Mikro II |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4402 |
Ekonomi Publik I |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4415 |
Bank & Lembaga Keuangan Lainnya |
2 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE2407 |
Perencanaan Pembangunan Ekonomi |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE5402 |
Perekonomian Indonesia |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
Total SKS |
21 |
|
|||||||||
V |
PE2505 |
Ekonometrika |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
PE2503 |
Sistem Ekonomi |
2 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4503 |
Ekonomi Publik II |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE3506 |
Teori Ekonomi Makro II |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE2506 |
Evaluasi Proyek |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4519 |
Agrobisnis |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4507 |
Ekonomi Regional |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
Total SKS |
20 |
|
|||||||||
VI |
PE4604 |
Ekonomi Moneter |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
PE2612 |
Metodologi Penelitian |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4605 |
Ekonomi Sumber Daya Manusia & Ketenaga Kerjaan (1) |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE2611 |
Manajemen Perbankan |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE2610 |
E - commerce |
2 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE5603 |
Kuliah Kerja Nyata |
1 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE2604 |
Sejarah Pemikiran Ekonomi |
2 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE2612 |
Pasar Modal dan Analisis Investasi (2) |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE2613 |
Kebijakan Fiskal dan Moneter (3) |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
TOTAL SKS |
17 |
|
|||||||||
VII |
A. Konsentrasi Pengembangan Ekonomi Regional |
||||||||||
PE4706 |
Ekonomi Industri |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE2709 |
Analisis Optimasi |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4708 |
Ekonomi Kependudukan |
2 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE2708 |
Perencanaan Pengembangan Ekonomi Regional |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4718 |
Ekonomi Keuangan Daerah |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4709 |
Masalah & Kebijakan Pembangunan (1) |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4712 |
Manajemen Investasi Daerah Otonomi (2) |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4714 |
Manajemen Pendapatan dan Belanja Daerah (3) |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
Total SKS |
17 |
|
|||||||||
VII |
B. Konsentrasi Bisnis Internasional |
||||||||||
PE4706 |
Ekonomi Industri |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE2709 |
Analisis Optimasi |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4716 |
Ekonomi Perdaganan Internasioal |
2 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE2716 |
Keuangan dan Pembiayaan Internasional |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4715 |
Ekonomi Moneter Internasional |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4713 |
Manajemen Ekspor Impor (1) |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4711 |
Ekonomi Global (2) |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4710 |
Lingkungan Internasional (3) |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
Total SKS |
17 |
|
|||||||||
C. Konsetrasi Moneter |
|||||||||||
PE4706 |
Ekonomi Industri |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE2709 |
Analisis Optimasi |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4715 |
Ekonomi Moneter Internasional |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4717 |
Teori Portofolio dan Analisis Investasi |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4719 |
Kebanksentralan
|
2 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4720 |
Ekonomi Moneter II (1) |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4721 |
Ekonomi Keuangan (2) |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE 4722 |
Manajemen Keuangan (3) |
3 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
Total SKS |
17 |
|
|||||||||
VIII |
A. Konsentrasi Pengembangan Ekonomi Regional
|
||||||||||
PE5801 |
Praktek Kerja Lapangan Study Banding |
1 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4810 |
Seminar Ekonomi Industri |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4811 |
Seminar Perencanaan Pengembangan Ekonomi Regional |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE4812 |
Seminar Ekonomi Keuangan Daerah |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
PE5804 |
Skripsi |
4 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
||
Total SKS |
14 |
|
|
|
|
|
|
|
|||
VIII |
B. Konsentrasi Bisnis Internasional
|
||||||||||
|
PE5801 |
Praktek Kerja Lapangan / Study Banding |
1 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
|
PE4820 |
Seminar Ekonomi Perdagangan Internasional |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
|
PE4821 |
Seminar Moneter Internasional |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
|
PE4822 |
Seminar Keuangan Dan Pembiayaan Internasional |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
|
PE5804 |
Skripsi |
4 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
|
Total SKS |
14 |
|
|
|
|
|
|
|
||
VIII |
C. Konsentrasi Moneter |
||||||||||
|
PE5801 |
Praktek Kerja Lapangan / Study Banding |
1 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
|
PE4823 |
Seminar Ekonomi Moneter Internasional |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
|
PE4824 |
Seminar Teori Portofolio dan Analisis Investasi |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
|
PE4825 |
Seminar Kebanksentralan |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
|
PE5804 |
Skripsi |
4 |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
|
Total SKS |
14 |
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Total SKS I-VIII |
148 |
|
|
|
|
|
|
|
||
* Tuliskan mata kuliah pilihan sebagai mata kuliah pilihan I, mata kuliah pilihan II, dst. (nama-nama mata kuliah pilihan yang dilaksanakan dicantumkan dalam tabel 5.1.3.)
** Menurut rujukan peer group / SK Mendiknas 045/2002 (ps. 3 ayat 2e)
*** Beri tanda √ pada mata kuliah yang dalam penentuan nilai akhirnya memberikan bobot pada tugas-tugas (praktikum/praktek, PR atau makalah) ≥ 20%.
****Beri tanda √ pada mata kuliah yang dilengkapi dengan deskripsi, silabus, dan atau SAP. Sediakan dokumen pada saat asesmen lapangan.
5.1.3 Tuliskan mata kuliah pilihan yang dilaksanakan dalam tiga tahun terakhir, pada tabel berikut:
Semester |
Kode MK |
Nama Mata Kuliah (pilihan) |
Bobot sks |
Bobot Tugas * |
Unit/Jur/Fak Penyelenggara |
|
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
|
VI |
PE4605 |
Ekonomi Sumber Daya Manusia & Ketenaga Kerjaan |
3 |
√ |
Program Studi |
|
PE2612 |
Pasar Modal dan Analisis Investasi |
3 |
√ |
Program Studi |
||
PE2613 |
Kebijakan Fiskal dan Moneter |
3 |
√ |
Program Studi |
||
VII |
Konsentrasi Pengembangan Ekonomi Regional |
|||||
PE4709 |
Masalah & Kebijakan Pembangunan |
3 |
√ |
Program Studi |
||
PE4712 |
Manajemen Investasi Daerah Otonomi |
3 |
√ |
Program Studi |
||
PE4714 |
Manajemen Pendapatan dan Belanja Daerah |
3 |
√ |
Program Studi |
||
Konsentrasi Bisnis Internasional |
||||||
PE4713 |
Manajemen Ekspor Impor |
3 |
√ |
Program Studi |
||
PE4711 |
Ekonomi Global |
3 |
√ |
Program Studi |
||
PE4710 |
Lingkungan Internasional |
3 |
√ |
Program Studi |
||
Konsentrasi Moneter |
||||||
|
PE4720 |
Ekonomi Moneter II |
3 |
√ |
Program Studi |
|
PE4721 |
Ekonomi Keuangan |
3 |
√ |
Program Studi |
||
PE 4722 |
Manajemen Keuangan |
3 |
√ |
Program Studi |
||
Total SKS |
27 |
|
|
* beri tanda √ pada mata kuliah yang dalam penentuan nilai akhirnya memberikan bobot pada tugas-tugas (praktikum/praktek, PR atau makalah) ≥ 20%.
