Kurikulum Prodi Ekonomi Pembangunan

5.1  Kurikulum

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.

Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

 

 

5.1.1  Kompetensi

Kepmen Diknas No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi  dalam pasal 1dijelaskan  bahwa kompetensi adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggung jawab, yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pekerjaan tertentu.

Pada pasal 2 merinci kompetensi hasil didik yang terdiri atas: a) kompetensi utama, b) kompetensi pendukung, dan c) kompetensi lain yang bersifat khusus dan gayut dengan kompetensi utama. Kompetensi terdiri atas beberapa elemen sebagai berikut: landasan kepribadian, penguasaan ilmu dan ketrampilan, kemampuan berkarya, sikap dan perilaku berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan ketrampilan yang dikuasai, pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian berkarya.

 

 

5.1.1.1  Uraikan secara ringkas kompetensi utama lulusan

Lulusan Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Dr Soetomo diharapkan  memiliki kompetensi utama sebagai berikut:

  1. Pengetahuan dan Pemahaman

Kompetensi utama lulusan program studi Ekonomi Pembangunan adalah pemahaman, kepekaan dan mempunyai daya tanggap terhadap perubahan dan masalah ekonomi untuk dapat mengambil keputusan dan langkah-langkah yang tepat.

  1. Ketrampilan Intelektual dan praktika

Pada level menengah dalam kompetensi utama lulusan prodi ekonomi pembangunan mempunyai ketrampilan intelektual dan praktika, yaitu :

  1. Kemampuan berpikir kritis-analitis dan memahami permasalahan ekonomi terutama dalam bidang moneter, fiskal
  2. Kemampuan menerapkan pengetahuan dan keterampilan teori dan metodologi ekonomi Pembangunan baik kuantitatif maupun kualitatif
  3. Kemampuan melakukan kegiatan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan kaidah perikehidupan bermasyarakat
  4. Mempunyai kemampuan berkomunikasi secara ilmiah baik lisan maupun tertulis dengan sesama insan akademik maupun masyarakat luas.
    1. Sikap dan Perilaku etis

Sikap dan perilaku etis diharapkan lulusan ekonomi pembangunan menjunjung tinggi norma moral, norma hukum, norma sopan santun, dan etika profesi serta mengembangkan kejujuran, kedisiplinan, keingintahuan, daya kritis, kepercayaan diri, kemandirian, kematangan emosi, kooperatif, dapat dipercaya, dan empati

 

 

 

 

5.1.1.2  Uraikan secara ringkas kompetensi pendukung lulusan

 

Kompetensi pendukung yang diharapkan dari lulusan Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Dr. Soetomo antara lain:

  1. Mempunyai kemampuan memanfaatkan teknologi dan informasi untuk mendukung pengembangan ekonomi lokal, regional, dan  nasional. Kompetensi ini meliputi kemampuan mengaplikasikan dan analisis
  2. Kompetensi manajerial adalah kemampuan dasar manajemen untuk mengatur , mengkoordinasikan dan menggerakkan bawahan, masyarakat untuk mengerakkan sektor ekonomi.
  3. Kompetensi di bidang kepribadian dan bermasyarakat meliputi kemampuan bersosialisasi dan mengabdi untuk kepentingan masyarakat dengan bekal ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah. Mengaplikasikan ilmu yang telah diproleh untuk kepentingan dan kesejahteraan  masyarakat. Sehingga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat untuk masyarakat.

 

 

 

5.1.1.3  Uraikan secara ringkas kompetensi lainnya/pilihan lulusan

 

kompetensi utama dan pendukung lulusan Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Dr. Soetomo juga  harus didukung dengan kompetensi lainnya yang  meliputi:

  1. Kompetensi Pengembangan Ekonomi Regional
  1. Praktisi Perencanaan Kebijakan Publik
  2. Konsultan Perencanaan Ekonomi
  3. Perencana Bisnis dan Kewirausahaan
  4. Konsultan Perencanaan Pembangunan dan Kebijakan Publik
  1. Kompetensi Bisnis Internasional
  1. Konsultan Keuangan dan Pembiayaan Internasional
  2. Konsultan dan Praktisi Perdagangan Internasional
  3. Konsultan dan Praktisi Ekonomi Moneter Internasional
  4. Konsultan dan Praktisi Manajeman Ekspor Impor
  1. Kompetensi Moneter
  1. Konsultan dan Praktisi Ekonomi Moneter
  2. Konsultan dan Praktisi Teori Portofolio dan Analisis Investasi
  3. Konsultan dan Praktisi kebijakan moneter
  4. Konsultan dan Praktisi Ekonomi Keuangan

           Catatan: Pengertian tentang kompetensi utama, pendukung, dan lainnya dapat dilihat pada Kepmendiknas No. 045/U/2002.

 

 

5.1.2  Struktur Kurikulum

 

5.1.2.1  Jumlah sks PS (minimum untuk kelulusan) :  148 sks dari total 178 yang tersusun     sebagai berikut:

 

 

No.

Jenis Mata Kuliah

SKS

Keterangan

 
 

(1)

(2)

(3)

(4)

 

1

MATA KULIAH WAJIB

 

 

 

 

142

Terbagi dalam :
1. Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) = 19  SKS
2. Matakuliah Keilmuan Ketrampilan (MKK) = 36 SKS
3. matakuliah Keahliahan berkarya (MKB) =   27 SKS
4. Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB) = 49  SKS
5. Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) = 11 SKS

 

2

MATA KULIAH PILIHAN

    6

Tersedia mata kuliah pilihan sebanyak  36 SKS, terdiri dari
1.Matakuliah Keilmuan Keahlihan (MKK) =   9 SKS
2. Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB) =  27  SKS
3. Dari sejumlah   36 SKS matakuliah pilihan ini mahasiswa       diwajibkan  mengambil   6 SKS

 

TOTAL

148

 

 

 

 

 

5.1.2.2  Tuliskan struktur kurikulum berdasarkan urutan mata kuliah (MK) semester demi semester, dengan mengikuti format tabel berikut:

 

Smt

Kode MK

Nama Mata Kuliah *

Bobot sks

sks MK dlm Kurikulum

Bobot

Tugas ***

Kelengkapan ****

Unit/Jur/Fak
Penyelenggara

Inti **

Institusional

Deskripsi

Silabus

SAP

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

(10)

(11)

I

MPK001

Pendidikan Agama

3

 

 

Universitas

MPK 002

Bahasa Indonesia

3

 

 

Universitas

MPK 003

Pendidikan Pancasila

3

 

 

Universitas

PE3109

Pengantar Bisnis

3

 

 

Program Studi

MPK007

Pendidikan Anti Korupsi

1

 

 

Program Studi

PE3107

Pengantar Akuntansi I

2

 

Program Studi

PE2101

Matematika Ekonomi &

Bisnis

3

 

Program Studi

PE3101

Pengantar Ekonomi Mikro

3

 

Program Studi

Total SKS

21

 

II

PE2213

Pengantar Aplikasi

Komputer & Internet

2

 

Program Studi

PE3208

Pengantar Akuntansi II

2

 

Program Studi

PE4216

Hukum Bisnis

2

 

 

Program Studi

PE3302

Pengantar Ekonomi

Makro

3

 

Program Studi

PE3203

Teori Ekonomi Mikro I

3

 

Program Studi

PE3210

Pengantar Manajemen

2

 

 

Program Studi

MPK 005

Kewirausahaan dan

Koperasi

2

 

 

Universitas

PE1208

Bahasa Inggris Ekonomi

3

 

 

Program Studi

Tolal SKS

19

 

III

MPK004

Pendidikan

Kewarganegaraan

3

 

 

Universitas

PE4301

Pengantar Ekonomi

Pembangunan

3

 

 

Program Studi

PE2314

Statistik I

2

 

Program Studi

PE3305

Teori Ekonomi Makro I

3

 

Program Studi

PE4313

Ekonomi Internasional

3

 

 

Program Studi

PE5305

Sosiologi Politik

2

 

 

Program Studi

MPK006

Manajemen Bencana &

Lingkungan

1

 

 

Universitas

PE4314

Ekonomi Pengangkutan

2

 

 

Program Studi

Total SKS

19

 

IV

PE2415

Statistik II

2

 

Program Studi

PE4417

Ekonomi Perkotaan

2

 

 

Program Studi

PE2402

Matematika Ekonomi Lanjutan

3

 

Program Studi

PE3404

Teori Ekonomi Mikro II

3

 

Program Studi

PE4402

Ekonomi Publik I

3

 

 

Program Studi

PE4415

Bank & Lembaga Keuangan Lainnya

2

 

 

Program Studi

PE2407

Perencanaan

Pembangunan Ekonomi

3

 

Program Studi

PE5402

Perekonomian Indonesia

3

 

 

Program Studi

Total SKS

21

 

V

PE2505

Ekonometrika

3

 

Program Studi

PE2503

Sistem Ekonomi

2

 

 

Program Studi

PE4503

Ekonomi Publik II

3

 

 

Program Studi

PE3506

Teori Ekonomi Makro II

3

 

Program Studi

PE2506

Evaluasi Proyek

3

 

Program Studi

PE4519

Agrobisnis

3

 

 

Program Studi

PE4507

Ekonomi Regional

3

 

 

Program Studi

Total SKS

20

 

VI

PE4604

Ekonomi Moneter

3

 

 

Program Studi

PE2612

Metodologi Penelitian

3

 

Program Studi

PE4605

Ekonomi Sumber Daya

Manusia & Ketenaga

Kerjaan (1)

3

 

 

Program Studi

PE2611

Manajemen Perbankan

3

 

Program Studi

PE2610

E - commerce

2

 

 

Program Studi

PE5603

Kuliah Kerja Nyata

1

 

Program Studi

PE2604

Sejarah Pemikiran

Ekonomi

2

 

 

Program Studi

PE2612

Pasar Modal dan Analisis Investasi (2)

3

 

 

Program Studi

PE2613

Kebijakan Fiskal dan Moneter (3)

3

 

 

Program Studi

TOTAL SKS

17

 

VII

A. Konsentrasi Pengembangan Ekonomi Regional

PE4706

Ekonomi Industri

3

 

Program Studi

PE2709

Analisis Optimasi

3

 

Program Studi

PE4708

Ekonomi Kependudukan

2

 

 