5.1.4 Tuliskan substansi praktikum/praktek yang mandiri ataupun yang merupakan bagian dari mata kuliah tertentu, dengan mengikuti format di bawah ini:
No. |
Nama Praktikum/ Praktek |
Isi Praktikum/Praktek |
Tempat/Lokasi Praktikum/Praktek |
|
Judul/Modul |
Jam Pelaksanaan |
|||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
1 |
Aplikasi Komputer Internet |
1. Microsoft Windows 2. Microsoft Word 3. Microsoft Excel 4. Microsoft Power Point 5. Pembuatan Blog |
1,5 1,5 1,5 1,5 1,5 |
Laboratorium Komputer Laboratorium Komputer Laboratorium Komputer Laboratorium Komputer Laboratorium Komputer |
2 |
Laboratorium Statistik I |
1.Pengantar Microsoft Excel 2.Distribusi Frekuensi 3.Pengukuran Nilai Sentral 4.Rata-rata Hitung 5.Pengukuran Dispersi 6.Pengukuran Kemencengan 7.Angka Indeks 8.Kolerasi dan 9 Analisis Regresi 10.Time Series |
1,5 1,5 1,5 1,5 1,5 1,5 1,5 1,5 1,5 1,5 |
Lab. Komputer Statistik Lab. Komputer Statistik Lab. Komputer Statistik Lab. Komputer Statistik Lab. Komputer Statistik Lab. Komputer Statistik Lab. Komputer Statistik Lab. Komputer Statistik Lab. Komputer Statistik Lab. Komputer Statistik |
3 |
Laboratorium Statistik II |
1.Operasional SPSS 2.Uji Binomial 3.Uji Beda Dua Rata-Rata DataIndependen 4.Uji Beda Dua Rata-RataData Berpasangan 5.Uji Chi-Square 6.Regresi dan Kolerasi Sederhana 7.Regresi dan Kolerasi Berganda 8.Analisis Varian |
1,5 1,5 1,5
1,5
1,5 1,5
1,5
1,5 |
Lab. Komputer Statistik Lab. Komputer Statistik Lab. Komputer Statistik
Lab. Komputer Statistik
Lab. Komputer Statistik Lab. Komputer Statistik
Lab. Komputer Statistik
Lab. Komputer Statistik |
4 |
Laboratorium Ekonometrika |
1. Regresi Berganda 2. Korelasi Berganda 3. Penyimpangan asumsi Klasik 4. uji Multikolinearitas 5. Uji Heterokedastisitas 6. Uji Autokorelasi |
1,5 1,5 1,5
1,5 1,5 1,5 |
Laboratorium Komputer Laboratorium Komputer Laboratorium Komputer
Labotarorium Komputer Laboratorium Komputer Laboratorium komputer |
5 |
Perencanaan Pembangunan |
1. Locationt Quotient (LQ) 2. Analisa : Shift – share (S-S) 3. Analisa Multiplier Effect 4. Analisa Tipologi Klassen 5. Index daya Beli (IBD) |
2 2 2 2 2
|
Ruang Kuliah Ruang Kuliah Ruang Kuliah Ruang Kuliah Ruang Kuliah |
6 |
Laboratorium Kewirausahaan |
|
2
2
2 |
Ruang Kuliah
Ruang Kuliah
Ruang Kuliah |
5.2. Peninjauan Kurikulum dalam 5 Tahun Terakhir
Jelaskan mekanisme peninjauan kurikulum dan pihak-pihak yang dilibatkan dalam proses peninjauan tersebut.
Peninjauan kurikulum di Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Dr. Soetomo dilakukan secara rutin dan terprogram. Secara periodik Prodi Ekonomi melakuan peninjauan kurikulum 2 tahun sekali. Peninjauan kurikulum ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dan perubahan sesuai dengan perkembangan ilmu Ekonomi . Peninjauan kurikulum ini dilakukan melalui rapat kurikulum yang melibatkan Pejabat Struktural Fakultas dan Ketua Program Studi, seluruh dosen yang ada di program studi, mahasiswa, alumni, pakar, dan pengguna. Peninjauan kurikulum ini dilakukan pada awal tahun ajaran. Peninjauan kurikulum dijadikan sarana evaluasi ataupun sharing terhadap kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung selama satu tahun akademik. Selain itu dilakukan juga pembahasan mengenai strategi pengembangan program studi.
Mekanisme peninjauan kurikulum di Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Dr. Soetomo dilakukan melalui beberapa tahapan yakni :
Dasar peninjauan kurikulum adalah: Beberapa penyebab adanya perubahan kurikulum adalah :
Perubahan Kurikulum Disesuaikan Dengan :
Pihak-Pihak yang Terlibat Dalam Mekanisme Peninjauan Kurikulum Program Sudi Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo adalah : 1. Ketua Program Studi 2. Dosen, 3. Pengelola 4. Mahasiswa, 5. Alumni, 6. Tenaga Ahli / Pakar 7. Praktisi 8. Pengguna Lulusan
|
Tuliskan hasil peninjauan tersebut, mengikuti format tabel berikut.
No. |
No. MK |
Nama MK |
MK Baru/ Lama/Hapus |
Perubahan pada |
Alasan Peninjauan |
Atas Usulan/ Masukan dari |
Berlaku mulai Sem./Th. |
|
Silabus/SAP |
Buku Ajar |
|||||||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
(9) |
1 |
MPK006 |
Pendidikan Anti Korupsi |
Lama |
√ |
√ |
Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi pada kurikulum 2013 ditawarkan pada semester 3 diubah menjadi semester 1. Tujuan dari peninjauan ini adalah agar mahasiswa mempelajari pendidikan etika dan moral lebih awal. |
Peserta Lokakarya (Dosen,mahasiswa,alumni, stake holder)
|
Semester gasal |
2 |
PE5305 |
Sosiologi Politik |
Lama |
√ |
√ |
Mata Kuliah Sosiologi Politik yang awalnya ada di semester 1 diubah di semester 3 , tujuan dari peninjauan ini adalah agar mahasiswa mempelajari teori ilmu ekonomi terlebih dahulu baru mendapatkan ilmu lain yang sangat mempengaruhi ilmu ekonomi salah satunya Sosiologi Politik. |
Peserta Lokakarya (Dosen, mahasiwa, alumni, stake holder) |
Semester gasal |
3
|
PE4216 |
Hukum Bisnis |
Lama |
√ |
√ |
Perubahan Penamaan dari Mata Kuliah Pengantar Hukum Bisnis menjadi Hukum Bisnis, tujuan dari menghilangkan kata Pengantar karena mata kuliah Hukum Bisnis di Fakulas Ekonomi dan Bisnis tidak ada lagi lanjutannya. |
Peserta Lokakarya (Dosen,mahasiswa, alumni, stake holder) |
Semester genap |
4 |
PE3203 |
Teori Ekonomi Mikro I |
Lama |
√ |
√ |
Perubahan Penamaan dari Mata Kuliah Teori Ekonomi I menjadi Teori Ekonomi Mikro I bertujuan untuk memperjelas mata kuliah tersebut sehingga tidak membingungkan dosen dan mahasiswa |
Peserta Lokakarya (Dosen, mahasiswa, alumni, stake holder) |
Semester genap |
5 |
PE2604 |
Sejarah Pemikiran Ekonomi |
Lama |
√ |
√ |
Mata Kuliah Sejarah Pemikiran Ekonomi yang pada kurikulum 2013 berada di semester 3 dipindah di semester 6, dengan alasan bila ditawarkan di semester 6 mahasiswa sudah cukup mendapatkan dasar teorinya sehinga mahasiswa akan mampu memahami dengan baik mata kuliah Sejarah pemikiran dengan baik. |
Peserta Lokakarya (Dosen,mahasiswa, alumni, stake holder) |
Semster genap |
6 |
PE2611 |
Manajemen Perbankan |
Lama |
√ |
√ |
Mata Kuliah Manajemen Perbankan yang pada kurikulum 2013 ditawarkan di semester 3, pada kurikulum 2016 ditawarkan di semester 6, dengan alasan bila ditawarkan di semester 6 mahasiswa sudah cukup mendapatkan dasar teorinya sehinga mahasiswa akan mampu memahami dengan baik mata kuliah Manajemen Perbankan. |
Peserta Lokakarya (Dosen , mahasiswa, alumni , stake holder) |
Semester genap |
7 |
PE3305 |
Teori Ekonomi Makro I |
Lama |
√ |
√ |
Perubahan Penamaan dari Mata Kuliah Teori Ekonomi II menjadi Teori Ekonomi Makro I bertujuan untuk memperjelas mata kuliah tersebut sehingga tidak membingungkan dosen dan mahasiswa |
Peserta Lokakarya (Dosen,mahasiswa, alumni, stake holder) |
Semester ganjil |
8 |
|
BLKL |
Lama |
√ |
√ |
Matakuliah BLKL (Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya) pada kurikulum 2013 ditawarkan pada semester 5 kemudian pada kurikulum 2016 ditawarkan di semester 4. Tujuan dari peninjauan ini mahasiswa sudah cukup mendapat teori dan mahasiswa sudah siap bila ditawarkan pada semester 4. |
Peserta Lokakarya (Dosen, mahasiswa, alumni, stake holder) |
Semester genap |
9 |
|
MSDM |
Baru |
√ |
√ |
Matakuliah MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia) dihapus pada kurikulum 2016 karena sudah ada Mata Kuliah ESDM & Ketenagakerjaan yang skopnya lebih luas dan memcakup MSDM |
Peserta Lokakarya (Dosen,mahasiswa, alumni, stake holder) |
|
10 |
|
ESDM & Ketenagakerjaan |
Lama |
√ |
√ |
Mata Kuliah ESDM & Ketenagakerjaan yang pada kurikulum 2013 ditawarkan di semester 4, pada kurikulum 2016 ditawarkan di semester 6, dengan alasan bila ditawarkan di semester 6 mahasiswa sudah cukup mendapatkan dasar teorinya sehinga mahasiswa akan mampu memahami dengan baik mata kuliah ESDM & Ketenagakerjaan . |
Peserta Lokakarya (dosen,mahasiswa, alumni, stake holder) |
Semester genap |
11 |
|
Teori Ekonomi Mikro II |
Lama |
√ |
√ |
Perubahan Penamaan dari Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro menjadi Teori Ekonomi Mikro II bertujuan untuk memperjelas urutan mata kuliah tersebut sehingga tidak membingungkan dosen dan mahasiswa |
Peserta lokakarya (Dosen,mahasiswa, alumni, stake holder) |
Semester genap |
12 |
|
Teori Ekonomi Makro II |
Lama
|
√ |
√ |
Perubahan Penamaan dari Mata Kuliah Teori Ekonomi Makro menjadi Teori Ekonomi Makro II bertujuan untuk memperjelas urutan mata kuliah tersebut sehingga tidak membingungkan dosen dan mahasiswa |
Peserta Lokakarya (Dosen,mahasiswa, alumni, stake holder) |
Semester ganjil |
13 |
|
Ekonomi Kependudukan |
Lama |
√ |
√ |
Mata Kuliah Ekonomi Kependudukan yang pada kurikulum 2013 ditawarkan di semester 5, pada kurikulum 2016 ditawarkan di semester 7, dengan alasan bila ditawarkan di semester 7 mahasiswa sudah cukup mendapatkan dasar teorinya sehinga mahasiswa akan mampu memahami dengan baik mata kuliah Ekonomi Kependudukan . |
(Dosen,mahasiswa, alumni, stake holder) |
Semester ganjil |
14 |
|
Agribisnis |
Lama |
√ |
√ |
Mata Kuliah Agribisnsi dihapus pada kurikulum sebelumnya (2013) , pada kurikulum 2016 Mata kuliah Agribisnis ditawarkan kembali karena matakuliah tersebut merupakan identitas konsentrasi prodi Ekonomi Pembangunan FEB Unitomo |
Peserta Lokakarya (Dosen, mahsiswa, alumni, stake holder) |
Semester ganjil |
15 |
|
Ekonomi Regional |
Lama |
√ |
√ |
Mata Kuiah Ekonomi Regional dihapus pada kurikulum sebelumnya (2013) , pada kurikulum 2016 Mata kuliah Ekonomi Regional ditawarkan kembali karena matakuliah tersebut merupakan identitas konsentrasi prodi Ekonomi Pembangunan FEB Unitomo |
Peserta Lokakarya (Dosen,mahasiswa, alumni, stake holder) |
Semestsr ganjil |
16 |
|
Ekonomi Moneter |
Lama |
√ |
√ |
Mata Kuliah Ekonomi Moneter yang pada kurikulum 2013 berada di semester 5 dipindah di semester 6, dengan alasan bila ditawarkan di semester 6 mahasiswa sudah cukup mendapatkan dasar teorinya sehinga mahasiswa akan mampu memahami dengan baik mata kuliah Ekonomi Moneter dengan baik |
Peserta Lokakarya (Dosen, mahasiswa, alumni, stake holder) |
Semester genap |
5.3 Pelaksanaan Proses Pembelajaran
1. Sistem pembelajaran dibangun berdasarkan perencanaan yang relevan dengan tujuan, ranah belajar dan hierarkinya. Proses pembelajaran dilaksanakan berdasarkan kalender akademik yang ditetapkan oleh universitas sebagai pedoman pelaksanaan di tingkat fakultas dan program studi. Kalender akademik dibedakan menjadi dua, yaitu semester Gasal dimulai pada bulan September sampai dengan Januari, dan semester Genap pada bulan Februari sampai dengan Juni.