Program Studi

PE2708

Perencanaan

Pengembangan Ekonomi

Regional

3

 

Program Studi

PE4718

Ekonomi Keuangan

Daerah

3

 

Program Studi

PE4709

Masalah & Kebijakan

Pembangunan (1)

3

 

 

Program Studi

PE4712

Manajemen Investasi

Daerah Otonomi (2)

3

 

 

Program Studi

PE4714

Manajemen Pendapatan

dan Belanja Daerah (3)

3

 

 

Program Studi

Total SKS

17

 

VII

B. Konsentrasi Bisnis Internasional

PE4706

Ekonomi Industri

3

 

Program Studi

PE2709

Analisis Optimasi

3

 

Program Studi

PE4716

Ekonomi Perdaganan

Internasioal

2

 

 

Program Studi

PE2716

Keuangan dan

Pembiayaan

Internasional

3

 

Program Studi

PE4715

Ekonomi Moneter

Internasional

3

 

Program Studi

PE4713

Manajemen Ekspor Impor

(1)

3

 

 

Program Studi

PE4711

Ekonomi Global (2)

3

 

 

Program Studi

PE4710

Lingkungan Internasional

(3)

3

 

 

Program Studi

Total SKS

17

 

C. Konsetrasi Moneter

PE4706

Ekonomi Industri

3

 

Program Studi

PE2709

Analisis Optimasi

3

 

Program Studi

PE4715

Ekonomi Moneter

Internasional

3

 

Program Studi

PE4717

Teori Portofolio dan

Analisis Investasi

3

 

Program Studi

PE4719

Kebanksentralan

 

2

 

 

Program Studi

PE4720

Ekonomi Moneter II (1)

3

 

 

Program Studi

PE4721

Ekonomi Keuangan (2)

3

 

 

Program Studi

PE 4722

Manajemen Keuangan (3)

3

 

 

Program Studi

Total SKS

17

 

VIII

A. Konsentrasi Pengembangan Ekonomi Regional

 

PE5801

Praktek Kerja Lapangan

Study Banding

1

 

Program Studi

PE4810

Seminar Ekonomi Industri

3

 

Program Studi

PE4811

Seminar Perencanaan

Pengembangan Ekonomi

Regional

3

 

Program Studi

PE4812

Seminar Ekonomi

Keuangan Daerah

3

 

Program Studi

PE5804

Skripsi

4

 

 

Program Studi

Total SKS

14

 

 

 

 

 

 

 

VIII

B.  Konsentrasi Bisnis Internasional

 

 

PE5801

Praktek Kerja Lapangan / Study Banding

1

 

Program Studi

 

PE4820

Seminar Ekonomi

Perdagangan

Internasional

3

 

Program Studi

 

PE4821

Seminar Moneter

Internasional

3

 

Program Studi

 

PE4822

Seminar Keuangan Dan

Pembiayaan

Internasional

3

 

Program Studi

 

PE5804

Skripsi

4

 

 

Program Studi

 

Total SKS

14

 

 

 

 

 

 

 

VIII

C. Konsentrasi Moneter

 

PE5801

Praktek Kerja Lapangan / Study Banding

1

 

Program Studi

 

PE4823

Seminar

Ekonomi Moneter

Internasional

3

 

Program Studi

 

PE4824

Seminar

Teori Portofolio dan

Analisis Investasi

3

 

Program Studi

 

PE4825

Seminar

Kebanksentralan

3

 

Program Studi

 

PE5804

Skripsi

4

 

 

Program Studi

 

Total SKS

14

 

 

 

 

 

 

 

 

Total SKS I-VIII

148

 

 

 

 

 

 

 

                       

 

 

*  Tuliskan mata kuliah pilihan sebagai mata kuliah pilihan I, mata kuliah pilihan II, dst. (nama-nama mata kuliah pilihan yang dilaksanakan dicantumkan dalam tabel 5.1.3.)

**   Menurut rujukan peer group / SK Mendiknas 045/2002 (ps. 3 ayat 2e)

*** Beri tanda √ pada mata kuliah yang dalam penentuan nilai akhirnya memberikan bobot pada tugas-tugas (praktikum/praktek, PR atau makalah) ≥ 20%.

****Beri tanda √ pada mata kuliah yang dilengkapi dengan deskripsi, silabus, dan atau SAP.  Sediakan dokumen pada saat asesmen lapangan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.1.3   Tuliskan mata kuliah pilihan yang dilaksanakan dalam tiga tahun terakhir, pada tabel berikut:

 

 

Semester

Kode MK

Nama Mata Kuliah (pilihan)

Bobot sks

Bobot Tugas *

Unit/Jur/Fak Penyelenggara

 
 

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

 

VI

PE4605

Ekonomi Sumber Daya Manusia & Ketenaga

Kerjaan

3

Program Studi

 

PE2612

Pasar Modal dan Analisis Investasi

3

Program Studi

 

PE2613

Kebijakan Fiskal dan Moneter

3

Program Studi

 

VII

Konsentrasi Pengembangan Ekonomi Regional

 

PE4709

Masalah & Kebijakan Pembangunan

3

Program Studi

 

PE4712

Manajemen Investasi Daerah Otonomi

3

Program Studi

 

PE4714

Manajemen Pendapatan dan Belanja Daerah

3

Program Studi

 

Konsentrasi Bisnis Internasional

 

PE4713

Manajemen Ekspor Impor

3

Program Studi

 

PE4711

Ekonomi Global

3

Program Studi

 

PE4710

Lingkungan

Internasional

3

Program Studi

 

Konsentrasi Moneter

 

 

PE4720

Ekonomi Moneter II

3

Program Studi

 

PE4721

Ekonomi Keuangan

3

Program Studi

 

PE 4722

Manajemen

Keuangan

3

Program Studi

 

Total SKS

27

 

 

 

 

* beri tanda √ pada mata kuliah yang dalam penentuan nilai akhirnya memberikan bobot pada tugas-tugas (praktikum/praktek, PR atau makalah) ≥ 20%.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.1.4   Tuliskan substansi praktikum/praktek yang mandiri ataupun yang merupakan bagian dari mata kuliah tertentu, dengan mengikuti format di bawah ini:

 

 

No.

Nama Praktikum/ Praktek

             Isi Praktikum/Praktek

Tempat/Lokasi Praktikum/Praktek

Judul/Modul

   Jam Pelaksanaan

(1)

(2)

(3)

   (4)

(5)

1

Aplikasi Komputer Internet

1. Microsoft Windows

2. Microsoft Word

3. Microsoft Excel

4. Microsoft Power Point

5. Pembuatan Blog

1,5

1,5

1,5

1,5

1,5

Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer

2

Laboratorium Statistik I

1.Pengantar Microsoft Excel

2.Distribusi Frekuensi

3.Pengukuran Nilai Sentral

4.Rata-rata Hitung

5.Pengukuran Dispersi

6.Pengukuran Kemencengan

7.Angka Indeks

8.Kolerasi dan

9 Analisis Regresi

10.Time Series

1,5

1,5

1,5

1,5

1,5

1,5

1,5

1,5

1,5

1,5

Lab. Komputer Statistik

Lab. Komputer Statistik

Lab. Komputer Statistik

Lab. Komputer Statistik

Lab. Komputer Statistik

Lab. Komputer Statistik

Lab. Komputer Statistik

Lab. Komputer Statistik

Lab. Komputer Statistik

Lab. Komputer Statistik

3

Laboratorium Statistik II

1.Operasional SPSS

2.Uji Binomial

3.Uji Beda Dua Rata-Rata

   DataIndependen

4.Uji Beda Dua Rata-RataData

   Berpasangan

5.Uji Chi-Square

6.Regresi dan Kolerasi

   Sederhana

7.Regresi dan Kolerasi

   Berganda

8.Analisis Varian

1,5

1,5

1,5

 

1,5

 

1,5

1,5

 

1,5

 

1,5

Lab. Komputer Statistik

Lab. Komputer Statistik

Lab. Komputer Statistik

 

Lab. Komputer Statistik

 

Lab. Komputer Statistik

Lab. Komputer Statistik

 

Lab. Komputer Statistik

 

Lab. Komputer Statistik

4

Laboratorium Ekonometrika

1. Regresi Berganda

2. Korelasi Berganda

3. Penyimpangan asumsi

    Klasik

4. uji Multikolinearitas

5. Uji Heterokedastisitas

6. Uji Autokorelasi

1,5

1,5

1,5

 

1,5

1,5

1,5

Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer

 

Labotarorium Komputer

Laboratorium Komputer

Laboratorium komputer

5

Perencanaan Pembangunan

1. Locationt Quotient (LQ)

2. Analisa : Shift – share (S-S)

3. Analisa Multiplier Effect

4. Analisa Tipologi Klassen

5. Index daya Beli (IBD)

2

2

2

2

2

 

Ruang Kuliah

Ruang Kuliah

Ruang Kuliah

Ruang Kuliah

Ruang Kuliah

6

Laboratorium Kewirausahaan

  1. Praktek pembuatan proposal usaha
  2. Praktek analisis kelayakan usaha
  3.  Praktek pelaksanaan dan evaluasi bisnis

2

 

2

 

2

Ruang Kuliah

 

Ruang Kuliah

 

Ruang Kuliah

 

 

 

5.2. Peninjauan Kurikulum dalam 5 Tahun Terakhir

        Jelaskan mekanisme peninjauan kurikulum dan pihak-pihak yang dilibatkan dalam proses peninjauan tersebut. 

 

Peninjauan kurikulum di Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Dr. Soetomo dilakukan  secara rutin dan terprogram. Secara periodik  Prodi Ekonomi melakuan peninjauan kurikulum 2 tahun sekali. Peninjauan kurikulum ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dan perubahan sesuai dengan perkembangan ilmu Ekonomi . Peninjauan kurikulum ini  dilakukan melalui rapat kurikulum yang melibatkan Pejabat Struktural Fakultas dan Ketua Program Studi, seluruh dosen yang ada di program studi, mahasiswa, alumni, pakar, dan pengguna. Peninjauan kurikulum ini dilakukan pada awal tahun ajaran. Peninjauan kurikulum dijadikan sarana evaluasi ataupun sharing terhadap kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung selama satu tahun akademik. Selain itu dilakukan juga pembahasan mengenai strategi pengembangan program studi.