Sebelum proses belajar dimulai, baik semester Gasal maupun Genap, program studi mengadakan rapat rutin untuk menentukan ploting dosen dan ploting matakuliah yang akan diajukan ke pihak fakultas. Dalam rapat ini dibahas juga rencana kerja program studi, permasalahan yang timbul selama proses pembelajaran, juga untuk mengevaluasi hasil pembelajaran, antara lain silabi, SAP, dan prestasi mahasiswa.
2. Pembelajaran dilaksanakan menggunakan berbagai strategi dan teknik yang mendorong mahasiswa untuk berfikir kritis, bereksplorasi, berkreasi, dan bereksperimen dengan memanfaatkan berbagai sumber. Salah satu implementasinya dengan menetapkan student center learning (SCL), terdiri atas 5 (lima) langkah, yaitu: pertama, dosen menyajikan materi kuliah dengan model ceramah. Kedua, dilakukan diskusi dan atau tanya jawab tentang materi yang sudah dijelaskan untuk diperdalam. Ketiga, dilaksanakan kuis, tes, pemberian tugas (pekerjaan rumah) yang dilaksanakan secara mandiri atau kelompok. Keempat, hasil tes atau tugas dibahas bersama. Dan kelima, ada penguatan dari dosen.
5.3.1 Mekanisme Penyusunan Materi Kuliah dan Monitoring Perkuliahan
Jelaskan mekanisme penyusunan materi kuliah dan monitoring perkuliahan, antara lain kehadiran dosen dan mahasiswa, serta materi kuliah.
Mekanisme penyusunan materi perkuliahan di program studi Ekonomi Pembanguan adalah disusun dalam sebuah workshop dimana dosen dikelompokkan dalam Kelompok Bidang Keahlihan / Konsentrasi Program Studi Ekonomi Pembangunan terdapat tiga konsentrasi, yaitu (1) Kosentrasi Pengembangan Ekonomi Regional, (2) Konsentrasi Bisnis Internasional dan (3) Konsentrasi Moneter. Dari tiga konsentrasi yang ditawarkan sebagian besar mahasiswa Ekonomi Pembangunan memilih konsentrasi Pengembangan Ekonomi Regional selama 5 tahun terakhir ini. Jadi Kelompok Bidang Keahlihan/ Kosentrasiyang dibentuk adalah untuk konsentrasi Pengembangan Ekonomi Regional. Langkah-langkah atau pengembangan materi perkuliahan adalah sebagai berikut :
Kehadiran dasen dalam pelaksanan perkuliahan sangat penting dilakukan monitoring dan evaluasi karena ha ini berkaitan dengan kesesuaian dan ketepatan terlaksananya RPS ketika disampaikan kepada mahasiswa. Program Studi Ekonomi Pembanguan dalam hal ini dibantu oleh petugas perkuliahan yang setiap harinya memantau kehadiran dari dosen sesuai jadwal yang telah ditentukan. Petugas melaporkan semua kegiatan dosen yang terjadwal setiap harinya dengan mengentri dalam sistem yang ada. Petugas melaporkan kehadiran dari dosen yang bersangkutan dan melaporkan materi yang diajarkan pada saat itu sesuai dengan berita acara yang telah ditulis oleh dosen yang bersangkutan. Langkah selanjutnya adalah monitoringdilakukan oleh Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Fakultas. Gugus Penjaminan Mutu ini bertugas memonitoring dan mengevaluasi kehadiran dosen dan kesuaian materi kuliah dan RPS yang ditelah dibuat oleh dosen yang bersangkutan. Hasil evaluasi akan menunjukkan kehadiran dosen dalam proses perkuliahan. Kehadiran dinilai baik bila dosen hadir sesuai dengan yang direncanakan oleh program studi yaitu 14 kali tatap muka dalam satu semester. Apabila kurang dari 14 kali tatap muka maka dosen harus memberikan kuliah pengganti , dan apabila dosen tidak hadirsbanya3 kali dan maka dosen yang bersangkutan akan mendapatkan surat Peringatan pertama dan pada semester selanjutnya akan dikurangi jam mengajarnya. Surat Peringatan kedua sanksinya lebih tegas lagi yaitu tidak diploting untuk mengajar.
Monitoring dan evaluasi kehadiran mahasiswa diserahkan sepenuhnya kepada dosen pengampu mata kuliah. Kehadiran mahasiswa ini akan menentukan mahsiswa yang bersangkutan bisa atau tidak untuk mengikuti ujian tengah semester atau ujian akhir semeter. Mahasiswa dapat mengikuti ujian bila prosentase kehadiran minimal 75% dari total perkuliahan. Monitoring dan evaluasikehadiran mahasiswa ini dilakukan oleh dosen pengampu mata kuliah sesuai dengan daftar hadir yang telah ditandatangani oleh mahasiswa.
Monitoring dan Evaluasi terhadap materi perkuliah dilakukan oleh GPM Fakultas. GPM memerikasa pelaksanan perkuliahan setiap minggu berdasarkan rekap yang telah dilakukan oleh petugas harian. Pada akhir bulan GPM membuat laporan hasil monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan dosen termasuk kesesuain materi dengan RPS yang telah dibuat oleh masing-masing dosen. Hasil monitoring bila ada dosen yang materi kuliahnya tidak sesuai dengan RPS yang sudah disyahkan maka dosen yang bersangkutan dipanggil dan diminta untuk menjelaskan dan diperingatkan agar memberi kuliah sesuai dengan RPS yang telah dibuat atau bila memang materi dirubah maka RPS juga harus dirubah
Untuk mendukung mekanisme monitoring tersebut, telah dikembangkan sistem informasi perguruan tinggi secara lebih baik. Sistem informasi tersebut didesain sesuai dengan kebutuhan penggunaannya, diantaranya: Sistem Informasi Akademik (SIMA) merupakan sistem informasi yang terintegrasi dan digunakan sebagai sumber informasi dan dan pengambilan keputusan di bidang akademik. SIMA berisi informasi historis akademik mahasiswa. Sistem Informasi Penjadwalan Perkuliahan merupakan system yang dibuat untuk keperluan menjaring data presensi perkuliahan, baik mahasiswa dan dosen. Informasi ini diperlukan untuk menjaga kualitas kontrol atas kegiatan perkuliahan.