 

Mekanisme peninjauan kurikulum di Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Dr. Soetomo dilakukan melalui beberapa tahapan yakni :

  1. Ketua prodi ekonomi melakukan evaluasi dan melihat relevansi kurikulum berdasarkan kebutuhan.
  2. Pembentukan Tim penyusun kurikulum dimana bertugas :
  1. Peninjauan RPS /silabus yang dilakukan rutin pada setiap 2 tahun sekali pada awal tahun akademik dan waktu pelaksanaannya dipilih pada waktu libur  semester dimana para dosen sudah selesai melakukan kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi, sehingga  hasil peninjauan RPS/Silabus ini lebih optimal. Tujuan yang ingin dicapai dari peninjauan kembali RPS/Silabus ini  adalah untuk mengevaluasi silabus sehingga topik perkuliahan sesuai dengan isu-isu ilmu Ekonomi   terbaru. Rapat peninjauan RPS/ Silabus program studi dihadiri oleh seluruh dosen yang ada di program studi. Peninjauan untuk pengembangan silabus dilakukan secara mandiri oleh dosen pengampu bersama tim bidang ilmu.
  2. Peninjauan substansi kurikulum dengan tujuan meninjau kesesuaian struktur kurikulum dengan perkembangan keilmuan  . Pelaksanaan peninjauan kurikulum ini dilakukan 2 tahun sekali sesuai dengan tuntutan perkembangan program studi dan kebutuhan praktis. Penyelenggaraan evaluasi substansi kurikulum ini antara lain dilakukan melalui hasil studi pelacakan yakni dengan cara menyebar kuisioner kepada mahasiswa, alumni dan pengguna. Data persepsi ini kemudian diolah dan disajikan dalam forum yang dihadiri oleh semua dosen dan pengelola program studi. Peninjauan kurikulum ditetapkan melalui keputusan bersama yang hasilnya dilaporkan kepada Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis    Universitas Dr. Soetomo selaku penanggungjawab program studi.

 

Dasar peninjauan kurikulum adalah:

Beberapa penyebab adanya perubahan kurikulum adalah :

  1. Perubahan Faktor Eksternal dan Faktor Internal. Faktor Eksternal adalah adanya perubahan orientasi dunia kerja atau kualifikasi yang lebih komplek. Faktor Internal yaitu adanya perubahan paradikma pendidikan, dimana perubahan tersebut menghasilkan perubahan terhadap kompetensi lulusan. Lulusan Perguruan Tinggi tidak cukup hanya memiliki bekal ilmu pengetahuan sesuai bidang studinya saja, tetapi juga harus mempunyai ketrampilan yang berguna dalam pekerjaannya (soft skills).  Guna menyesuaikan perubahan ini maka kurikulum harus dirubah, yaitu disebut dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).  Kurikulum berbasis kompetensi dikembangkan berdasarkan empat pilar pendidikan yang berasal dari konsep Unesco. Konsep Unesco yang berbasis kebudayaan ini terdiri dari empat pilar yakni learning to know,laerning to do.leraning to be,learning live together
  2. Evaluasi atas relevansi berbagai materi yang ditawarkan dengan perkembangan keilmuan dan kebutuhan penunjang, terutama di lingkungan ilmu Ekonomi Pembangunan Pembahasan tentang mata kuliah yang pernah diajarkan pada tahun ajaran berlangsung dievaluasi secara komprehensif untuk pengembangan pada tahun ajaran mendatang. Untuk keperluan tersebut, ketua program studi senantiasa mengambil inisiatif untuk melakukan rapat akademik yang mempertemukan semua dosen, sehingga sharing informasi dapat dilakukan. Hasil pertemuan tersebut kemudian dirumuskan kebijakan-kebijakan taktis yang berhubungan dengan penyempurnaan kurikulum serta arah pengembangan program studi.
  3. Umpan balik yang diperoleh dari para lulusan maupun para pengguna. Untuk kepentingan ini, program studi senantiasa menjalin hubungan dengan para alumni maupun para pengguna untuk mendapatkan input dalam upaya pengembangan program studi. Kritikan dan masukan akan menjadi bahan pertimbangan penting oleh program studi dalam menyusun rencana ke depan. Upaya-upaya ini dilakukan dalam bingkai kegiatan studi pelacakan yang dilakukan secara periodik oleh program studi.
  4. Agenda perubahan kurikulum menyangkut perubahan beberapa mata kuliah inti dan pilihan. Mata kuliah yang dianggap sudah tidak sesuai diganti dengan mata kuliah baru yang lebih representatif terhadap tuntutan perubahan. Selain itu, teknik penyampaian ataupun metode pembelajaran di kelas ditingkatkan kualitasnya, sehingga penyajian materi kuliah menjadi lebih menarik. Metode pembelajaran juga semakin difokuskan pada diskusi kelas untuk menstimulus keaktifan daya analitis mahasiswa dan penulisan paper digunakan untuk menganalisis persoalan-persoalan ekonomi yang aktual. Metode pembelajaran yang diterapkan di Program Studi Ekonomi Pembanguanan Universitas Dr. Soetomo menggunakan sistem SCL (Student Centre Learning) di mana fokus pembelajaran ada pada mahasiswa.

 

Perubahan Kurikulum Disesuaikan Dengan :

  1. Perkembangan ilmu pengetahuan
  2. Perkembangan teknologi
  3. Tuntutan masyarakat dan pengguna.
  4. Perubahan paradigma pendidikan

 

Pihak-Pihak yang Terlibat Dalam Mekanisme Peninjauan Kurikulum Program Sudi Ilmu Komunikasi   Universitas Dr. Soetomo adalah :

 1. Ketua Program Studi

 2. Dosen,

 3. Pengelola  

 4. Mahasiswa,

 5. Alumni,

 6. Tenaga Ahli / Pakar

 7. Praktisi

 8. Pengguna Lulusan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tuliskan hasil peninjauan tersebut, mengikuti format tabel berikut.

 

No.

No. MK

Nama MK

MK

Baru/

Lama/Hapus

Perubahan pada

Alasan Peninjauan

Atas Usulan/ Masukan  dari

Berlaku mulai Sem./Th.

Silabus/SAP

Buku Ajar

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

1

MPK006

Pendidikan Anti Korupsi

Lama

Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi pada kurikulum 2013 ditawarkan pada  semester 3 diubah menjadi semester 1. Tujuan dari peninjauan ini adalah agar mahasiswa mempelajari pendidikan etika dan moral lebih awal.

Peserta Lokakarya

(Dosen,mahasiswa,alumni, stake holder)

 

Semester gasal

2

PE5305

Sosiologi Politik

Lama

Mata Kuliah Sosiologi Politik yang awalnya ada di semester 1 diubah di semester 3 , tujuan dari peninjauan ini adalah agar mahasiswa mempelajari teori ilmu ekonomi terlebih dahulu baru mendapatkan ilmu lain yang sangat mempengaruhi ilmu ekonomi salah satunya Sosiologi Politik.

Peserta Lokakarya

(Dosen, mahasiwa, alumni, stake holder)

Semester gasal

3

 

PE4216

Hukum Bisnis

Lama

Perubahan Penamaan dari Mata Kuliah Pengantar Hukum Bisnis menjadi Hukum Bisnis, tujuan dari menghilangkan kata Pengantar karena mata kuliah  Hukum Bisnis di Fakulas Ekonomi dan Bisnis tidak ada lagi lanjutannya.

Peserta Lokakarya

(Dosen,mahasiswa,

alumni, stake holder)

Semester genap

4

PE3203

Teori Ekonomi Mikro I

Lama

Perubahan Penamaan dari Mata Kuliah Teori Ekonomi I menjadi Teori Ekonomi Mikro I bertujuan untuk memperjelas mata kuliah tersebut sehingga tidak membingungkan dosen dan mahasiswa

Peserta Lokakarya

(Dosen, mahasiswa, alumni, stake holder)

Semester genap

5

PE2604

Sejarah Pemikiran Ekonomi

Lama

Mata Kuliah Sejarah Pemikiran Ekonomi yang pada kurikulum 2013 berada di semester 3 dipindah di semester 6, dengan alasan bila ditawarkan di semester 6 mahasiswa sudah cukup mendapatkan dasar teorinya sehinga mahasiswa akan mampu memahami dengan baik mata kuliah Sejarah pemikiran dengan baik.

Peserta Lokakarya

(Dosen,mahasiswa,

alumni, stake holder)

Semster genap

6

PE2611

Manajemen Perbankan

Lama

Mata Kuliah Manajemen Perbankan  yang pada kurikulum 2013 ditawarkan di semester 3, pada kurikulum 2016 ditawarkan di semester 6, dengan alasan bila ditawarkan di semester 6 mahasiswa sudah cukup mendapatkan dasar teorinya sehinga mahasiswa akan mampu memahami dengan baik mata kuliah Manajemen Perbankan.

Peserta Lokakarya

(Dosen , mahasiswa, alumni , stake holder)

Semester genap

7

PE3305

Teori Ekonomi Makro I

Lama

Perubahan Penamaan dari Mata Kuliah Teori Ekonomi II menjadi Teori Ekonomi Makro I bertujuan untuk memperjelas mata kuliah tersebut sehingga tidak membingungkan dosen dan mahasiswa

Peserta Lokakarya

(Dosen,mahasiswa,

alumni, stake holder)

Semester ganjil

8

 

BLKL

Lama

Matakuliah BLKL (Bank Dan  Lembaga Keuangan Lainnya) pada kurikulum 2013 ditawarkan pada semester 5 kemudian pada kurikulum 2016 ditawarkan di semester 4. Tujuan dari peninjauan ini mahasiswa sudah cukup mendapat teori dan mahasiswa sudah siap bila ditawarkan pada semester 4.

Peserta Lokakarya

(Dosen, mahasiswa, alumni, stake holder)

Semester genap

9

 

MSDM

Baru

Matakuliah MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia) dihapus pada kurikulum 2016 karena sudah ada Mata Kuliah ESDM & Ketenagakerjaan  yang skopnya lebih luas dan memcakup MSDM

Peserta Lokakarya

(Dosen,mahasiswa,

alumni, stake holder)

 

10

 

ESDM & Ketenagakerjaan

Lama

Mata Kuliah ESDM & Ketenagakerjaan yang pada kurikulum 2013 ditawarkan di semester 4, pada kurikulum 2016 ditawarkan di semester 6, dengan alasan bila ditawarkan di semester 6 mahasiswa sudah cukup mendapatkan dasar teorinya sehinga mahasiswa akan mampu memahami dengan baik mata kuliah ESDM & Ketenagakerjaan .

Peserta Lokakarya

(dosen,mahasiswa, alumni, stake holder)

Semester genap

11

 

Teori Ekonomi Mikro II

Lama

Perubahan Penamaan dari Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro menjadi Teori Ekonomi Mikro II bertujuan untuk memperjelas urutan  mata kuliah tersebut sehingga tidak membingungkan dosen dan mahasiswa

Peserta lokakarya

(Dosen,mahasiswa,

alumni, stake holder)

Semester genap

12

 

Teori Ekonomi Makro II

Lama

 

Perubahan Penamaan dari Mata Kuliah Teori Ekonomi Makro menjadi Teori Ekonomi Makro II bertujuan untuk memperjelas urutan  mata kuliah tersebut sehingga tidak membingungkan dosen dan mahasiswa

Peserta Lokakarya

(Dosen,mahasiswa, alumni, stake holder)

Semester ganjil

13

 

Ekonomi Kependudukan

Lama

Mata Kuliah Ekonomi Kependudukan yang pada kurikulum 2013 ditawarkan di semester 5, pada kurikulum 2016 ditawarkan di semester 7, dengan alasan bila ditawarkan di semester 7 mahasiswa sudah cukup mendapatkan dasar teorinya sehinga mahasiswa akan mampu memahami dengan baik mata kuliah Ekonomi Kependudukan .

(Dosen,mahasiswa,

alumni, stake holder)

Semester ganjil

14

 

Agribisnis

Lama

Mata Kuliah Agribisnsi dihapus pada kurikulum sebelumnya (2013) , pada kurikulum 2016 Mata kuliah Agribisnis ditawarkan kembali karena matakuliah tersebut merupakan identitas konsentrasi prodi Ekonomi Pembangunan FEB Unitomo

Peserta Lokakarya

(Dosen, mahsiswa, alumni, stake holder)

Semester ganjil

15

 

Ekonomi Regional

Lama

Mata Kuiah Ekonomi Regional dihapus pada kurikulum sebelumnya (2013) , pada kurikulum 2016 Mata kuliah Ekonomi Regional  ditawarkan kembali karena matakuliah tersebut merupakan identitas konsentrasi prodi Ekonomi Pembangunan FEB Unitomo

Peserta Lokakarya

(Dosen,mahasiswa,

alumni, stake holder)

Semestsr ganjil

16

 

Ekonomi Moneter

Lama

Mata Kuliah Ekonomi Moneter yang pada kurikulum 2013 berada di semester 5 dipindah di semester 6, dengan alasan bila ditawarkan di semester 6 mahasiswa sudah cukup mendapatkan dasar teorinya sehinga mahasiswa akan mampu memahami dengan baik mata kuliah Ekonomi Moneter dengan baik

Peserta Lokakarya

(Dosen, mahasiswa, alumni, stake holder)

Semester genap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.3    Pelaksanaan Proses Pembelajaran

 

1.        Sistem pembelajaran dibangun berdasarkan perencanaan yang relevan dengan tujuan, ranah belajar dan hierarkinya. Proses pembelajaran dilaksanakan berdasarkan kalender akademik yang ditetapkan oleh universitas sebagai pedoman pelaksanaan di tingkat fakultas dan program studi. Kalender akademik dibedakan menjadi dua, yaitu semester Gasal dimulai pada bulan September sampai dengan Januari, dan semester Genap pada bulan Februari sampai dengan Juni.

 Sebelum proses belajar dimulai, baik semester Gasal maupun Genap, program studi mengadakan rapat rutin untuk menentukan ploting dosen dan ploting matakuliah yang akan diajukan ke pihak fakultas. Dalam rapat ini dibahas juga rencana kerja program studi, permasalahan yang timbul selama proses pembelajaran, juga untuk mengevaluasi hasil pembelajaran, antara lain silabi, SAP, dan prestasi mahasiswa.

2.        Pembelajaran dilaksanakan menggunakan berbagai strategi dan teknik yang mendorong mahasiswa untuk berfikir kritis, bereksplorasi, berkreasi, dan bereksperimen dengan memanfaatkan berbagai sumber. Salah satu implementasinya dengan menetapkan student center learning (SCL), terdiri atas 5 (lima) langkah, yaitu: pertama, dosen menyajikan materi kuliah dengan model ceramah. Kedua, dilakukan diskusi dan atau tanya jawab tentang materi yang sudah dijelaskan untuk diperdalam. Ketiga, dilaksanakan kuis, tes, pemberian tugas (pekerjaan rumah) yang dilaksanakan secara mandiri atau kelompok. Keempat, hasil tes atau tugas dibahas bersama. Dan kelima, ada penguatan dari dosen.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.3.1   Mekanisme Penyusunan Materi Kuliah dan Monitoring Perkuliahan

Jelaskan mekanisme penyusunan materi kuliah dan monitoring perkuliahan, antara lain kehadiran dosen dan mahasiswa, serta materi kuliah.

 

  1. Mekanisme Penyusunan Materi Kuliah

Mekanisme penyusunan materi perkuliahan di program studi Ekonomi Pembanguan adalah disusun dalam sebuah workshop dimana dosen dikelompokkan dalam Kelompok Bidang Keahlihan / Konsentrasi Program Studi Ekonomi Pembangunan terdapat tiga konsentrasi, yaitu (1) Kosentrasi Pengembangan Ekonomi Regional, (2) Konsentrasi Bisnis Internasional dan (3) Konsentrasi Moneter. Dari tiga konsentrasi yang ditawarkan sebagian besar mahasiswa Ekonomi Pembangunan memilih konsentrasi Pengembangan Ekonomi Regional selama 5 tahun terakhir ini. Jadi Kelompok Bidang Keahlihan/ Kosentrasiyang dibentuk adalah untuk konsentrasi Pengembangan Ekonomi Regional. Langkah-langkah atau pengembangan materi perkuliahan adalah sebagai berikut :

  1. Dosen yang telah dikelompokkan berdasarkan kompetensi dan keahlihan berdiskusi untuk menjabarkan diskripsi materi perkuliahan yang telah dirumuskan didalam kurikulum menjadi pokok-pokok materi perkuliahan beserta subcapaian pembelajaran yang sesuai dengan materi perkuliahan.
  2. Selanjutnya setelah dapat menjabarkan  diskripsi materi perkuliahan menjadi pokok-pokok perkuliahan , kelompok ini menyusun Rencana Pembelajaran Semester. RPS yang telah disusun tersebut dapat didiskusikan kembali sehingga menghasilkan RPS yang baik dan sesuai dengan materi kuliah.
  3. RPS yang telah disusun kemudian dirapatkan atau didiskusikan dalam rapat jurusan untuk mendapatkan masukan dari kelompok bidang keahlihan lainnya.
  4. Setiap dosen atau kelompok dosen mengembangkan bahan ajar atau materi perkuliahan berdasarkan RPS yang telah dikembangkan atau ditetapkan.
  5. Materi perkuliahan atau bahanajar yang telah dikembangkan selanjutnya digunakan sebagai sumber belajar dalam perkuliahan bersama dengan sumber belajar lain yang relevan.

 

  1. Monitoring Perkuliahan
  1. Monitoring Dan Evaluasi Kehadiran Dosen

Kehadiran dasen dalam pelaksanan perkuliahan sangat penting dilakukan monitoring dan evaluasi karena ha ini berkaitan dengan kesesuaian dan ketepatan terlaksananya RPS ketika disampaikan kepada mahasiswa. Program Studi Ekonomi Pembanguan dalam hal ini dibantu oleh petugas perkuliahan yang setiap harinya memantau kehadiran dari dosen sesuai jadwal yang telah ditentukan. Petugas melaporkan semua kegiatan dosen yang terjadwal setiap harinya dengan mengentri dalam sistem yang ada. Petugas melaporkan kehadiran dari dosen yang bersangkutan dan melaporkan materi yang diajarkan pada saat itu sesuai dengan berita acara yang telah ditulis oleh dosen yang bersangkutan. Langkah selanjutnya adalah monitoringdilakukan oleh Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Fakultas. Gugus Penjaminan Mutu ini bertugas memonitoring dan mengevaluasi kehadiran dosen dan kesuaian materi kuliah dan RPS yang ditelah dibuat oleh dosen yang bersangkutan. Hasil evaluasi akan menunjukkan kehadiran dosen dalam proses perkuliahan. Kehadiran dinilai baik bila dosen hadir sesuai dengan yang direncanakan oleh program studi yaitu 14 kali tatap muka dalam satu semester. Apabila kurang dari 14 kali tatap muka maka dosen harus memberikan kuliah pengganti , dan apabila dosen tidak hadirsbanya3 kali dan maka dosen yang bersangkutan akan mendapatkan surat Peringatan pertama dan pada semester selanjutnya akan dikurangi jam mengajarnya. Surat Peringatan kedua sanksinya lebih tegas lagi yaitu tidak diploting untuk mengajar.

 

  1. Monitoring Dan Evaluasi Kehadiran Mahasiswa

Monitoring dan evaluasi kehadiran mahasiswa diserahkan sepenuhnya kepada dosen pengampu mata kuliah. Kehadiran mahasiswa ini akan menentukan mahsiswa yang bersangkutan bisa atau tidak untuk mengikuti ujian tengah semester atau ujian akhir semeter. Mahasiswa dapat mengikuti ujian bila prosentase kehadiran minimal 75% dari total perkuliahan. Monitoring dan evaluasikehadiran mahasiswa ini dilakukan oleh dosen pengampu mata kuliah sesuai dengan daftar hadir yang telah ditandatangani oleh mahasiswa.