|
5.3.2 Lampirkan contoh soal ujian dalam 1 tahun terakhir untuk 5 mata kuliah keahlian berikut silabusnya.
Contoh soal dan silabi telah kami lampirkan dalam lampiran tersediri untuk matakuliah:
1. Ekonomi Perkotaan
2. Ekonomi Publik I
3. Perncanaan Pengembangan Ekonomi Regional
4. Ekonomi Keuangan Daerah
5. Agrobisnis
5.4 Sistem Pembimbingan Akademik
5.4.1 Tuliskan nama dosen pembimbing akademik dan jumlah mahasiswa yang dibimbingnya dengan mengikuti format tabel berikut:
No. |
Nama Dosen Pembimbing Akademik |
Jumlah Mahasiswa Bimbingan |
Rata-rata Banyaknya Pertemuan/mhs/semester |
|
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
|
1 |
Aminullah Asagaf |
7 |
4 |
|
2 |
Slamet Riyadi |
7 |
4 |
|
3 |
Suyanto |
7 |
4 |
|
4 |
Sri Utami Ady |
9 |
4 |
|
5 |
Endang Susetyowati |
9 |
4 |
|
6 |
Zamida |
9 |
4 |
|
7 |
Wiwik Budiarti |
9 |
4 |
|
8 |
Lumadya Adi (Tugas Belajar) |
0 |
0 |
|
9 |
Shanty Ratna Damayanti |
10 |
4 |
|
10 |
Veronika Nugraheni SL |
9 |
4 |
|
11 |
Jajuk Suprijati |
10 |
4 |
|
Total |
86 |
40 |
||
Rata-Rata |
7.82 |
3.64 |
5.4.2 Jelaskan proses pembimbingan akademik yang diterapkan pada Program Studi ini dalam hal-hal berikut:
No |
Hal |
Penjelasan |
(1) |
(2) |
(3) |
1 |
Tujuan pembimbingan |
|
2 |
Pelaksanaan pembimbingan |
Pembimbingan akademik adalah hak mahasiswa dan kewajiban dosen. Pelaksanaannya ada dua bentuk, yaitu:
|
3 |
Masalah yang dibicarakan dalam pembimbingan |
Masalah yang dibicarakan dalam pembimbingan dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu:
|
4 |
Kesulitan dalam pembimbingan dan upaya untuk mengatasinya |
Pada umumnya mahasiswa hanya berkonsultasi pada waktu pengisian KRS, dan yang dibicarakan hanya masalah akademis. Mahasiswa kurang terbuka terhadap masalah non akademis terutama masalah program studikologis yang dihadapinya, akibatnya dosen sangat kesulitan melakukan bimbingan secara intensif. Informasi yang diterima DPAM mengenai perkembangan mahasiswa bimbingan sangat minim, biasanya bersifat kasuistik. Misalnya: adanya laporan dari dosen lain tentang kasus yang dihadapi seorang mahasiswa, tetapi bila dikonfirmasi dengan mahasiswa tersebut cenderung tertutup. Upaya untuk mengatasinya, diantaranya:
|
5 |
Manfaat yang diperoleh mahasiswa dari pembimbingan |
|
5.5 Pembimbingan Tugas Akhir / Skripsi
5.5.1 Jelaskan pelaksanaan pembimbingan Tugas Akhir atau Skripsi yang diterapkan pada PS ini.
- Bagi mahasiswa yang sudah mencapai 110 SKS, berhak mengajukan bimbingan informal bagi rencana proposal melalui program studi ke konsentrasi masing-masing.
- Bagi mahasiswa yang sudah memprogramkan Skripsi program studi dan pendadaran berhak melakukan bimbingan formal terhadap rencana proposal di konsentrasi masing-masing. Di konsentrasi rencana proposal disempurnakan baik tematik, landasan teori, jurnal yang relevan hingga rencana analisis data. Selanjutnya direkomendasikan calon Dosen Pembimbing yang salah satunya harus berasal konsentrasi yang bersangkutan. Hasil penetapan oleh konsentrasi diserahkan ke program studi.
- Penetapan dosen pembimbing didasarkan pada kebijakan masing-masing konsentrasi juga mengacu kepada buku rekapitulasi pembimbing skripsi program studi.
- Mulai saat itu mahasiswa sudah berhak melakukan konsultasi secara formal kepada dosen pembimbing masing-masing. Setelah proposal Skripsi program studi disetujui mahasiswa harus melakukan seminar proposal Skripsi program studi. Kegiatan seminar proposal dimaksudkan untuk memperoleh masukan dari dosen lain dan mahasiswa guna penyempurnaan proposal tersebut. Institusi seminar ini menjadi lembaga penentu kepastian rencana desain riset yang akan dilakukan mahasiswa di masa mendatang.
- Setelah desain riset disempurnakan, mahasiswa melakukan kegiatan penelitian dibawah bimbingan dosen pembimbing. Tugas pembimbing adalah lebih menekankan pada substansi penelitian dan juga metode penelitian hingga teknik penulisan.
- Selama proses pembimbingan berlangsung mahasiswa wajib mendokumentasikan kegiatan bimbingannya dengan mengisi aktifitas bimbingan yang dilakukan di kartu konsultasi bimbingan Skripsi program studi. Kartu konsultasi yang sudah dilegalisasi oleh dosen pembimbing menjadi acuan bagi program studi untuk merekomendasi mahasiswa bisa melaksanakan ujian skripsi program studi dan pendadaran.
- Masa penyusunan Skripsi program studi maksimal 1 (satu) tahun terhitung mulai tanggal persetujuan ketua program studi dan dapat diperpanjang. Perpanjangan dapat dilakukan paling banyak 1 (satu) kali sepanjang jangka waktu studi masih memungkinkan.
- Rata-rata jumlah pertemuan dosen-mahasiswa untuk menyelesaikan Skripsi program studi minimal 10 (Sepuluh) kali mulai dari saat penetapan nama dosen pembimbing skripsi program studi hingga penyelesaian skripsi program studi.
- Rata-rata banyaknya mahasiswa per dosen pembimbing tugas akhir (TA)
2 mahasiswa/dosen TA.
- Rata-rata jumlah pertemuan dosen-mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir : 10 kali mulai dari saat mengambil TA hingga menyelesaikan TA.