  1. Monitoring Dan Evaluasi Terhadap Materi Kuliah

Monitoring dan Evaluasi terhadap materi perkuliah dilakukan oleh GPM Fakultas. GPM memerikasa pelaksanan perkuliahan setiap minggu berdasarkan rekap yang telah dilakukan oleh petugas harian. Pada akhir bulan GPM membuat laporan hasil monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan dosen termasuk kesesuain materi dengan RPS yang telah dibuat oleh masing-masing dosen. Hasil monitoring bila ada dosen yang materi kuliahnya tidak sesuai dengan RPS yang sudah disyahkan maka dosen yang bersangkutan dipanggil dan diminta untuk menjelaskan dan diperingatkan agar memberi kuliah sesuai dengan RPS yang telah dibuat atau bila memang materi dirubah maka RPS juga harus dirubah

 

Untuk mendukung mekanisme monitoring tersebut, telah dikembangkan sistem informasi perguruan tinggi secara lebih baik. Sistem informasi tersebut didesain sesuai dengan kebutuhan penggunaannya, diantaranya: Sistem Informasi Akademik (SIMA) merupakan sistem informasi yang terintegrasi dan digunakan sebagai sumber informasi dan dan pengambilan keputusan di bidang akademik. SIMA berisi informasi historis akademik mahasiswa. Sistem Informasi Penjadwalan Perkuliahan merupakan system yang dibuat untuk keperluan menjaring data presensi perkuliahan, baik mahasiswa dan dosen. Informasi ini diperlukan untuk menjaga kualitas kontrol atas kegiatan perkuliahan.

 

 

 

5.3.2  Lampirkan contoh soal ujian dalam 1 tahun terakhir untuk 5 mata kuliah keahlian berikut silabusnya.

            Contoh soal dan silabi  telah kami lampirkan dalam lampiran tersediri untuk matakuliah:

            1. Ekonomi Perkotaan

            2. Ekonomi Publik I

            3. Perncanaan Pengembangan Ekonomi Regional

            4. Ekonomi Keuangan Daerah

            5. Agrobisnis

 

 

 

 

5.4   Sistem Pembimbingan Akademik

 

5.4.1  Tuliskan nama dosen pembimbing akademik dan jumlah mahasiswa yang dibimbingnya dengan mengikuti format tabel berikut: 

 

No.

Nama Dosen Pembimbing Akademik

Jumlah Mahasiswa Bimbingan

Rata-rata Banyaknya Pertemuan/mhs/semester

 
 

(1)

(2)

(3)

(4)

 

1

Aminullah Asagaf

7

4

 

2

Slamet Riyadi

7

4

 

3

Suyanto

7

4

 

4

Sri Utami Ady

9

4

 

5

Endang Susetyowati

9

4

 

6

Zamida

9

4

 

7

Wiwik Budiarti

9

4

 

8

Lumadya Adi (Tugas Belajar)

0

0

 

9

Shanty Ratna Damayanti

10

4

 

10

Veronika Nugraheni SL

9

4

 

11

Jajuk Suprijati

10

4

 

Total

86

40

 

Rata-Rata

7.82

3.64

 

 

 

 

5.4.2  Jelaskan proses pembimbingan akademik  yang diterapkan pada Program Studi ini dalam hal-hal berikut:

 

No

Hal

Penjelasan

(1)

(2)

(3)

1

Tujuan pembimbingan

  1. Memberikan pengarahan kepada mahasiswa dalam menyusun rencana studinya dan pertimbangan kepada mahasiswa dalam memilih matakuliah yang akan diambil untuk semester yang sedang berlangsung.
  2. Memberikan pertimbangan kepada mahasiswa tentang banyaknya kredit yang akan diambil dalam satu semester sesuai dengan indeks prestasi (IP) yang diperoleh pada semester berikutnya.
  3. Memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk meningkatkan prestasi dengan aktif dan mandiri

2

Pelaksanaan pembimbingan

Pembimbingan akademik adalah hak mahasiswa dan kewajiban dosen. Pelaksanaannya ada dua bentuk, yaitu:

  1. Pelaksanaan pembimbingan terjadwal selama 5 (lima) hari (Senin s/d Jumat) yaitu penyusunan rencana studi. Setelah mahasiswa membayar SPP, Her Registrasi, dan memperoleh Kartu Hasil Studi (KHS), mahasiswa menghadap DPAM untuk memperoleh bimbingan mengenai rencana matakuliah yang akan diambil semester berikutnya. Pelaksanaan penyusunan rencana studi minimal 2 (dua) kali dalam satu semester, yaitu pengisian  Kartu Rencana Studi (KRS) dan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS). Dapat juga dilaksanakan pembimbingan kembali apabila mahasiswa membatalkan atau mengganti matakuliah karena jadwalnya bersamaan.
  2. Pelaksanaan pembimbingan dapat kapan saja pada waktu jam kerja atau di luar jam kerja, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini dilakukan mengingat proses pembimbingan tidak hanya bidang akademik tetapi bidang non akademik, misalnya pengembangan bakat dan minat mahasiswa di bidang organisasi, pengabdian masyarakat, olah raga, seni dan budaya.

3

Masalah yang dibicarakan dalam pembimbingan

Masalah yang dibicarakan dalam pembimbingan dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu:

  1. Masalah akademis misalnya menurunnya Indeks Prestasi ((IP) dan atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), pengambilan dan pengulangan matakuliah, matakuliah prasyarat, kesulitan dalam mencerna proses perkuliahan, referensi perkuliahan dan tugas-tugas kuliah.
  2. Masalah non akademis, misalnya masalah keluarga, pertemanan, pergaulan, organisasi yang mengakibatkan menurunnya semangat kuliah dan konsentrasi belajar

4

Kesulitan dalam pembimbingan dan upaya untuk mengatasinya

Pada umumnya mahasiswa hanya berkonsultasi pada waktu pengisian KRS, dan yang dibicarakan hanya masalah akademis. Mahasiswa kurang terbuka terhadap masalah non akademis terutama masalah program studikologis yang dihadapinya, akibatnya dosen sangat kesulitan melakukan bimbingan secara intensif. Informasi yang diterima DPAM mengenai perkembangan mahasiswa bimbingan sangat minim, biasanya bersifat kasuistik. Misalnya: adanya laporan dari dosen lain tentang kasus yang dihadapi seorang mahasiswa, tetapi bila dikonfirmasi dengan mahasiswa tersebut cenderung tertutup.

Upaya untuk mengatasinya, diantaranya:

  1. Memperbaharui dan merekapitulasi kembali data mahasiswa, khususnya tentang identitas mahasiswa, terutama alamat tinggal dan nomor telepon atau handphone, email, facebook mahasiswa maupun orang tua, supaya DPAM tidak kehilangan kontak.
  2. Menyediakan waktu yang cukup, kapan saja waktu jam kerja atau di luar jam kerja, dan di mana saja di kantor atau di rumah, sesuai kesepakatan bersama antara dosen dan mahasiswa untuk berkonsultasi.
  3. Mahasiswa tidak hanya berkonsultasi dengan DPAM-nya, tetapi dapat juga berkonsultasi dengan dosen lain maupun ketua atau sekretaris jurusan.
  4. Mendatangkan konsultan motivator untuk memberikan arahan, bimbingan, atau motivasi bagi mahasiswa yang bermasalah dan mahasiswa baru.

5

Manfaat yang diperoleh mahasiswa dari pembimbingan

  1. Mahasiswa mengenal lebih dekat DPAM-nya sebagai tempat atau wahana konsultasi terutama masalah program studikologis sebagai pengganti atau pelengkap perhatian orang tua dan keluarga.
  2. Mahasiswa mengetahui hak dan kewajiban akademik dan atau non akademik, sehingga lebih bersemangat untuk mempercepat masa studi.
  3. Mahasiswa dapat menumbuhkan sikap mental, berkepribadian, berkomunikasi yang baik, serta beretika sebagai modal dalam meraih prestasi.

 

 

5.5   Pembimbingan Tugas Akhir / Skripsi

 

5.5.1   Jelaskan pelaksanaan pembimbingan Tugas Akhir atau Skripsi yang diterapkan pada PS ini. 

           

  1. Bagi mahasiswa yang sudah mencapai 110 SKS, berhak mengajukan bimbingan informal bagi rencana proposal melalui program studi ke konsentrasi masing-masing.
  2. Bagi mahasiswa yang sudah memprogramkan Skripsi program studi dan pendadaran berhak  melakukan bimbingan formal terhadap rencana proposal di konsentrasi masing-masing. Di konsentrasi rencana proposal disempurnakan baik tematik, landasan teori, jurnal yang relevan hingga rencana analisis data. Selanjutnya direkomendasikan calon Dosen Pembimbing yang salah satunya harus berasal konsentrasi yang bersangkutan. Hasil penetapan oleh konsentrasi diserahkan ke program studi.
  3. Penetapan dosen pembimbing didasarkan pada kebijakan masing-masing konsentrasi juga mengacu kepada buku rekapitulasi pembimbing skripsi program studi.
  4. Mulai saat itu mahasiswa sudah berhak melakukan konsultasi secara formal kepada dosen pembimbing masing-masing. Setelah proposal Skripsi program studi disetujui mahasiswa harus melakukan seminar proposal Skripsi program studi. Kegiatan seminar proposal dimaksudkan untuk memperoleh masukan dari dosen lain dan mahasiswa guna penyempurnaan proposal tersebut. Institusi seminar ini menjadi lembaga penentu kepastian rencana desain riset yang akan dilakukan mahasiswa di masa mendatang.
  5. Setelah desain riset disempurnakan, mahasiswa melakukan kegiatan penelitian dibawah bimbingan dosen pembimbing. Tugas pembimbing adalah lebih menekankan pada substansi penelitian dan juga  metode penelitian hingga teknik penulisan.
  6. Selama proses pembimbingan berlangsung mahasiswa wajib mendokumentasikan kegiatan bimbingannya dengan mengisi aktifitas bimbingan yang dilakukan di kartu konsultasi bimbingan Skripsi program studi. Kartu konsultasi yang sudah dilegalisasi oleh dosen pembimbing menjadi acuan bagi program studi untuk merekomendasi mahasiswa bisa melaksanakan ujian skripsi program studi dan pendadaran.
  7. Masa penyusunan Skripsi program studi maksimal 1 (satu) tahun terhitung mulai tanggal persetujuan ketua program studi dan dapat diperpanjang. Perpanjangan dapat dilakukan paling banyak 1 (satu) kali sepanjang jangka waktu studi masih memungkinkan.
  8. Rata-rata jumlah pertemuan dosen-mahasiswa untuk menyelesaikan Skripsi program studi minimal 10 (Sepuluh) kali mulai dari saat penetapan nama dosen pembimbing skripsi program studi hingga penyelesaian skripsi program studi.
  • Rata-rata banyaknya mahasiswa per dosen pembimbing tugas akhir (TA)

2 mahasiswa/dosen TA.

  • Rata-rata jumlah pertemuan dosen-mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir : 10 kali mulai dari saat mengambil TA hingga menyelesaikan TA.
  • Tuliskan nama-nama dosen yang menjadi pembimbing tugas akhir atau skripsi, dan jumlah mahasiswa yang bimbingan dengan mengikuti format tabel berikut: 

 

 

No.

Nama Dosen Pembimbing

Jumlah Mahasiswa

 
 

(1)

(2)

(3)

 

1

Aminullah Asagaf

1

 

2

Slamet Riyadi

1

 

3

Suyanto

2

 

4

Sri Utami Ady

2

 

5

Endang Susetyowati

2

 

6

Zamida

2

 

7

Wiwik Budiarti

3

 

8

Lumadya Adi (Tugas Belajar)

0

 

9

Shanty Ratna Damayanti

2

 

10

Veronika Nugraheni Sri Lestari

3

 

11

Jajuk Suprijati

3

 

Jumlah

21

 

Rata-Rata

1.91

 

 

 

 

 

  • Ketersediaan panduan pembimbingan tugas akhir (Beri tanda Ö pada pilihan yang sesuai):

 

            Ya

 

 

 

 

 

 

 

 

              Tidak

 

Jika Ya, jelaskan cara sosialisasi dan pelaksanaannya.

 

Fakultas Ekonomi Universitas Dr. Soetomo telah menyusun  Buku Pedoman Penulisan karya ilmiah (Skripsi). Buku pedoman penulisan karya ilmiah ini disusun oleh Tim yang telah ditunjuk oleh Dekan dan merupakan dosen yang mempunyai kompetensi dalam penyusunan buku pedoman penulisan karya ilmiah.  Buku pedoman ini dibagikan ke  mahasiswa yang sudah memenuhi syarat untuk menempuh tugas akhir, yaitu harus sudah menempuh 110 sks dari 148 sks yang harus ditempuh. Buku pedoman ini   menjadi panduan dalam penulisan karya ilmiah dan tugas akhir/skripsi program studi. Untuk memonitoring kemajuan mahasiswa dalam menulis tugas akhir  , ada Kartu Konsultasi Bimbingan Skripsi program studi Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis   Universitas Dr. Soetomo yang memuat hasil koreksi dosen atas proposal/draf Skripsi program studi yang diajukan mahasiswa. Kartu tersebut juga dilengkapi data diri mahasiswa (nama, NIM,   jurusan, judul skripsi program studi) Selain itu, kartu ini memuat tanggal konsultasi  agar terdeteksi lamanya penyelesaian tugas akhir.

Dalam penulisan skripsi , mahasiswa dibimbing oleh dosen pembimbing. Tugas dosen pembimbing mengarahkan mahasiswa mengenai substansi skripsi , mengarahkan dalam tata cara penulisan yang benar sesuai dengan pedoman yang ada. 

Sosialisasi pelaksanaan pembimbingan melalui mekanisme sebagai berikut:

  1. Mahasiswa pada semester VII yang sudah menempuh minimal 110 sks  dikumpulkan untuk mendapat pengarahan dari ketua Program studi
  2. Agenda pertemuan tersebut ketua jurusan menjelaskan mekanisme penyusunan tugas akhir dan syarat-syarat yang harus dipenuhi beserta prosedur pengajuannya.
  3. Mahasiswa yang telah mengikuti pertemuan tersebut dan telah memenuhi persyaratan akademik, maka diperbolehkan mengajukan permohonan penyusunan tugas akhir.
  4. Selanjutnya mahasiswa melakukan proses administrasi penyusunan skripsi di TU (bagian akademik).
  5. Kemudian mahasiswa mengisi form pengajuan penyusunan skripsi sesuai dengan buku pedoman penyusunan skripsi.
  6. Mahasiswa mengajukan tiga draft judul skripsi ke ketua program studi
  7. Setelah ketua program studi penyetujui draf judul kemudian dikonsultasikan ke dekan untuk penentuan dosen pembimbing.

 

 

 

5.5.2  Rata-rata lama penyelesaian tugas akhir/skripsi pada tiga tahun terakhir :  5  bulan. (Menurut kurikulum tugas akhir direncanakan 1 semester).

 

 

 

5.6  Upaya Perbaikan Pembelajaran

Uraikan upaya perbaikan pembelajaran serta hasil yang telah dilakukan dan dicapai dalam tiga tahun terakhir dan hasilnya.

 

Butir

Upaya Perbaikan

Tindakan

Hasil

 

(1)

(2)

(3)

 

Materi Ajar

  • Membuat dan memperbaiki RPS, RPP  dua tahun sekali.

 

  • Membuat buku ajar.

 

 

  • Menugaskan mahasiswa untuk mencari materi kuliah dari berbagai sumber.

 

 

 

  • Pengayaan materi ajar melalui pemanfaatan hasil-hasil penelitian yang dilakukan dosen.
  • Pengayaan materi ajar melalui pengadaan buku-buku referensi

 

  • Dosen lebih terarah dalam menyampaikan materi kuliah.
  • Mahasiswa dan dosen lebih mudah mengikuti alur perkuliahan.
  • Dosen lebih mampu dalam mengembangkan materi dan metode pengajaran dalam mata kuliah yang diampu dari pengayaan materi ajar.
  • Mahasiswa lebih kaya akan materi kuliah dari berbagai sumber.
  • Meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

 

 

Metode Pembelajaran

  • Menerapkan metode tutorial, diskusi kelompok, audio visual
  • Mengundang narasumber dari  praktisi, aktivis, dan penulis buku.
  • Menugaskan mahasiswa dengan problem solving atau studi kasus

 

  • Meningkatkan efektivitas metode pembelajaran yang berbasis mahasiswa (student- centered learning)
  • Mahasiswa lebih memahami materi kuliah beberapa metode pembelajaran, dan narasumber
  • Mahasiswa lebih mendalami materi ajar dengan mengana-lisis kasus.
  • Mahasiswa lebih memahami materi kuliah dengan beberapa metode  penugasan.

 

Penggunaan Teknologi Pembelajaran

  • Fakultas menyediakan sarana  LCD, layar projector
  • Menggunakan sarana internet seperti e-learning
  • Mahasiswa lebih mema-hami materi kuliah dengan beberapa media pembelajaran.
  • Memudahkan dosen dalam menyampaikan materi kuliah.
  • Materi kuliah dapat disampaikan dengan baik dan tepat, mahasiswa dapat mengkopinya melalui flashdisk.
  • Mahasiswa dapat me-manfaatkan teknologi terbaru sehingga nanti-nya tidak gagap ketika memasuki dunia kerja.

 

 

Cara-cara evaluasi

  • Mengevaluasi proses belajar mengajar  melalui jurnal perkuliahan
  • Melaksanakan evaluasi sesuai dengan pedoman penilaian.
  • Evaluasi tugas, UTS ,dan UAS
  • Meningkatkan kualitas kinerja akademik dosen.
  • Memiliki acuan penilaian yang jelas.
  • Mahasiswa memperoleh nilai sesuai dengan ke-mampuan dan pedoman penilaian yang pasti.
  • Pemberian nilai kepada mahasiswa objektif dan fair

 

Pengenalan Mahasiswa terhadap Dunia kerja

  • Magang

 

 

 

  • Mengembangkan soft skills

 

 

 

 

  • Kewirausahaan
  • Mahasiwa mempunyai gambaran apa yang dibutuhkan oleh dalam dunia kerja
  • Mahasiswa mempunyai keahlihan khusus yang bisa dijadikan kompetensi unggulan yang dimiliki.
  • Kemampuan mahasiswa untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri

 

 

 

 

5.7  Upaya Peningkatan Suasana Akademik

Berikan gambaran yang jelas mengenai upaya dan kegiatan untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif di lingkungan PS, khususnya mengenai hal-hal berikut:

 

  1. Kebijakan tentang suasana akademik (otonomi keilmuan, kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik).

 

Peraturan akademik Universitas Dr Soetomo tahun 2013 berisi tentang kebijakan suasana akademik dan didalanya dijelaskan (1) Otonomi Keilmuan, (2) Kebebasan Akademik, (3) Kebebasan mimbar akademik. Kegiatan akademik dilakukan selama satu tahun sesuai dengan kalender akademik sehingga semua kegiatan dalam satu tahun tersebut sudah terjadwal. Kebijakan tentang suasana akademik meliputi otonomi keilmuan, kebebasan akademik dan kebebasan mimbar akademik)

 