- Tuliskan nama-nama dosen yang menjadi pembimbing tugas akhir atau skripsi, dan jumlah mahasiswa yang bimbingan dengan mengikuti format tabel berikut:
No. |
Nama Dosen Pembimbing |
Jumlah Mahasiswa |
|
(1) |
(2) |
(3) |
|
1 |
Aminullah Asagaf |
1 |
|
2 |
Slamet Riyadi |
1 |
|
3 |
Suyanto |
2 |
|
4 |
Sri Utami Ady |
2 |
|
5 |
Endang Susetyowati |
2 |
|
6 |
Zamida |
2 |
|
7 |
Wiwik Budiarti |
3 |
|
8 |
Lumadya Adi (Tugas Belajar) |
0 |
|
9 |
Shanty Ratna Damayanti |
2 |
|
10 |
Veronika Nugraheni Sri Lestari |
3 |
|
11 |
Jajuk Suprijati |
3 |
|
Jumlah |
21 |
||
Rata-Rata |
1.91 |
- Ketersediaan panduan pembimbingan tugas akhir (Beri tanda Ö pada pilihan yang sesuai):
√ |
Ya
|
Tidak
Jika Ya, jelaskan cara sosialisasi dan pelaksanaannya.
Fakultas Ekonomi Universitas Dr. Soetomo telah menyusun Buku Pedoman Penulisan karya ilmiah (Skripsi). Buku pedoman penulisan karya ilmiah ini disusun oleh Tim yang telah ditunjuk oleh Dekan dan merupakan dosen yang mempunyai kompetensi dalam penyusunan buku pedoman penulisan karya ilmiah. Buku pedoman ini dibagikan ke mahasiswa yang sudah memenuhi syarat untuk menempuh tugas akhir, yaitu harus sudah menempuh 110 sks dari 148 sks yang harus ditempuh. Buku pedoman ini menjadi panduan dalam penulisan karya ilmiah dan tugas akhir/skripsi program studi. Untuk memonitoring kemajuan mahasiswa dalam menulis tugas akhir , ada Kartu Konsultasi Bimbingan Skripsi program studi Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr. Soetomo yang memuat hasil koreksi dosen atas proposal/draf Skripsi program studi yang diajukan mahasiswa. Kartu tersebut juga dilengkapi data diri mahasiswa (nama, NIM, jurusan, judul skripsi program studi) Selain itu, kartu ini memuat tanggal konsultasi agar terdeteksi lamanya penyelesaian tugas akhir. Dalam penulisan skripsi , mahasiswa dibimbing oleh dosen pembimbing. Tugas dosen pembimbing mengarahkan mahasiswa mengenai substansi skripsi , mengarahkan dalam tata cara penulisan yang benar sesuai dengan pedoman yang ada. Sosialisasi pelaksanaan pembimbingan melalui mekanisme sebagai berikut:
|
5.5.2 Rata-rata lama penyelesaian tugas akhir/skripsi pada tiga tahun terakhir : 5 bulan. (Menurut kurikulum tugas akhir direncanakan 1 semester).
5.6 Upaya Perbaikan Pembelajaran
Uraikan upaya perbaikan pembelajaran serta hasil yang telah dilakukan dan dicapai dalam tiga tahun terakhir dan hasilnya.
Butir |
Upaya Perbaikan |
||
Tindakan |
Hasil |
|
|
(1) |
(2) |
(3) |
|
Materi Ajar |
|
|
|
Metode Pembelajaran |
|
|
|
Penggunaan Teknologi Pembelajaran |
|
|
|
Cara-cara evaluasi |
|
|
|
Pengenalan Mahasiswa terhadap Dunia kerja |
|
|
|
5.7 Upaya Peningkatan Suasana Akademik
Berikan gambaran yang jelas mengenai upaya dan kegiatan untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif di lingkungan PS, khususnya mengenai hal-hal berikut:
- Kebijakan tentang suasana akademik (otonomi keilmuan, kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik).
Peraturan akademik Universitas Dr Soetomo tahun 2013 berisi tentang kebijakan suasana akademik dan didalanya dijelaskan (1) Otonomi Keilmuan, (2) Kebebasan Akademik, (3) Kebebasan mimbar akademik. Kegiatan akademik dilakukan selama satu tahun sesuai dengan kalender akademik sehingga semua kegiatan dalam satu tahun tersebut sudah terjadwal. Kebijakan tentang suasana akademik meliputi otonomi keilmuan, kebebasan akademik dan kebebasan mimbar akademik)
Ilmu pengetahuan dapat diperoleh karena bakat dan kerja keras, jadi keberhasilan seseorang tidak saja ditentukan oleh talenta melainkan juga kerja keras, kreatifitas, kejernihan pikiran, ketajaman penalaran dan kecintaan yang sangat dalam pada ilmu pengetahuan itu sendiri. Kebebasan untuk menerapkan cara yang tepat untuk observasi, eksperimen dan analisisnya dan kebebasan untuk menetapkan Teknik mengambil kesimpulan juga untuk memberikan prediksinya. Wewenang masyarakat keilmuan sebagai suatu kelompok dan ilmuan sebagai warga masyarakat sebagai individu mandiri dan bebas dari campur tangan pihak manapun dalam kegiatan keilmuan inilah yang disebut dengan otonomi keilmuan. Program studi Ekonomi Pembangunan Universitas Dr. Soetomo melaksanakan pengelolaan otonomi keilmuan pendidikan tinggi yang akuntabel, berdasar azas keadilan dan keterbukaan, memanfaatkan kecerdasan dan kebijakan kolektif seluruh sivitas akademika, dengan sasaran terwujudnya budaya dan sistem mutu secara menyeluruh. Dosen diberikan wewenang penuh untuk mengembangkan dan menerapkan cara yang tepat untuk melakukan observasi, eksperimen dan analisisnya dan juga dalam pengambilan kesimpulan sekaligus dalam prediksi dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian. . Upaya perbaikan metode pembelajaran dilakukan melalui pengembangan metode diskusi kelompok, diskusi kelas dan tutorial. Pada intinya, metode tersebut dikembangkan sebagai sarana meningkatkan interaksi antara mahasiswa dan dosen serta antar mahasiswa dalam proses perkuliahan. Selain itu, metode tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa. Dalam penelitian dan pengabdian dosen diberi kebebasan dalam menentukan metodologi yang tepat dan menghasilkan analisis dan kesimpulan yang tepat pula. Program studi mendorong dilakukan metode pembelajaran diluar kelas dalam bentuk: 1) kuliah kerja, 2) kuliah kerja lapang; 3) praktek kerja lapang dan 4) praktikum. Disamping itu juga dilakukan melalui pengembangan metode diskusi kelompok, diskusi kelas dan tutorial. Pada intinya, metode tersebut dikembangkan sebagai sarana meningkatkan interaksi antara mahasiswa dan dosen serta antar mahasiswa dalam proses perkuliahan. Selain itu, metode tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa. Program studi menfasilitasi terciptanya suasana akademik yang ilmiah dengan kegiatan antara lain: beragam kegiatan kajian atau penelitian beserta desiminasinya yang meliputi seminar, workshop, poster, lokakarya, semiloka, bedah buku, debat ilmiah Kegiatan pengajaran juga didorong oleh program studi supaya kaya inspirasi ilmiah melalui penggunaan beragam media pembelajaran, audio visual, open sourcing, circle study hingga metode pembelajaran orang dewasa. Kebebasan atau otonomi keilmuan ini harus disertai tanggung jawab sosial dari para ilmuan. Tanggung jawab sosial ini diwujudkan dalam kesetian ilmuan bahwa ilmu bagi dan untuk kemaslahatan masyarakat. Tanggung jawab sosial juga tercermin dari penerapan IPTEK tanpa melanggar HAM dan terjaminnya pembangunan berkelanjutan.
Kebebasan akademik merupakan ciri khusus yang harus ada dalam sebuah lembaga pendidikan tinggi. Setelah mendapatkan otonomi keilmuan maka untuk mendapatkan suasana akademik yang kondusif maka sivitas akademika juga perlu mendapatkan kebebasan akademik. Kebebasan akademik ini ditujukan kepada masyarakat akademik yaitu semua orang yang mengajar, belajar, meneliti dan civitas akademika (selain tenaga administrasi). Dosen sebagai bagian akademik yang tugas utamanya adalah melaksanahan pengajaran juga sangat memerlukan suasana akademik yang bebas tanpa campur tangan dari pihak manapun. Dalam melaksanakan pengajaran dosen juga tidak terlepas dari kegiatan tri darma yang lainnya yaitu penelitian dan pengabdian. Penjelasan diatas menunjukan bahwa diawali dosen menentukan bidang ilmu yang ditekuni untuk menjadi kopentensinya yang kemudian diajarkan ke mahasiswa. Dari kompetensi yang dimilikinya ini dosen melakukan penelitian sesuai dengan keahlihan yang dimilikinya. Dalam hal pengabdian tidak harus sesuai dengan keahlihan/ kepakaran yang dimiliki tetapi juga dapat berdasarkan keahlihan soft skills yang dimiliki. Dapat diartikan pula disini bahwa pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan akademik yang memerlukan suasana kebebasan akademik, bukan saja karena pengabdian ini bagian dari tri darma perguruan tinggi tetapi pengabdian kepada masyarakat ini dapat dilihat sebagai ujung kegiatan penelitian. Dari uraian diatas kebebasan akademik yang dimaksud adalah kebebasan atau hak memilih bidang yang akan ditekuni , persoalan yang kendak diteliti , penerapn metode eksperimental, analisis dan media untuk mendesiminasikan temuannya. Program Studi Ekonomi Pembangunan sangat memperhatikan kebebasan akademik. Beberapa kebijakan yang diambil telah memungkinkan tumbuhnya suasana kebebasan akademik telah dilakukan Program Studi Ekonomi Pembangunan, diantaranya:
Kebebasan akademik juga untuk mahasiswa dimana mahasiswa dalam kebebasan akademik bebas untuk turut serta mengembangkan ilmu pengetahuan yang diperolehnya dan melakukan penelitian sesuai dengan pemahaman ilmu yang sudah dimilikinya dan juga melakukan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan ketrampilan yang dimiliki dan juga bebas untuk mendesiminasikan ke publik.
Otonomi Keilmuan dan Kebebasan akademik akan sempurna bila disertai juga oleh kebebasan mimbar. Kebebasan mimbar akademik dosen program Studi Ekonomi Pembangunan meliputi kebebasan yang dimiliki dosen untuk menyampaikan pikiran, gagasan dan pendapat melalui forum akademik sesuai dengan norma dan kaidah keilmuan. Kebebasan mimbar ini dapat berupa mengukuti seminar , ceramah, sebagai narasumber, symposium, diskusi panel dan lain sebagainya yang semuanya ini bertujuan dalam rangka tercapainya pendidikan yang professional.
|
- Ketersediaan dan jenis prasarana, sarana dan dana yang memungkinkan terciptanya interaksi akademik antara sivitas akademika.
Interaksi akademik di antara sivitas akademika yang kondusif merupakan hal yang penting dan perlu untuk terus diupayakan. Untuk itu maka ketersediaan prasarana, sarana, dan dana yang memungkinkan terciptanya hal tersebut menjadi tak terelakkan. Program studi Ekonomi Pembangunan telah berusaha untuk memenuhi tuntutan tersebut. Ini dapat dilihat dari sejumlah prasarana dan sarana yang dimiliki atau digunakan sepenuhnya oleh program studi dan sarana dan sarana dan prasarana yang di sediakan oleh Fakutas Ekonomi Dan Bisnis dan juga oleh Universitas yaitu:
SARANA DAN PRASARANA PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN
Fakultas Ekonomi dan bisnis mempunyai ruang dosen untuk masing-masing dosen, termasuk dosen dari program studi Ekonomi Pembangunan. Ruang dosen ini diperuntukkan untuk dosen dalam melakukan kegiatan akademik sepertimembuat buku ajar , RPS , soal, materi kuliah dan menyusun penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu ruang dosen ini digunakan untuk memberikan pelayanan kepada mahasiswa pada saat perwalian, bimbingan skripsi atau konsulatasi masalah perkuliahan.
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis juga memberikan fasiltas ruangan untuk seminar bagi mahasiswa baik itu seminar proposal atau pada saat mengadakan acara seminar program studi.
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis juga memberikan fasilitas berupa ruang untuk mengadakan ujian akhir bagi mahasiwa, dimana ruang tersebut tersedia media yang mendukung mahasiswa dalam memaparkan skripsinya , yaitu berupa LCD dan peralatan peunjang lainnya
Ruang rapat program studi Ekonomi Pembangunan berada dalam satu ruang dengan ruang dosen dan diposisikan ditengan-tengan ruang. Ruang ini diagunakan pada saat program studi Ekonomi Pembangunan mengadakan rapat-rapat prodi. Selain digunakan rapat, ruang ini bisa diagunakan sebagai tempat berkumpul para dosen untuk bersilahturahi atau berdiskusi .
Ruangpelayanan akademik bersebelahan dengan ruang dosen, dimana ruang pelayanan akademik adalah tempat untuk memberikan pelayanan akademik untuk mahasiswa dan dosen.