  1. Otonomi Keilmuan:

Ilmu pengetahuan dapat diperoleh karena bakat dan kerja keras, jadi keberhasilan seseorang tidak saja ditentukan oleh talenta melainkan juga kerja keras, kreatifitas, kejernihan pikiran, ketajaman penalaran dan kecintaan yang sangat dalam pada ilmu pengetahuan itu sendiri. Kebebasan untuk menerapkan cara yang tepat untuk observasi, eksperimen dan analisisnya dan kebebasan untuk menetapkan Teknik mengambil kesimpulan juga untuk memberikan prediksinya. Wewenang masyarakat keilmuan sebagai suatu kelompok dan ilmuan sebagai warga masyarakat sebagai individu mandiri dan bebas dari campur tangan pihak manapun dalam kegiatan keilmuan inilah yang disebut dengan otonomi keilmuan. Program studi Ekonomi Pembangunan Universitas Dr. Soetomo melaksanakan pengelolaan otonomi keilmuan  pendidikan tinggi yang akuntabel, berdasar azas keadilan dan keterbukaan, memanfaatkan kecerdasan dan kebijakan kolektif seluruh sivitas akademika, dengan sasaran terwujudnya budaya dan sistem mutu secara menyeluruh. Dosen diberikan wewenang penuh untuk mengembangkan dan menerapkan cara yang tepat untuk melakukan observasi, eksperimen dan analisisnya dan juga dalam pengambilan kesimpulan sekaligus dalam prediksi dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian. . Upaya perbaikan metode pembelajaran dilakukan melalui pengembangan metode diskusi kelompok, diskusi kelas dan tutorial. Pada intinya, metode tersebut dikembangkan sebagai sarana meningkatkan interaksi antara mahasiswa dan dosen serta antar mahasiswa dalam proses perkuliahan. Selain itu, metode tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa. Dalam penelitian dan pengabdian dosen diberi kebebasan dalam menentukan metodologi yang tepat dan menghasilkan analisis dan kesimpulan yang tepat pula. Program studi  mendorong dilakukan metode pembelajaran diluar kelas dalam bentuk: 1) kuliah kerja, 2) kuliah kerja lapang; 3) praktek kerja lapang dan 4) praktikum. Disamping itu juga    dilakukan melalui pengembangan metode diskusi kelompok, diskusi kelas dan tutorial. Pada intinya, metode tersebut dikembangkan sebagai sarana meningkatkan interaksi antara mahasiswa dan dosen serta antar mahasiswa dalam proses perkuliahan. Selain itu, metode tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa. Program studi menfasilitasi terciptanya suasana akademik yang ilmiah dengan kegiatan antara lain: beragam kegiatan kajian atau penelitian beserta desiminasinya yang meliputi seminar, workshop, poster, lokakarya, semiloka, bedah buku, debat ilmiah Kegiatan pengajaran juga didorong oleh program studi supaya kaya inspirasi ilmiah melalui penggunaan beragam media pembelajaran, audio visual, open sourcing, circle study hingga metode pembelajaran orang dewasa. Kebebasan atau otonomi keilmuan ini harus disertai tanggung jawab sosial dari para ilmuan. Tanggung jawab sosial ini diwujudkan dalam kesetian ilmuan bahwa ilmu bagi dan untuk kemaslahatan masyarakat. Tanggung jawab sosial juga tercermin dari penerapan IPTEK tanpa melanggar HAM dan terjaminnya pembangunan berkelanjutan.

 

  1. Kebebasan Akademik

Kebebasan akademik merupakan ciri khusus  yang harus ada dalam sebuah lembaga pendidikan tinggi. Setelah mendapatkan otonomi keilmuan maka untuk mendapatkan suasana akademik yang kondusif maka sivitas akademika juga perlu mendapatkan kebebasan akademik. Kebebasan akademik ini ditujukan kepada masyarakat akademik yaitu semua orang yang mengajar, belajar, meneliti dan civitas akademika (selain tenaga administrasi). Dosen sebagai bagian akademik yang tugas utamanya adalah melaksanahan pengajaran juga sangat memerlukan suasana akademik yang bebas tanpa campur tangan dari pihak manapun. Dalam melaksanakan  pengajaran dosen juga tidak terlepas dari kegiatan tri darma yang lainnya yaitu penelitian dan pengabdian. Penjelasan diatas menunjukan bahwa diawali dosen menentukan bidang ilmu yang ditekuni untuk menjadi kopentensinya yang kemudian diajarkan ke mahasiswa. Dari kompetensi yang dimilikinya ini dosen melakukan penelitian sesuai dengan keahlihan yang dimilikinya. Dalam hal pengabdian tidak harus sesuai dengan keahlihan/ kepakaran yang dimiliki tetapi juga dapat berdasarkan keahlihan soft skills yang dimiliki. Dapat diartikan pula disini bahwa pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan akademik yang memerlukan suasana kebebasan akademik, bukan saja  karena pengabdian ini bagian dari tri darma perguruan tinggi tetapi pengabdian kepada masyarakat ini dapat dilihat sebagai ujung kegiatan penelitian. Dari uraian diatas kebebasan akademik yang dimaksud adalah kebebasan atau hak memilih bidang yang akan ditekuni , persoalan yang kendak diteliti , penerapn metode eksperimental, analisis dan media untuk mendesiminasikan temuannya. Program Studi Ekonomi Pembangunan sangat memperhatikan kebebasan akademik. Beberapa kebijakan yang diambil telah memungkinkan tumbuhnya suasana kebebasan akademik telah dilakukan Program Studi Ekonomi Pembangunan, diantaranya:

  1. Pada awal semester dosen diberi form untuk mengisi kesediaan mengajar sesuai dengan bidang ilmu yang dikuasai. Dari hasil form tersebut disusun  ploting dosen mengajar yang sesuai dengan kesedian mengajar yang telah diisi dosen.
  2. Setiap dosen juga diberikan kebebasan untuk menyusun  RPS untuk mata kuliah yang diampuh. Dalam penyusunan RPS dosen bebas menentukan metode belajar dan sistem  penilaian.
  3. Membuat atau menyusun penelitian sesuai  dengan bidang keahlihan dan kepakaran yang dimilikinya.
  4. Pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan keahlihan dan kemampuan soft skills yang dimilikinya.

Kebebasan akademik juga untuk mahasiswa dimana mahasiswa dalam kebebasan akademik bebas untuk turut serta mengembangkan ilmu pengetahuan yang diperolehnya dan melakukan penelitian sesuai dengan pemahaman ilmu yang sudah dimilikinya dan juga melakukan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan ketrampilan yang dimiliki dan juga bebas untuk mendesiminasikan ke publik.

 

  1. Kebebasan Mimbar Akademik

Otonomi Keilmuan dan Kebebasan akademik akan sempurna bila disertai juga oleh kebebasan mimbar. Kebebasan mimbar akademik dosen program Studi Ekonomi Pembangunan meliputi kebebasan yang dimiliki dosen untuk menyampaikan pikiran, gagasan dan pendapat melalui forum akademik sesuai dengan norma dan kaidah keilmuan. Kebebasan mimbar ini dapat berupa mengukuti seminar , ceramah, sebagai narasumber, symposium, diskusi panel dan lain sebagainya yang semuanya ini bertujuan dalam rangka tercapainya pendidikan yang professional.

 

 

 

 

  1. Ketersediaan dan jenis prasarana, sarana dan dana yang memungkinkan terciptanya interaksi akademik antara sivitas akademika.

 

Interaksi akademik di antara sivitas akademika yang kondusif merupakan hal yang penting dan perlu untuk terus diupayakan. Untuk itu maka ketersediaan prasarana, sarana, dan dana  yang memungkinkan terciptanya hal tersebut menjadi  tak terelakkan. Program studi Ekonomi Pembangunan telah berusaha untuk memenuhi tuntutan tersebut. Ini dapat dilihat dari sejumlah prasarana dan sarana yang dimiliki atau digunakan sepenuhnya oleh program studi dan sarana dan sarana dan  prasarana yang di sediakan oleh Fakutas Ekonomi Dan Bisnis dan juga oleh Universitas  yaitu:

 

SARANA DAN PRASARANA PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN

  1. Ruang dosen 

Fakultas Ekonomi dan bisnis mempunyai ruang dosen untuk masing-masing dosen, termasuk dosen dari program studi Ekonomi Pembangunan. Ruang dosen ini diperuntukkan untuk dosen dalam melakukan kegiatan akademik sepertimembuat buku ajar , RPS , soal, materi kuliah dan menyusun penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu ruang dosen ini digunakan untuk memberikan pelayanan kepada mahasiswa pada saat perwalian, bimbingan skripsi atau konsulatasi masalah perkuliahan.

  1. Ruang seminar mahasiswa

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis juga memberikan fasiltas ruangan untuk seminar bagi mahasiswa baik itu seminar proposal atau pada saat mengadakan acara seminar program studi.

  1. Ruang ujian akhir mahasiswa

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis juga memberikan fasilitas berupa ruang untuk mengadakan ujian akhir bagi mahasiwa, dimana ruang tersebut tersedia media yang mendukung mahasiswa dalam memaparkan skripsinya , yaitu berupa LCD dan peralatan peunjang lainnya

  1. Ruang rapat program studi

Ruang rapat program studi Ekonomi Pembangunan berada dalam satu ruang dengan ruang dosen dan diposisikan ditengan-tengan ruang. Ruang ini diagunakan pada saat program studi Ekonomi Pembangunan mengadakan rapat-rapat prodi. Selain digunakan rapat, ruang ini bisa diagunakan sebagai tempat berkumpul para dosen untuk bersilahturahi atau berdiskusi .

  1. Ruang pelayanan akademik

Ruangpelayanan akademik bersebelahan dengan ruang dosen, dimana ruang pelayanan akademik adalah tempat untuk memberikan pelayanan akademik untuk mahasiswa dan dosen.

  1. Ruang Laboratorium Ekonomika

Ruang Laboratorium Ekonomika yang dimiliki oleh program studi Ekonomi pembangunan digunakan untuk secara khusus mahasiswa Ekonomi Pembangunan untuk mata kuliah Ekonometrika, e-Comerce, Aplikasi Komputer dan juga Statistik yang ada beberapara program yang berbeda yang harus dipelajari oleh mahasiswa Ekonomi Pembangunan yang tidak dipelajari oleh mahasiswa manajemen dan Akuntansi

  1. Perpustakaan

Program Studi Ekonomi Pembangunan mempuyai perpustakaan sendiri, dimana buku-buku koleksi perpustakan adalah sumbangan dari para alumni dan memiliki koleksei buku yang menunjang keperluan para dosen untuk melakukan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Di Perpustakaan Program studi ini semua dosen Ekonomi Pembangunan bisa meminjam.

 

SARANA DAN PRASARANA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

Di samping prasarana dan sarana milik program studi, terdapat pula prasarana dan sarana yang dapat digunakan bersama oleh sivitas akademika FEB, yakni:

  1. Laboratorium Komputer

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis juga menyediakan laboratorium yang menunjang perkuliahan untuk perkuliahan yang bersifat umum seperti Statistik danAplikasi Komputer dimana semua jurusan mendapatkan matakuliah tersebut

  1. Ruang rapat fakultas

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis menyediakan ruang untuk mengadakan rapar-rapat yang diagendakan oleh Fakulutas seperti rapat pada saat ploting mata kuliah pada setiap semesternya atau rapat yang bertujuan untuk pengembangan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis dimana semua dosen harus hadir untuk memberikan sumbangan pemikiran dan saran

  1. Akses Internet

Akses internet merupakan kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan, karena semua pekerjaan pada saat ini sangat tergantung pada akses internet baik untuk keperluan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Fakultas Ekonomi dan Bisnis menyediakan akses internet 10 Mbps dimana akses internet ini dapat digunakan untuk menujang kegiatanpara dosen.

  1. Loker

Fakuktas Ekonomi Dan Bisnis juga menyediakan loker untuk masing-masing dosen untuk menyimpan buku , dokumen atau barang lain dari para dosen. Dengan demikian dosen akan lebih mudah bila memerlukan buku dan dokumen yang diperlukan tanpa harus menunda karena harus pulang lebih dahulu.

 

SARANA DAN PRASARANA UNIVERSITAS

Demi terlaksananya interaksi akademik yang lebih baik, Universitas juga menyediakan saran dan prasarana yang mendukung adanya interaksi akademik, yaitu:

  1. Perputakaan

Perpustakaan yang dimiliki Universitas Dr Soetomosangat representatif dan nyaman tersedia bagi mahasiswa. Mahasiswa dapat menggunakanperpustakaan. Perpustakaan ini dapat diakses oleh seluruh mahasiswa Unitomo dari berbagai fakultas dan jenjang pendidikan Koleksi perpustakaan ini sebagian berasal dari sumbangan alumni dan dari Universitas sendiri.

  1. Auditorium

Ruang Auditorium yang dimiliki oleh Universitas ada 2 ruang. Ruang Auditorium yang pertama bernama ruang Ki Moh. Saleh dengan luas 483m2 adalah ruang pertemuan yang paling luas yang dimiliki oleh universitas Dr Soetomo dimana ruang ini digunakan untuk melaksanakan acara yang besar seperti seminar nasional, internasional , kuliah umum dan sebagainya. Ruang Auditorium yang ke 2 bernama ruang RM Sumantri dengan luas 108m2 , dimana ruang auditorium ini lebih kecil dibanding dengan rauang yang pertama dan diperuntukan untuk acara yang lebih kecil dengan peserta yang lebih sedikit.

  1. Akses Internet

Universitas Dr Soetomo juga menyediakan akses internet untuk menunjang kegiatan Universitas dan para dosen. Akses internet yang disediakan Universitas adalah sebesar 40 Mbps.

  1. Ruang Kelas yang memiliki fasiltas LCD, computer  dan ber AC

Ruang Kelas yang digunakan untuk ruang kuliah berada di dua Gedung yaitu Gedung F dan Gedung H . Ruang kelas yang dimiliki oleh Universitas Dr Soetomo semua sudah mempunyai fasilitas LCD, Computer dan Ber AC.

 

  1. Tempat Ibadah

Masjid milik Universitas Dr. Soetomo yang dapat digunakan oleh dosen, mahasiswa, maupun tenaga kependidikan untuk melaksanakan ibadah. Dengan luas 600 meter persegi, masjid tersebut dapat menampung cukup banyak mahasiswa dan dosen secara bersamaan

 

DANA

Ketersedian dana sangatlah penting untuk mendukung terlaksananya interaksi akademik di Program Studi Ekonomi Pembangunan. Dana untuk mendukung terlaksananya interaksi akademik disediakan rutin oleh universitas dan Fakultas.

 

 

 

  1. Program dan kegiatan di dalam dan di luar proses pembelajaran, yang dilaksanakan baik di dalam maupun di luar kelas,  untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif (misalnya seminar, simposium, lokakarya, bedah buku, penelitian bersama, pengenalan kehidupan kampus, dan temu dosen-mahasiswa-alumni).

 

Dalam rangka menciptakan suasana akademik yang kondusif program studi telah melaksanakan beberapa kegiatan: Program dan kegiatan di dalam dan di luar proses pembelajaran, yang dilaksanakan baik di dalam maupun di luar kelas,

  1. Pengenalan bagi mahasiswa baru dilaksanakan setiap tahun ajaran baru. Pelaksanaan kegiatan dimulai di tingkat universitas dan dilanjutkan di tingkat fakultas dengan materi :

a). keorganisasian,

b). Sistem pembelajaran di perguruan tinggi,

c). kegiatan ekstrakurikuler,

d). teknologi informasi.

Pengenalan  juga dilaksanakan di program studi dengan melibatkan dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa.

  1. Pengenalan bagi mahasiswa baru di tingkat Fakultas Ekonomi Dan Bisnis  LK3 ( layanan Kegiatan Kreativitas Kemahasiswaan )  bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap proses studi mahasiswa maupun kegiatan ekstra kulikuler untuk mencetak dan mengkader mahasiswa yang memiliki soft skill sesuai dengan kepribadiaan almamater universitas Dr. Soetomo. Kegiatan ini dilakukan secara rutin bagi mahasiswa baru setelah mahasiswa mengikuti kegiatan orientasi pengnalan lingkungan
  2. Mengadakan Kuliah Tamu dengan mengundang dari LPS (Lembaga Penjamin Simpanan ), Kemenkeu dan HIPMI
  3. Memberikan Sosialisasi & Pelatihan Investasi Komoditi Berjangka kepada mahasiswa agar mahasiswa lebih mengenal pemahaman tentang investasi.
  4. Temu dosen mahsiswa dan alumni.

 

  1. Interaksi akademik antara dosen-mahasiswa, antar mahasiswa, serta antar dosen.

 

A. Interaksi Akademik Antara Dosen-Mahasiswa

Aktivitas antara dosen dan mahasiswa program studi yang menunjukkan interaksi akademik secara formal dilaksanakan  melalui

  1. Perkuliahan: dalam perkuliahan dosen dituntut untuk memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memberikan umpan balik, masukan sekaligus tanggapan kritis terhadap materi-materi yang diberikan oleh dosen. Masukan para mahasiswa ini sekaligus menjadi bahan evaluasi bagi dosen dalam perkuliahan, dan bahkan para dosen yang berhasil membangun proses perkuliahan yang baik akan mendapat award dari program studi. Interaksi akademik ini dilakukan minimal 12 kali  dan maksimal 14 kali selama satu semester.
  2. Bimbingan Skripsi program studi: dalam  proses pembimbingan terjadi proses interaksi yang lebih intensif antara dosen dan mahasiswa. Selama proses penyelesaian Skripsi program studi rata-rata dilakukan 8-10 kali pertemuan intensif antara dosen dan mahasiswa.
  3. Bimbingan Akademik: dalam proses pembimbingan akademik, DPAM (Dosen Pembimbing Akademik Mahasiswa) menjalankan tugas untuk membimbing mahasiswa dalam fase-fase proses perkuliahannya sekaligus membantu memberikan jalan keluar jika mahasiswa yang bersangkutan menghadapi permasalahan.
  4. Tutorial: proses tutorial bertujuan untuk pendalaman materi mata kuliah teori-teori ekonomi dan pembahasan konsep-konsep terkait, menjadi salah satu media untuk meningkatkan interaksi akademik antara dosen dan mahasiswa. Materi kuliah yang belum dipahami secara maksimal dalam proses perkuliahan, akan dituntaskan dalam proses tutorial. Jika waktu untuk bertanya dalam proses perkuliahan terkadang menemui hambatan keterbatasan waktu, maka dalam proses tutorial mahasiswa mempunyai waktu berinteraksi lebih optimal dengan dosen.
  5. Proses Perkuliahan: selain melibatkan mahasiswa dalam kegiatan penelitian, mahasiswa juga dilibatkan untuk aktif membantu dosen dalam proses pembelajaran di kelas.

 

B. Interaksi Akademik Antar mahasiswa

Mahasiswa memiliki mekanisme tersendiri untuk bisa meningkatkan kemampuan akademisnya baik dalam penguasaan teori-teori ekonomi, kemampuan melakukan penelitian, kemampuan berorganisasi, kewirausahaan, maupun kemampuan lainnya  dengan cara  melakukan interaksi dengan mahasiswa yang lain. Wadah-wadah untuk melakukan interaksi akademik tersebut antara lain dalam: UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa).

 

C. Interaksi Akademik Antar Dosen

Interaksi akademik antar dosen program studi antara lain dilakukan dalam kegiatan-kegiatan:

  1. Diskusi Bulanan: selain  bertujuan untuk merangsang para dosen agar mau menampilkan/mengemukakan ide-idenya, diskusi ini menjadi forum para dosen untuk mengevaluasi kegiatan akademik selama sebulan sekaligus mengagendakan kegiatan-kegiatan untuk sebulan berikutnya.
  2. Lokakarya Silabus dan Kurikulum: Lokakarya silabus dan kurikulum bertujuan untuk mengevaluasi materi perkuliahan dan kurikulum program studi disesuaikan dengan kompetensi lulusan yang diharapkan. Dalam kegiatan ini, para dosen saling memberikan masukan terhadap materi perkuliahan dosen yang lain.
  3. Penelitian: Proses penelitian menjadi salah satu ruang bagi para dosen untuk melakukan interaksi akademik. Penelitian yang dilakukan dalam bentuk tim (3-5 orang) membuat proses interaksi akademik antar dosen berjalan cukup intensif, mulai dari penyusunan proposal, penelitian, sampai tahap pelaporan.

 

 

  1. Pengembangan perilaku kecendekiawanan.

 

Untuk mengembangkan perilaku kecendekiawanan para mahasiswa dan dosen, beberapa kegiatan dilakukan untuk mengasah dan mengembangkan perilaku kecendekiawan tersebut. Kegiatan tersebut antara lain:

  1. Setiap tahun  dosen Bersama mahasiswa melakukan bagi-bagi ta’jil pada bulan Ramadhan yang dilakukan didepan kampus Unversitas Dr Soetomo
  2. Pada bulan Ramadhan tahun 2017 Dosen berama HIMA Ekonomi Pembanguan melakukan baksos mengunjungi panti asuhan Hidayatush Shibyan dan memberikan santunan berupa uang dan sembako
  3. Pada musibah gempa dan Tsunami di Lombok dan Sulawesi (Palu dan donggala)

Melakukan penggalangan dana.

  1. Program Studi Ekonomi Pembangunan mempunyai program bagaimana ikut menanggulangi kemiskinan . Sebagai bukti nyata penanggulangan kemiskinan masyarakat, program studi beserta sivitas akademika Fakultas Ekonomi Dan Bisnsi terjun langsung ke daerah sebagai Tim Pengarah dalam kegiatan KKN- Pemberdayaan Masyarakat di Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan tahun 2016 dengan memberikan pelatihan pengemasan untuk produk kripik pisang.

 

Kalender Akademik Program Studi Ekonomi Pembangunan