Ruang Laboratorium Ekonomika yang dimiliki oleh program studi Ekonomi pembangunan digunakan untuk secara khusus mahasiswa Ekonomi Pembangunan untuk mata kuliah Ekonometrika, e-Comerce, Aplikasi Komputer dan juga Statistik yang ada beberapara program yang berbeda yang harus dipelajari oleh mahasiswa Ekonomi Pembangunan yang tidak dipelajari oleh mahasiswa manajemen dan Akuntansi
Program Studi Ekonomi Pembangunan mempuyai perpustakaan sendiri, dimana buku-buku koleksi perpustakan adalah sumbangan dari para alumni dan memiliki koleksei buku yang menunjang keperluan para dosen untuk melakukan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Di Perpustakaan Program studi ini semua dosen Ekonomi Pembangunan bisa meminjam.
SARANA DAN PRASARANA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS Di samping prasarana dan sarana milik program studi, terdapat pula prasarana dan sarana yang dapat digunakan bersama oleh sivitas akademika FEB, yakni:
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis juga menyediakan laboratorium yang menunjang perkuliahan untuk perkuliahan yang bersifat umum seperti Statistik danAplikasi Komputer dimana semua jurusan mendapatkan matakuliah tersebut
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis menyediakan ruang untuk mengadakan rapar-rapat yang diagendakan oleh Fakulutas seperti rapat pada saat ploting mata kuliah pada setiap semesternya atau rapat yang bertujuan untuk pengembangan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis dimana semua dosen harus hadir untuk memberikan sumbangan pemikiran dan saran
Akses internet merupakan kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan, karena semua pekerjaan pada saat ini sangat tergantung pada akses internet baik untuk keperluan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Fakultas Ekonomi dan Bisnis menyediakan akses internet 10 Mbps dimana akses internet ini dapat digunakan untuk menujang kegiatanpara dosen.
Fakuktas Ekonomi Dan Bisnis juga menyediakan loker untuk masing-masing dosen untuk menyimpan buku , dokumen atau barang lain dari para dosen. Dengan demikian dosen akan lebih mudah bila memerlukan buku dan dokumen yang diperlukan tanpa harus menunda karena harus pulang lebih dahulu.
SARANA DAN PRASARANA UNIVERSITAS Demi terlaksananya interaksi akademik yang lebih baik, Universitas juga menyediakan saran dan prasarana yang mendukung adanya interaksi akademik, yaitu:
Perpustakaan yang dimiliki Universitas Dr Soetomosangat representatif dan nyaman tersedia bagi mahasiswa. Mahasiswa dapat menggunakanperpustakaan. Perpustakaan ini dapat diakses oleh seluruh mahasiswa Unitomo dari berbagai fakultas dan jenjang pendidikan Koleksi perpustakaan ini sebagian berasal dari sumbangan alumni dan dari Universitas sendiri.
Ruang Auditorium yang dimiliki oleh Universitas ada 2 ruang. Ruang Auditorium yang pertama bernama ruang Ki Moh. Saleh dengan luas 483m2 adalah ruang pertemuan yang paling luas yang dimiliki oleh universitas Dr Soetomo dimana ruang ini digunakan untuk melaksanakan acara yang besar seperti seminar nasional, internasional , kuliah umum dan sebagainya. Ruang Auditorium yang ke 2 bernama ruang RM Sumantri dengan luas 108m2 , dimana ruang auditorium ini lebih kecil dibanding dengan rauang yang pertama dan diperuntukan untuk acara yang lebih kecil dengan peserta yang lebih sedikit.
Universitas Dr Soetomo juga menyediakan akses internet untuk menunjang kegiatan Universitas dan para dosen. Akses internet yang disediakan Universitas adalah sebesar 40 Mbps.
Ruang Kelas yang digunakan untuk ruang kuliah berada di dua Gedung yaitu Gedung F dan Gedung H . Ruang kelas yang dimiliki oleh Universitas Dr Soetomo semua sudah mempunyai fasilitas LCD, Computer dan Ber AC.
Masjid milik Universitas Dr. Soetomo yang dapat digunakan oleh dosen, mahasiswa, maupun tenaga kependidikan untuk melaksanakan ibadah. Dengan luas 600 meter persegi, masjid tersebut dapat menampung cukup banyak mahasiswa dan dosen secara bersamaan
DANA Ketersedian dana sangatlah penting untuk mendukung terlaksananya interaksi akademik di Program Studi Ekonomi Pembangunan. Dana untuk mendukung terlaksananya interaksi akademik disediakan rutin oleh universitas dan Fakultas.
|
- Program dan kegiatan di dalam dan di luar proses pembelajaran, yang dilaksanakan baik di dalam maupun di luar kelas, untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif (misalnya seminar, simposium, lokakarya, bedah buku, penelitian bersama, pengenalan kehidupan kampus, dan temu dosen-mahasiswa-alumni).
Dalam rangka menciptakan suasana akademik yang kondusif program studi telah melaksanakan beberapa kegiatan: Program dan kegiatan di dalam dan di luar proses pembelajaran, yang dilaksanakan baik di dalam maupun di luar kelas,
a). keorganisasian, b). Sistem pembelajaran di perguruan tinggi, c). kegiatan ekstrakurikuler, d). teknologi informasi. Pengenalan juga dilaksanakan di program studi dengan melibatkan dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa.
|
- Interaksi akademik antara dosen-mahasiswa, antar mahasiswa, serta antar dosen.
A. Interaksi Akademik Antara Dosen-Mahasiswa Aktivitas antara dosen dan mahasiswa program studi yang menunjukkan interaksi akademik secara formal dilaksanakan melalui
B. Interaksi Akademik Antar mahasiswa Mahasiswa memiliki mekanisme tersendiri untuk bisa meningkatkan kemampuan akademisnya baik dalam penguasaan teori-teori ekonomi, kemampuan melakukan penelitian, kemampuan berorganisasi, kewirausahaan, maupun kemampuan lainnya dengan cara melakukan interaksi dengan mahasiswa yang lain. Wadah-wadah untuk melakukan interaksi akademik tersebut antara lain dalam: UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa).
C. Interaksi Akademik Antar Dosen Interaksi akademik antar dosen program studi antara lain dilakukan dalam kegiatan-kegiatan:
|
- Pengembangan perilaku kecendekiawanan.
Untuk mengembangkan perilaku kecendekiawanan para mahasiswa dan dosen, beberapa kegiatan dilakukan untuk mengasah dan mengembangkan perilaku kecendekiawan tersebut. Kegiatan tersebut antara lain:
Melakukan penggalangan dana.
|
Kalender Akademik Program Studi Ekonomi Pembangunan